Web Hosting Gratis : Menjajal Freehostia.com

Web hosting gratis selalu menjadi bahasan menarik di internet. Keberadaan layanan free web hosting tersebut sangatlah membantu bagi pembelajar internet yang “ingin belajar dengan biaya yang minimal”. Sekalipun sudah cukup nyaman dengan web hosting berbayar yang saya gunakan, saya juga masih sering melirik keberadaan layanan web hosting gratis tersebut. Tujuannya seringkali adalah untuk ngehost domain-domain .cn eksperimen saya :D

Malam ini saya mencoba layanan web hosting gratis di freehostia.com. Saya tertarik dengan layanan free web hosting mereka karena mereka sudah menyediakan php scripts installer untuk account free hosting mereka melalui Elefante. Nama Elefante memang agak asing di telinga saya, karena saya cukup jarang menemui penyedia jasa web hosting yang menggunakan scripts installer itu.

Pendaftaran di Freehostia tidak rumit dan tergolong cepat. Setelah anda menyelesaikan pesanan anda, dalam 30 menit anda akan menerima e-mail di alamat yang anda berikan saat mendaftar. Email tersebut berisi info login cPanel dan koneksi FTP untuk account web hosting gratis Freehostia anda.

Oya, account free web hosting yang mereka sediakan memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Disk Space : 250 MB

Bandwith : 5 GB

Available Domain : 2 domain

Subdomain : 10

MySQL Database : 1

MySQL Memory : 10 MB

Forced Ads : None

Spesifikasinya menurut saya cukup lumayan untuk sebuah layanan free hosting. Hanya saja karena keberadaan MySQL DB yang cuma berjumlah 1, dan batasan memorinya membuat blogger-blogger yang ingin memiliki 2 buah blog wordpress pada satu account mengalami kesulitan / keterbatasan. Selain itu, akses cPanel di Freehostia saya rasa sangatlah lambat, bahkan ketika saya menggunakan koneksi internet yang speed-nya tergolong lumayan. Selain itu, instalasi WordPress menggunakan Elefante tidaklah semenyenangkan Fantastico. Karena Elefante tidak menyediakan layanan upgrade dari script yang sudah terinstall, tidak seperti Fantastico yang bisa mengupgrade blog engine yang kita gunakan dengan beberapa klik saja :)

Oops.. bukannya saya tidak bersyukur lho dikasih gratisan, namanya juga membandingkan. Bagi mereka yang mencari layanan free web hosting guna belajar menggunakan WordPress ataupun belajar mempraktekkan tips-tips SEO, web hosting gratis ini bisa menjadi alternatif tempat belajar sebelum mantap untuk serious blogging dengan self hosted WordPress :)

Bagi yang berminat mendaftar di layanan web hosting gratis Freehostia, silahakan klik link dibawah ini:

Web Hosting Gratis Freehostia

33 thoughts on “Web Hosting Gratis : Menjajal Freehostia.com

  1. Kalau buat hosting gratisan saya pake kaskuser.Us, slain muat space 5gb jg cpanelnya mantap, dah getu bsa dpake bnyak domain, termasuk domain .Cn saya

  2. saya d.kasih space 200Mb aja masih free 97% sampe sekarang :d kalau cuma bwt blog, menurut saya yg penting malah memory DB.nya :)

  3. punya banyak account boleh ga mas? maksudnya kan cuman bisa buat 1 database kalo cuman 1 account… hihihi maruk mode on d….

  4. @badoer
    Sekarang Kaskuser.us uda ga gratis.. meskipun masih murah sih emang :)

    @Hanif
    Nah.. itu yang saya bilang mas Hanif.. DB dan Memory DB-nya mepet banget.. untuk jangka panjang emang menyusahkan :)
    Blog ini uda ngabisin 50 MB mas.. jadi kalo ditempat mas Hanif, berarti sisanya cuma 75%.. mas Hanif jarang posting ya.. kok masih sisa 97% hehehe :)

    @Leoslab
    Iya.. intinya emang buat ngeDummy blog hehehe :)

    @Audy
    Bisa si mbak.. paling banyakin email dan sedikit malsu identitas :)

  5. @tyas
    bikin blog pendukung untuk blog yang bahasa Inggris aja mbak.. biasanya kan suka sepi blog yang berbahasa inggris itu.. Saingannya bejibun sih :)

