Tips SEO untuk Blog : Membuat Artikel Blog Anda ‘Bagus’

Kembali menjawab pertanyaan di 5 Pertanyaan dalam membangun SEO Blog anda, artikel ini akan menguraikan penjelasan dari pertanyaan:

Seberapa bagus artikel anda?

Artikel dan SEO adalah sebuah kesatuan yang harus dipikirkan bersama. Karena artikel adalah elemen berbentuk teks terbesar dalam blog kita yang mana disana terselip keyword-keyword untuk SEO sebuah halaman. Dalam menilai seberapa bagus sebuah artikel, mungkin kita akan bersikap subjektif dan jatuh pada penilaian masing-masing. Namun, untuk artikel yang kita buat sendiri, biasanya dengan enteng kita berkata:

Ah, artikel saya emang jelek kok. Saya nulisnya hanya sebisa saya.

Ya, memang tidak semua blogger terlahir pandai merangkai kata, sebagaimana saya yang masih harus terus belajar untuk membuat artikel blog yang lebih baik. Tapi di artikel ini saya tidak hendak mengajak anda mengarang sebuah prosa atau karya tulis. Di dalam tataran SEO, sebuah artikel blog yang bagus adalah:

(i) Memiliki Keyword Density yang Pas

Sedikit mengulang, keyword density adalah besar prosentase dari jumlah keberadaan keyword dibandingkan jumlah seluruh elemen teks di dalam sebuah halaman / artikel blog.

Artikel yang bagus menurut SEO adalah artikel yang memiliki keyword density yang pas. Penggunaan keyword SEO yang berlebihan akan membuat artikel blog anda tidak natural dan kehilangan “pesona”-nya. Biasanya angka keyword density yang ideal adalah 7%. Bila ada yang ngotot pengen tahu hitungan baku dari aplikasi keyword density, anggap saja tiap paragraf dengan jumlah 50 kata sebaiknya tidak disisipi keyword yang sama lebih dari 4 kali / kata.

(i) Memiliki Tautan Balik yang Relevan

Untuk beberapa fungsi link dalam optimasi SEO, sudah pernah saya bahas dalam artikel Penggunaan Internal Link dalam SEO Blog. Menggunakan link yang relevan akan menunjukkan bahwa anda benar-benar bermaksud untuk memberikan informasi kepada pembaca anda. Hal ini juga akan menguntungkan anda dari sisi SEO :D

(i) Memiliki Kata Pembuka Artikel Yang Menarik

Keyword adalah kunci anda menarik pengunjung dari search engine, namun begitu pengunjung datang dari Search Engine, artikel anda langsung akan menjadi objek dari penilaian subjektif si pengunjung. Bila anda menulis kalimat pembukanya asal-asalan, atau terkesan ngalor ngidul (ga jelas arahnya), maka kemungkinan mereka tidak akan betah dengan halaman blog tersebut dan menutupnya, atau kembali ke halaman Search Engine. Hal ini akan menjadi bounce, yang bila frekuensinya terlalu sering, atau dikatakan Bounce Rate-nya tinggi akan berpengaruh kepada usaha optimasi SEO blog kita.

Contoh dari sebuah artikel yang menarik walaupun menyebalkan adalah sebuah sales letter dari program penjual mimpi. Terkadang anda tahu, anda sedan dijebak, akan tetapi toh anda kadang akan membacanya sampai bawah, setidaknya sekali dalam hidup anda. Dari sini, bisa kita ambil bahwa good writing means good SEO ;)

Membuat kalimat pembuka tidaklah harus menggunakan bahasa yang “tinggi”, terkadang sapaan hangat yang tulus plus deskriptif terhadap isi artikel juga dapat menjadi penarik perhatian pengunjung blog anda. Namun, jika anda tetap berpikir,

Saya tidak bisa!

Berarti ini saatnya untuk belajar, bila anda ingin bisa mengusahakan SEO yang lebih baik untuk blog anda. Lagipula, SEO memang bukan segalanya dalam blogging, jadi ya diperuntukkan bagi yang berminat saja. Tidak pernah ada paksaan untuk harus selalu ber-SEO dalam blogging :)

Happy SEO Blogging Friends! ;)

43 thoughts on “Tips SEO untuk Blog : Membuat Artikel Blog Anda ‘Bagus’

  1. internal link ini nih yang suka lupa
    mas, kalo link dari hasil plugin similar posts itu terhitung sebagai internal link ga?

  2. @Rajawali kecil
    Soal itu bukan saya yang menentukan. Seperti yang saya bilang, SEO bukanlah segalanya :)

    @izandi
    termasuk mas Izandi, link2 itu kan bersifat random, dan kalo ngasih tag-nya asal-asalan, relevansi tiap artikel yang dilink juga kurang akurat :D

    @Ryan
    saya juga masih newbie lah.. uda senior tu kalo sudah seperti para pakar yang keren-keren itu :D

  3. bagi yang tak paham SEO lupakan saja, jika artikel kita memang berkwalitas dan sedang banyak di cari orang itu saja sudah cukup bagus di mesin pencari. Intinya, tulis saja apa yang di cari orang sesuai dengan niche kita. ( benar ga tuh mas ipung ? )

  4. @isnuansa
    untuk blog seperti itu, cukup penting untuk menyemangati bloggernya, sejauh si blogger tidak menjadi pusing karenanya :D

    @andyQ
    bisa dibilang begitu mas (y)
    Hanya saja sebenernya membuat artikel blog yang berkualitas itu tingkat kesusahannya melebihi kesulitan dalam belajar SEO :D

  5. wah makin berat aja nih pelajaran dari mas ipung (Y)
    saya harus baca pelan-pelan
    ntar prakteknya pasti lebih pelan.. hahahaha..

