Tips SEO untuk Blog : Seberapa Fokus Artikel Blog Anda

Melanjutkan penjelasan dari 5 pertanyaan SEO yang saya ajukan di tips SEO untuk blog sebelumnya. Di artikel tips SEO tersebut saya menanyakan.

Seberapa fokus artikel Blog Anda?

Walaupun banyak blogger yang menjawab atau merasa bahwa blognya tidaklah fokus, dan topik di blognya seringkali bervariasi sesuai dengan suasana hati, tapi bukan berarti blog mereka kemudian menjadi tidak “fokus” dalam tataran SEO.

Fokus dalam tataran SEO bisa diaplikasikan untuk sebuah blog secara keseluruhan maupun secara parsial (dari artikel per artikel). Dan hal ini tentunya terkait dengan pemasukan keyword dan kekayaan informasi yang berimbang pada artikel blog anda.

Penjelasan rumit tentang penggunaan keyword SEO sudah dibahas pada artikel tutorial SEO sebelumnya. Di artikel ini, kita coba jelaskan dengan cara yang mudah saja. Bayangkan anda sedang berbicara dengan teman anda tentang orang yang anda sukai. Apakah anda memperhatikan cara anda bercakap-cakap dengan teman anda? Misalkan anda (seorang blogger wanita) baru berkenalan dengan seseorang yang bernama SEO dan si SEO ini membantu anda dalam kegiatan blogging sehingga blog anda bisa mendapatkan banyak pengunjung (maksa banget ya contohnya. cuek mode: on :D ), maka kemungkinan anda akan bercerita tentang si SEO ini bersama teman anda dengan cara sebagai berikut.

Eh, kamu tahu ga? SEO itu lho, bener-bener ngebantu aku dalam blogging. Sejak SEO mbantuin aku, pengunjung blogku jadi meningkat, dan aku ga perlu cape-cape lagi karena ada SEO yang mencarikan aku pengunjung dari Search Engine macam Google, Yahoo dan MSN. Blogku bener-bener jadi ramai karena SEO. Ngomong-ngomong SEO bantuin aku kenapa ya? apa si SEO juga ada rasa sama akyu.. aach.. sayang aku uda ada yang punya.. padahal SEO kan lumayan ganteng, smart, tajir n keren… dst

Ilustrasi ngaconya cukup sampai di situ saja :D

Intinya adalah.. jika anda bener-bener tertarik dengan suatu topik, maka anda akan berkali-kali menyebutnya secara natural sembari memberikan informasi yang terkait dengan topik tersebut :)

Dan metode natural tersebut yang dapat kita anggap sebagai Fokus dalam tataran SEO. Membuat halaman / artikel blog yang SEO friendly bukanlah sesuatu yang harus dilakukan dengan cara curang seperti keyword stuffing ataupun keyword poisoning. Anda cukup menyukai apa yang anda bahas di artikel anda, secara jujur dan informatif :)

Semoga dengan segala keterbatasan saya dalam membuat ilustrasi tidak membuat pembaca bingung dengan penjelasan pertanyaan SEO kedua ini :)

Happy Weekend Friends :)

40 thoughts on “Tips SEO untuk Blog : Seberapa Fokus Artikel Blog Anda

  1. @tukang sapu radio
    Hahaha… let’s measure our own site then..
    Fokus atau ga fokus, yang penting ngeblog dulu.. sambil terus belajar SEO :)

  2. @iqbal
    Terima kasih kembali mas Iqbal. Semoga bermanfaat :)

    @budi
    Nantinya bakal fokus juga kok, mengikuti blog-blog yang sering mas kunjungi..

    @yudi
    Itu namanya bagus mas Yudi.. minimal tiap halaman bisa bersaing di Google SERP :)

    @kebo
    hohoho.. keyword hot yach.. jadi pengen dapet keyword hot nih :)

    @Paman Gober
    Benar mas Putera, kita perlu SEO untuk mendapatkan pengunjung, dan kita perlu kenaturalan untuk meningkatkan readership blog kita :)

  3. @Artha
    Blog hiking atau blog walking emang tokcer untuk meningkatkan traffic… tapi kalo lagi hiatus, tinggal SEO yang bisa menyelamatkan blog kita dari Alexa Rank Drop :)

    @suamimalas
    Wah.. harusnya masuk ke kelas blogger berkebutuhan khusus berarti hehehe :)

    @persikers
    sambil jalan pasti bisa mas Harry. Lagian mas Harry ga bisa nulis tapi dollar-nya tetep lancar tho? :p

  4. @alif
    wah.. ada tamu spesial.. lagi ga sibuk ngebid job di internet ya mas Alif?

    Ditunggu hasil fokusnya.. ngecek dulu ah uda diupdate apa belum :D

  5. kalau saya belum pernah sekalipun nembak keyword, cuma posting asal2an aja yg penting saya suka dan berharap bermanfaat bagi pembaca :)

  6. @fanari
    Iya mas Fandy.. kadang emang ga perlu nembak keyword yang bikin artikel kita aneh :)

    Di sini saya mencoba menjelaskan keyword dengan pendekatan yang berbeda dan lebih natural.. daripada keyword stuffing atau poisoning :)

  7. Bener, saat saya ada kesibukan offline yang tidak terbendung, aktivitas blog walking off kunjungan pun melorot, untung ada artikel yang masih bisa bertahan di gogel, namun dampaknya terasa dari alexa, wah musti belajar SEO sih kayaknya

  8. @Artha
    Iya pak Artha.. waktu saya cuti panjang garap skripsi 3 bulan yang lalu.. hanya artikel yang menarik di Google SERP saja yang membantu blog ini untuk tetep dapat pengunjung rutin :)

  9. Pemilihan dan efektifitas keyword sangat membantu, jika ditambah dengan konsisten/fokus terhadap topik apa yang kita bahas, tentunya akan menambah perbendaharaan keyword di blog kita. So, secara logika harusnya peringkat di SE jadi lebih baik.

    Ayo..kita fokus! Beli domain yang banyak untuk masing2 topik :-O halah

  10. ooo.. gitu ya Pung… trus kalo kita lagi nembak keyword. kata itu (hurufnya) harus dibikin bold or italic gitu gak sih..?

  11. @tyas
    Bisa sih mbak.. tapi saya pribadi merasa keyword density tetap jadi sesuatu yang lebih menentukan ketimbang efek bold atau italic ;)

  12. Pingback: [nonton] Kompetisi SEO :: Artha

  13. Pingback: Konsep dan Mindset Bisnis Online - Cosa Aranda Effect | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  14. ;) tutorial tentang seo ini banyak membantu banget mas maklum saya masih ijo di blog (newbie) jadi tutorial dari mas sangat banyak membantu, dan menambah ilmu buat Q..
    jadi saatnya aku mulai mencoba nya trims… (H)

  15. Pingback: Tips SEO untuk Blog : Membuat Artikel Blog Anda 'Bagus' | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)