  6. bagi yang sering makai gratisan hati hati ya…. :-$
    kalau 000webhost bagaimana? saya pernah coba upload script mlm (percobaan) ternyata kaga bisa. ada yang makai 000webhost?

    tapi mikir-mikir, enak makai blogger aza lah(karna wordpress masih g*bl*k :-) :-D )

    salam

  7. @mas Aan
    000webhost bisa dibilang cukup bagus performanya. Hanya saja, bila traffic anda sudah cukup lumayan.. kadang down system yang terjadi bisa menjadi pembunuh bagi traffic anda.

    pake blogger atau wordpress sebenernya sama saja dalam segi posting. Hanya saja, kalo pake self hosted WordPress bisa dimacem-macemin dengan mengandalkan server yang kita sewa tersebut :)

    maaf.. excessive link dari anda saya hapus :)

  8. @thefachia
    sitefrost yang dipake mas Fariez tergolong handal juga lho mas .. Saya sebenernya pengen pake layanan itu, tapi takut lupa posting di forumnya n tau-tau di banned :)

  9. saya sudah pakai freehostia setahun lebih, kalau webnya ramai dan makan resource server terlalu banyak bisa kena suspend. saya punya dua blog tersuspend di sana. tapi mayan bagus kalau sekedar untuk dummy. :D

  10. @ekkei
    Hehehe… saya uda menyangka kalo bakal gitu soalnya load cPanelnya aja uda lambat banget.. pasti KO kalo dapat visitor yang ganas :)

    Emang hosting gratis sifatnya itu untuk belajar dan dummy blog ya :)

  11. ini hosting baru di lepas lagi untuk indonesia, kemarin kemarin kayanya semua ip pengunjung dari indonesia di banned tuh di freehostia :D ahahha,

    Servicenya agak mirip sama 100webspace.net ntah karena cpanel sama gak tau juga yah :D

  12. mas kok ada keterangan expired dr freehostia itu gmn caranya ya?
    apa dns jg mesti di ganti???
    msih b*d*h ni mas…

  13. Wow, luamayan tuh bandwidth-nya. Punya saya yg berbayar aja cuma dijatah 1Gb/bulan. Cuma memang murahan sih hostingnya. Maksudnya, saya memang pilih paket yg murah. :)

  14. @gus-gust
    expired gimana ya mas? Saya barusan coba bikin lagi masih bisa he :) DNSnya ga perlu diganti bila mas menggunakan subdomain di frehostia(dot)com. Tapi kalo pake domain sendiri, musti setting DNS di domain manager anda :)

    @Ecko
    Iya.. asal ga dipasangi plugin yang memberatkan DB-nya, cukup lumayan. Bandwith 1GB bisa cepet habis lho mas kalo postingnya dah banyak.. saya aja baru 72 artikel dan Alexa segini uda lewat dari 1 GB. Kalo Alexa-nya kaya blog mas Ecko yang di blogspot.. dah klenger deh bandwithnya :)

  15. @pakdejack
    lumayan juga layanan 50gigs.net.. Nanti saya mau coba ah :)

    Terima kasih infonya.. saya bingung mau komentar di blognya pakde.. script intense debate-nya kok ga muncul2 ya :(

  16. Pingback: Fenomena Kontes Blog - Pilih yang Mana Yach | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  17. Wah makasih mas, infonya. Lagi belajar ngoblog nih. Ntar kalo dah rame pake yg bayar aja kali ya, biar ga di suspend

    ======
    Jawaban Gnupi
    Sama-sama belajar ngeblog kok mas ;)
    Iya mas.. lebih baik nabung, buat beli domain dan hosting supaya lebih nyaman, bisa komplain-komplain kalo ada trouble :)
    =======

  18. Para Master, mohon petunjuk nya

    saya mendaftar di co.cc kemudian daftar pula di housting gratisan freehostia, saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan di CPanel nya, dan bagaimana cara men setup domain saya di freehostia, mohon petunjuknya agar domain saya bisa jalan, terimakasih

    bset regards
    sulhadi

    ===
    Jawaban Gnupi
    Caranya, ketika mendaftar account di Freehostia, dan bagian mengisi domainnya. Gunakan pilihan “Use my own existing domain”. dan isi dengan domain .co.cc milik anda.

    Kemudian di setting domain .co.cc, arahkan nameserver ke :

    dns1.freehostia.com

    dan

    dns2.freehostia.com

    Selamat mencoba :D
    ====

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)