Agar Blog Anda diterima Broker Paid Review

Setelah memahami cara kerja Paid Review di artikel sebelumnya. Pertanyaan yang muncul di pikiran para blogger yang hingga kini masih saja direject oleh broker Paid Review (Sponsored Review, Blogvertise atau ReviewMe) adalah:

Bagaimana agar blog kita diterima oleh broker program Paid Review tersebut?

Di artikel ini saya akan sharing sedikit bagaimana blog yang saya kembangkan saya daftarkan ke Paid Review dan mendapatkan approval dari para broker Paid Review. Karena sifatnya sharing, mungkin akan ada sedikit perbedaan pengalaman antara saya ataupun blogger lainnya. Jadi bila ada keterangan saya yang salah, mohon koreksinya di kolom komentar :)

Hal mendasar bagi sebuah blog untuk diterima oleh broker Paid Review memang bervariasi. Tapi bisa kita generalisasikan sebagai berikut.

(i) Berumur lebih dari 3 bulan

Sebuah domain baru biasanya belum memiliki banyak artikel (kecuali bila memang kontennya sudah disiapkan sejak awal atau membajak konten blog orang lain :P). Search Engine juga biasanya kurang tertarik pada domain yang baru, mereka hanya akan mengindeks 3 halaman dari 5 artikel yang sudah anda tuliskan di sana, dan juga, Google Pagerank anda seringkali masih berada pada grey area / unranked. Karena itu, blog yang masih terlalu baru biasanya susah diapprove oleh broker paid review. Saran saya, sebaiknya dalam 3 bulan kita maksimalkan produksi dan kualitas tulisan di blog kita serta rajin-rajin bertukar link.Dengan begitu, jumlah halaman yang masuk ke database Google juga akan lebih banyak.

(i) Diindeks dan Dicached oleh Google

Untuk memperlancar proses ini, usahakanlah sebaik mungkin menghindari duplicate content di blog anda. Pemasangan meta tags robot untuk mengindeks halaman anda juga sebaiknya dipasang. Contoh meta tags yang digunakan dengan ditempatkan di bagian <head> di template blog anda adalah sebagai berikut:

<meta name=”robots” content=”index,follow” />

(i) Link Blog anda cukup populer

Ciri bahwa anda adalah seorang blogger yang cukup dikenal di kalangan pengguna internet dapat diukur dari seberapa banyak link blog anda tersebar di situs-situs atau blog lain. Link popularity tidak harus berupa do follow link, sebuah no follow links di kolom komentar blog lain juga akan meningkatkan link popularity anda. Maka dari itu, rajin-rajinlah berkomentar di blog lain, terutama blog Internet Marketing atau Make Money Online, karena biasanya blog-blog semacam itu memiliki hubungan yang baik dengan Yahoo Bots :)

(i) Trafik blog yang terlihat ‘hidup’ / Alexa Rank cukup tinggi

Sebuah blog yang ‘hidup’ atau dikatakan memiliki pembaca dapat dinilai dari jumlah trafiknya, indikator yang digunakan adalah Alexa Rank, sekalipun sebenernya Alexa Rank tidaklah benar-benar akurat. Beberapa blog saya yang berbahasa Inggris sudah dapat diapprove pada saat Alexa Rank-nya 1 juta. Kalo blog belajar SEO ini memang didaftarkannya pada saat sudah 300ribu. Berhubung blog berbahasa Indonesia saya hanya blog ini, jadi saya kurang dapat memberi banyak masukan tentang peringkat Alexa Rank blog berbahasa lokal yang ‘menjual’ di mata broker Paid Review :D Ada banyak cara meningkatkan traffic blog, antara lain dengan baik tanpa SEO, trik Entrecard atau berkomentar di blog orang lain sambil menjalin pertemanan antar blogger :)

Menurut pengalaman saya, dengan menjalankan langkah-langkah di atas bisa menghantarkan blog kita untuk mendapatkan approval dari broker paid review. Bila ada masukan lainnya, saya akan sangat senang menerimanya sebagai bahan koreksi di artikel ini :)