  6. wah kalau saya biasanya membuat kata2 diawal mbulet2 ndak karuan :D setelah baca ini saya mau coba buat yang lebih baik buat SEO. thanks ya mas.. saya klo belajar SEo larinya kesini :D

  7. @fenny
    tapi gitu aja uda rame kan? Blognya mbak Fenny emang menarik buat dikunjungi kok ;)
    Kekuatan dalam blogging kan ga murni terletak di SEO aja, seperti yang saya bilang di komentar sebelumnya, belajar menulis seingkali lebih susah daripada belajar SEO :D

    @harianku
    terima kasih supportnya, mari sama-sama belajar dan terus berkarya ;)

    @kidedfith
    melakukan segala sesuatu sepertinya memang harus sabar mas Dedik :D

    @Paman Gober
    Ayo mas Putera.. ditunggu juga tips-tips manteb dari mas Putera yang uda jadi fulltime blogger :D

    @budi tarihoran
    engga mas Budi. Saya masih malas ikutan kontes SEO
    *jawaban sok cool, padahal sebenarnya ga PD ikutan kontes SEO* :p

    @ika
    wah.. masih kalah keren sama mbak Ika. Males posting tho mbak.. padahal kan lagi banyak kejadian yang bisa dikomentari ala Koolkas hehehe :)

    @Barry
    Salam kenal juga :D
    Terima kasih atas kunjungannya (b)

    @@del
    cup.. cup… cup.. jangan nangis ya dek.. ibunya di mana sih? cantik ga ibunya dek? Nanti boleh kenalan ya :p

    @ekkei
    masa berat sih mas.. lagian masnya juga uda sukses tho, saya juga belajar banyak dari mas :)

    @badoer
    Halah.. mas Wahyu bukannya uda dapat pujian dari Om Cosa tuh di blognya :D

  8. @underdos
    Iya.. makin banyak blog yang bisa dijadikan media pembelajaran belakangan ini. Bila ada koneksi gratis di sekolah, minimal adik-adik kita yang kurang beruntung ga harus selalu beli buku untuk bisa memperoleh pengetahuan :)

    @aha
    Terima kasih supportnya :)

    Saya bukan master SEO kok mas.. kalo saya master SEO, pasti uda buka layanan SEO n berhenti update blog karena sibuk ngurusi klien hehehe :D

  9. mendingan banyak keyword yang diincar (efeknya density berkurang) ato ngejar 1 keyword (density padat) tapi mungkin banyak saingan. Gimana bro ??

  10. Tidak diragukan lagi, untuk pembahasan masalah SEO Mas Ipung jagonya. Semua sisi SEO d\selalu dibahas tuntas sama Mas Ipung. Salut abis, Mas… :) (Y)

  11. Wow! Tulisan yang super keren!!!!!!!!! Hal-hal diatas akan sangat keren jika di terapkan di blogku. Tapi, yg mengenai sales letter… apa fontnya juga harus di besar kecilkan kek gitu?

  12. waw!! Dahsyat!! bagus banget buat cara – cara blog aku yang masih sederhana.. n siapa tau ntar blog aku bisa menjadi blog yang hebat!!!

    Siip dah!! (Y) ;-)

  13. @Hanif
    Amin.. Semoga saya juga selalu tercerahkan ya mas..

    @Silverf0x
    bergantung kebutuhan aja mas. Soalnya, ga semua artikel bisa dibikin untuk hanya satu keyword density saja bila mengejar kenaturalan artikel :D

    @Leoslab
    Ayo mas.. belajar bersama :D

    @Ecko
    Terima kasih supportnya mas Ecko, saya juga masih belajar, dan terus semangat belajar SEO bersama teman-teman disini :D

    @dyno
    wah.. feelingnya bagus dong kalo gitu :)

    @rio
    kolom gimana ya maksudnya?
    Saya pernah denger sih ada teknik CSS untuk bikin kolom dalam artikel, tapi saya lupa. Kalo kepepet sih biasanya saya pake kode HTML tag TABLE / TD / TR gitu :)

    @NdesO
    Let’s make good writing aja deh kalo gitu, biar SEO blog-nya bagus :D

    @Nias Zalukhu
    Hehehe.. makasi bang Zalukhu, tapi teteup bang Zalukhu yang paling fenomenal (y)

    @atokaja
    Sama-sama, semoga bermanfaat :)

    @SyamsulAlam
    Font besar atau kecil itu ga terlalu berpengaruh dalam SEO, kecuali kalo mbesarinnya pake tag heading :)

    Kalo di sales letter sih, ukuran font yang besar-kecil ga beraturan itu cuma biar kita dapat feel bombastisnya aja :)

    @Dinda Yumi
    Blog ini juga cuma blog sederhana kok. Ga neko-neko isinya :)

    Selamat menciptakan blog yang hebat ;)

  14. Pingback: Tips Blogging : Mendapatkan Ide untuk Membuat Tulisan Artikel Blog dengan Teknik Digging | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  15. thanks banget infonya. menarik sekali postingnya

    ======
    Jawaban Gnupi
    Sama-sama, terima kasih supportnya. Senang bila artikel blognya bisa bermanfaat :D
    ======

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)