Web Hosting Untuk Blog WordPress bagi Pemula

Blogging dengan platform self hosted WordPress memang menyenangkan, apalagi ditambah dengan keberadaan plugin WordPress yang terus dikembangkan oleh para pencinta WordPress yang jadi salah satu daya tarik bagi para penggunanya.

Akan tetapi sederet keunggulan yang dimiliki oleh mesin blog WordPress tersebut juga memiliki suatu limitasi yang terkadang membuat orang berpikir dua kali untuk menggunakannya, yaitu bahwa kita membutuhkan web hosting untuk menggunakannya.

Bagi mereka yang belum terbiasa membeli hosting untuk blog wordpress, pertanyaan yang sering muncul adalah

“Spesifikasi web hosting yang bagaimana untuk bisa menjalankan platform blog WordPress?”

Bila anda adalah blogger pemula yang tidak terlalu gemar untuk menjalankan script / aplikasi web yang berat di blog anda, maka tidak akan terlalu sulit bagi anda untuk mendapatkan web hosting yang tepat untuk blog wordpress anda karena masih banyak web hosting lokal yang bisa menjadi ‘tempat berteduh’ bagi blog anda :D

Berdasarkan pengalaman saya ketika memulai sebuah blog wordpress dulu, spesifikasi web hosting minimal untuk bisa nyaman menggunakan platform ini adalah sebagai berikut:

Support PHP/MySQL. Pastikan bahwa paket web hosting yang anda pesan men-support PHP dan MySQL karena blog WordPress memerlukan keduanya untuk bisa bekerja. Database minimal yang harus dimiliki oleh web hosting adalah 1 database.

Fantastico Support. Fantastico adalah semacam program yang memudahkan anda dalam menginstall wordpress pada space web hosting yang anda sewa. Jika anda tidak ingin berurusan dengan hal-hal yang lebih rumit lagi seperti upload core WordPress, FTP dan sebagainya, pastikan anda memilih paket web hosting dengan dukungan Fantastico.

Web Hosting Space Minimal. Paket web hosting yang anda beli untuk blogging dengan pada rentang waktu setahun pertama saya sarankan untuk memiliki space minimal 50 MB, dan bila anda memiliki kelebihan dana, tidak ada salahnya anda membeli hingga 100MB. Dengan space sebesar itu, anda akan merasa lebih leluasa untuk menginstall plugin wordpress, membackup database instalasi ataupun menyimpan themes untuk WordPress anda.

Bandwith / Data Transfer. Data transfer yang anda perlukan untuk blog wordpress anda sangatlah bervariasi dari themes yang anda gunakan serta kebiasaan anda dalam menyimpan gambar untuk artikel-artikel di blog anda. Bila anda berencana untuk memanfaatkan situs image hosting untuk menyimpan gambar-gambar artikel anda, maka bandwith 3-5 GB akan cukup bagi anda bila themes yang anda gunakan tergolong dalam kategori themes yang ringan.

Rekomendasi di atas saya rasa sudah cukup bagi blogger pemula, apalagi bagi mereka yang tidak bermaksud untuk menembak keyword. Namun, bila anda berencana untuk ngeblog sambil mencoba script-script / aplikasi web buatan anda sendiri yang bersifat memberikan layanan di internet, sangat tidak saya rekomendasikan untuk menggunakan shared hosting lokal karena itu membuat anda sangat rentan untuk di suspend. Bila script yang anda gunakan tidak terlalu memakan resource server, anda bisa menggunakan shared hosting luar negeri untuk mendapatkan sedikit keleluasaan untuk mencoba script-script / aplikasi web tersebut. Untuk mendapatkan rekomendasi perusahaan web hosting mana yang terbaik dan cocok dengan kantong anda, kita bisa melihat rankingnya di layanan web hosting choice, dan menimbang-nimbang perusahaan web hosting luar negeri mana yang sesuai untuk anda. Selamat mencari web hosting dan membangun blog anda :)

16 thoughts on “Web Hosting Untuk Blog WordPress bagi Pemula

  1. Wah… kebetulan aku mau beralih ke self host…
    thx ya bang ipung..

    ===
    Jawaban Gnupi
    Wew.. bener-bener niat blogging nih Dinda. Terus semangat yach ;)
    ===

  2. Iya, klo suka bikin2 script klo bisa cari yg aga bagus spec servernya, dulu pernah disuspend di hosting indo gara2 makan resource banyak.

