Paid Review : Bagaimana Paid Review Bekerja

Di beberapa blog money making online yang berkembang saat ini, paid review biasanya menjadi primadona penghasil dollar. Pasalnya, paid review memang terasa lebih pas bagi mereka yang tidak mau terlalu memusingkan strategi meraih dollar / rupiah melalui bisnis online PPC. Asalkan bisa terus menulis artikel di blog mereka, dengan tidak lupa membangun pertukaran link dengan blog lain guna meningkatkan Google PageRank dan blogwalking untuk membangun traffic, lambat laun blog mereka akan menjadi blog yang cukup dipandang oleh advertiser Paid Review.

Sebetulnya Paid Review itu apa sih?

Paid review adalah sebuah artikel yang ditulis oleh blogger di blog yang mereka miliki, dan mereka dibayar untuk tulisan mereka. Tentunya, advertiser paid review menginginkan artikel blog yang mereka buat memberikan beberapa keuntungan bagi mereka, dari sisi internet marketing.

Apa keuntungan Advertiser Paid Review?

Advertiser paid review adalah mereka yang benar-benar memanfaatkan sistem yang bekerja dalam internet media, meliputi SEO, buzz media dan branding.

(i) Keuntungan Paid Review dari sisi SEO

Mereka mendapatkan keuntungan berupa backlink dari situs yang variatif, dan diharapkan memiliki ranking SEO yang baik dimata mesin pencari. Dengan begitu, link yang mereka dapatkan diharapkan menjadi backlinks berkualitas dan targeted keywords bagi situs yang dimiliki oleh advertiser paid review guna menunjang strategi SEO mereka.

(i) Keuntungan Advertiser Paid Review dari sisi Buzz Media

Advertiser Paid Review berharap bahwa blog yang mereka bayar untuk mereview mereka akan memberikan sedikit exposure atau promosi terhadap keberadaan mereka. Karena tentunya susah menjual sebuah jasa atau barang di internet bila kita tidak memperkenalkannya kepada komunitas pengguna internet. Dan para pelaku bisnis internet semacam itu mungkin tidak mau mengorbankan “brand” mereka dengan cara blogwalking layaknya kita, para blogger dalam mempromosikan blog yang kita miliki. Jadi para blogger publisher paid review-lah yang menjadi media mereka guna masuk ke tengah-tengah komunitas pengguna internet.

(i) Keuntungan Advertiser Paid Review dari sisi Branding

Advertiser Paid Review seringkali mengharapkan bahwa backlink yang mereka tanamkan pada sebuah halaman di blog kita akan bersifat permanen. Karena itu cukup banyak broker paid review yang mensyaratkan publisher paid review mereka untuk tidak menghapus artikel review di blog mereka. Dengan begitu branding yang mereka inginkan akan mulai bekerja seiring banyaknya artikel review yang mereka beli. Bayangkan semisal anda mencari di Google dengan kata kunci web hosting murah. Dan dari sekian banyak halaman yang membahas tentang web hosting murah, berkali-kali anda menemukan link menuju penyedia web hosting murah bernama Gnupi misalnya. Maka di pikiran anda akan terbentuk anggapan bahwa Gnupi adalah web hosting bertarif murah. Yach.. padahal tanpa sepengetahuan anda, artikel yang merujuk pada web hosting murah bernama Gnupi itu hanyalah sebuah paid review. Branding adalah strategi long term dari sebuah perusahaan atau brand yang dikelola secara online, tergantung pilihan kita para blogger untuk menjadi bagian dari rencana besar mereka atau tidak :)

Semoga artikel pengenalan Paid Review ini dapat sedikit menjelaskan tentang bagaimana Paid Review bekerja. Soal cara-cara agar blog anda bisa mendapatkan job review dan kesalahan yang sering terjadi dalam pengerjaan paid review akan dibahas pada artikel paid review selanjutnya. So stay tune on Gnupi.com :)

35 thoughts on “Paid Review : Bagaimana Paid Review Bekerja

  1. sekedar artikel newbie untuk investasi ke depannya.. daripada lagi bahas paid review ada yang komentar

    “paid review itu apa.. saya ga paham..” hehehe :p

  2. @malapu
    Kalo Dion mah uda kecebur sebasah-basahnya ya di dunia Paid Review :)

    @budi
    Kalo standar saya sih.. mending tunggu domain / blog kita berumur 3 bulan.. Biasanya broker-broker pake standar itu buat blog yang didaftarkan pada program paid review ;)