Oya, satu hal yang perlu diingat, menerima approval dari broker paid review hanyalah sebuah tahapan untuk memasuki pasar paid review. Setelah mendapatkan approval, masih banyak yang harus kita kerjakan untuk bisa menerima job-job dari advertiser Paid Review :)

Bisnis online memang bukanlah pekerjaan semalam.. jadi.. terus semangat ya ;)

70 thoughts on “Agar Blog Anda diterima Broker Paid Review

  1. Mantab nih, tp program2 traffic exchange juga bisa membantu mempercepat peningkatan alexa rank lho mas :) Menurut mas, program2 kyk gitu curang g sih?

    G nyambung ya??? Ya sori lah mas :)

  2. @sordjak
    Mari sama-sama belajar :)

    @Paman Gober
    Sambil menunggu terus produktif yang penting ya mas :)

    @Sumintar
    Terus sukses juga pakdhe :)

    @andyQ
    wah.. telat juga balas komennya.. habis dari tempat miskin koneksi nih :)

    @welly
    belum tentu juga.. kadang sponsored review lupa mengecek umur blog hehehe :)

    @Leoslab
    Sponsored review ya mas Leo? Kalo blogvertise biasanya kita dimasukin probation status :(

    @NdesO
    Lha itu terakhir yang pake Entrecard kan juga program traffic Exchange. Curang-ga-curang sih mas.. tapi kita ga bisa selamanya ikutan program traffic exchange.. pada akhirnya kalo mau serius ya harus pake SEO :)

  3. akhirnya blogku bisa diapprove sama broker2 itu juga karna banyak belajar dr blognya Ipung ini….
    bukan belajar deng, maksa minta diajarin, hehe….

    tengkiuuuu…..

  4. sekarang kalo soal backlink agak2 njelehi.. soalnya udah banyak ngelink kemana2 eh ternyata itu ga cukup untuk mendongkrak pagerank biar naek lagi..

  5. kayanya pengalaman masing2 orang beda2 ya bos ??, ada yang PR 1 atau 0 aja bisa aktif dapet job, ada yang ber PR 3 mlh jarang dapet job.soalnya dulu blog ber PR 0 ku bisa dapet job harian lumayan gede lagi, tapi sekarang giliran udah ber PR 1 malah juarang banget dapet job.
    kenapa ya , kasih pencerahan dong :-)

    thks

  6. Pingback: Tips Blog : 5 Penyebab Kebosanan dalam Blogging | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  7. wah bagus ni gan… kebetulan ni lagi mo daftar di paid review tapi ternyata harus 3 bulan dulu ya? wah… mundur lagi nih.. punya awak belum ada 3 bulan lagian pake bahasa indonesia lagi ?gmana ya gan? :-D (Y)

  8. @be4day
    Sebetulnya yang penting itu bukan tiga bulannya.. tapi atribut yang dimiliki oleh blog berumur 3 bulan. Kembangkan konten dan traffic dulu aja :D

  9. @boby
    oke.. kalo ada tips lain nanti saya bagi-bagi di sini :)

    @kristo
    yach.. namanya mencari dollar melalui blog ya perlu usaha dong. Kalo kita ga bisa menarik pengunjung dari kualitas tulisan yang bagus atau SEO yang manjur, ya mau ga mau harus blogwalking dan commenting :)

    @cubitea
    Sama-sama, senang bila artikelnya bermanfaat. Semoga blognya bisa lekas diterima broker paid review :)

  10. wah patut dicoba nih….
    makasih infony,,
    ;-)
    =====
    Jawaban Gnupi
    Semoga blognya bisa segera diterima untuk paid review :)
    =====

  11. Mas saya pendatang baru yang lagi cari info tentang sukses dengan ptr dan saya mendapatkan ilmu di sini thanks ya…salam kena (Y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&amp;) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)