  3. Menurut saya, kalo bisa ambil server US aja, lebih murah & stabil..

    ===
    Jawaban Gnupi
    Iya, saya seringnya juga beli web hosting server US, kalo yang web hosting server IIX terkadang (atau lebih tepatnya seringkali) koneksi luar negerinya agak loyo soalnya :D
    ===

  4. ini job dari mana mas, boleh pakai bahasa indonesia ya :) ,, memang lebih baik pakai hosting sendiri, saya kapok nih numpang sama hyperwebenable :(
    ===
    Jawaban Gnupi
    Rev**wme mas Ryan. Emang boleh pake bahasa Indonesia kok, jadi bisa kaya artikel natural tentang web hosting di blog kita :D
    ===

  5. Kalo untuk web hosting Indonesia yang berkualitas dan terpercaya, kira-kira apa ya mas? Soalnya banyak banget sekarang web hosting lokal yang menawarkan harga murah dan tersedia banyak paket pula.

  6. udah males sama web hosting.. hehe eh tapi gadgetbombz ku masih tak host kan di qwords ding,, ups

    ===
    Jawaban Gnupi
    Sorry to say, tapi emang hampir semua perusahaan web hosting memiliki masalahnya sendiri. Tapi bukan berarti hosting di blogspot tanpa masalah juga kan. buktinya pengguna koneksi indosat unlimited susah komentar di blogspot (seperti saya :p)
    Tapi emang bener, hosting di Blogspot itu rasanya sedikit nothing to lose. Anggap aja cuma bayar domain. Ntar kalo dah jago otak-atik Blogger.com kayanya pengen mencicipi rumah gratis dari Google itu :)
    ===

  7. tapi enak kyknya pakai blogspot, kalau pakai wp kadang ada masalah yang muncul,, kemarin aja 2 hari saya gk bisa ngepost gara2 blank post.php

    ===
    Jawaban Gnupi
    Yup2.. benar sekali, menggunakan layanan web hosting serta menginstall script yang terus berkembang tanpa mengetahui seluk beluknya kadang membawa resiko tersendiri seperti yan saudara Ryan alami. Saya dulu juga sempat bingung ketika baru upgrade ke WordPress 2.6 dan tiba-tiba server hosting saya selalu error dengan mengatakan “not enough memory”… ternyata solusi permasalahannya cukup gampang, tapi karena saya belum paham pengelolaan server jadinya bingung hehehe. Di blogspot jarang kejadian kaya gitu ya mas :)
    ===

  8. perasaan pake hosting mana aja bisa deh pake wordpress..

    ===
    Jawaban Gnupi
    orang awam kadang tidak paham bahwa untuk membangun blog wordpress perlu dukungan database mySQL. Kadang dibalik harga murah sebuah paket webhosting, ternyata berakibat pada tidak adanya fitur database mySQL tersebut karena paket hosting murah tersebut memang ditujukan untuk pembuatan web statik saja, bukan untuk instalasi blog WordPress ataupun CMS lainnya.

    ===

  9. Mas Gnupi, blog saya malah sedang kena demam setelah upgrade ke wp 2.7.1.;
    maklum karena pemiliknya hanya bermodal bisa ngetik saja;
    gak bisa utakatik cpanel dan bahasa2 script lainnya;

  10. Met malem mas Ipung.
    Met ketemu lg. Kabar baik ya mas? :)

    Ttg hosting di blogspot, sy pernah baca, klo artikel yg kita hosting di sana ‘milik’ blogger. Mksdnya, jk ada apa2 ya kt gak bs komplen. So, kt2 yg musti rajin backup.

    Klo self-hosted, perusahaan hostingnya biasanya provide service dg periodical back-up, klo knp2 kt bs minta restore. Mskpun bgt, gak ada salahnya klo kt jg rajin backup sndr.
    CMIIW

  11. Berhubung masih coba coba… aku masih pake blogcepot.com tapi lg pengen nyobain wordpres ni pung, bantuin yach :-)
    ===
    Jawaban Gnupi:
    Yup2.. mas Eko.. kita belajar WordPress sama-sama aja :D
    kalo ada pertanyaan bisa message saya kan :)
    ===

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)