  3. @wewen
    Dulu uda kenalan deh kayanya :p

    Terima kasih, salam kenal juga :D

    @thefachia
    hehehe.. iya nih.. tapi kadang advertiser paid review juga cuma merhatiin link-nya doang.. ga ngelihat hasil karya sastra kita di artikel paid review-nya :p

  4. @retno damar
    Terima kasih kembali :p

    @ekkei
    Sukses? Sepertinya ada yang lebih sukses deh :D
    Tapi amin doanya.. semoga kita semua makin sukses ya :D

    @adit
    Maknyus? Baru tahu kalo artikel blog bisa terasa sedap juga :p

    @pencuri kode
    hehehe… jawabannya sama kaya jawaban saya ke nas Budi :)

    @yudi
    Wkwkw… keuntungan buat bloggernya emang yang bikin kegiatan blogging kita penuh gairah ya mas Yudi :D

    @harianku
    Sabar aja… nanti pasti bisa dapat diapprove juga :)

    @suamimalas
    Bukan brokernya yang sepi, tapi mungkin advertisernya yang mulai ill feel sama blog berbahasa Indonesia :)

  5. belakangan lagi suntuk abis sama paid review.. :P
    btw, sekrang dapat pagerank juga ga semudah dulu tapi kalo pagerank digebuk malah gampang banget yak :P

    kayakna sayah harus mulai mikirin lahan lain ketimbang paid review… tatuuut sama mbah gugel yang ngelmu nya dahsyat ituh.. :P

  6. Sayangnya sekarang mulai sepi nih punya saya. :(
    Tapi tetep semangat! Ngeblog kan bukan melulu soal earning. Iya kan, mas Ipung? :)

  7. duuh dari dulu pengen maen paid review….tapi mending pake blog laen yaaah…bukan personal blog… iyaah mereka cari backlink berkualitas yaah…

  8. Pingback: Tips Paid Review : Agar Blog Anda diterima Broker Paid Review - Sebuah Tutorial Paid Review | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  9. @ika
    lagi suntuk tapi kok terus terima job :p

    Iya.. memang kita harus selektif memilih program money making online.. dan siap akan segala konsekuensinya ;)

    Ayo.. usaha meningkatkan earning AdSense kita :)

    @rezki
    Hmm.. kalo lagi bosen emang ngapain aja juga rasanya ga becus.. musti semangat :D

    @thefachia
    lha.. blog yang ada “buzz”-nya itu ga diadsense-in apa mas Fariez.. lumayan kan kalo ada klik2 yang dapat dari situ?

    @Belajar ngeBlog
    Terima kasih.. link-nya nanti saya masukkan di Sahabat SEO Bloggers :)

    @suamimalas
    ga ditambahin masukan apa-apa nih?

    @Eljaholic
    Sama hehehe :)

    @badoer
    Dah punya berapa lahan mas? Ajak-ajak ya kalo ada lahan baru lagi :)

    @persikers
    kalo jarang update.. traffic jeblog.. nanti paid review tambah sepi mas ;)

    @Ecko
    Betul sekali.. ngeblog emang bukan soal earning aja.. Blog ini juga lebih bnyk ngabisin biaya ketimbang menghasilkan hehehe :)

    @ozant
    Wah.. bahaya kalo mas Ozan OJT n ga bisa koneksi internet, trus dapat job review n ga dikerjain.. nanti dikira paid reviewer nakal :)

    @audy
    hehehe.. buka blog baru dong ya.. aku dikabari alamatnya ya nanti mbak :D

  10. baru jelas nih maksud n tujuannya…
    taunya cuma ngeripiu, gak ngerti apa benefit utk advertisernya..
    thanks infonya ya Pung..

  11. Pingback: Tips Blog : Menghindari Jebakan di Blogosphere dan Kegiatan Blogging | Belajar SEO | Tutorial Wordpress Blogger | Cari Uang di Internet | Making Money Online

  12. Wah, jadi tahu tentang paid review neh…truz cara nyari job’nya gimana neh?
    Btw, artikelnya seperti (C) … Hangat!!!

    ===
    Jawaban Gnupi
    Soal cara mendapatkan job, tergantung brokernya. Kalo Sponsored Review menggunakan sistem bidding. Kalo blogvertise dan ReviewMe, tergantung lagi ada campaign yang cocok sama kategori blog kita atau Engga :D
    ===

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)