| Subcribe via RSS

Agar Blog Anda diterima Broker Paid Review

November 26th, 2008 Dimasukkan pada Kategori Monetisasi Web

Setelah memahami cara kerja Paid Review di artikel sebelumnya. Pertanyaan yang muncul di pikiran para blogger yang hingga kini masih saja direject oleh broker Paid Review (Sponsored Review, Blogvertise atau ReviewMe) adalah:

Bagaimana agar blog kita diterima oleh broker program Paid Review tersebut?

Di artikel ini saya akan sharing sedikit bagaimana blog yang saya kembangkan saya daftarkan ke Paid Review dan mendapatkan approval dari para broker Paid Review. Karena sifatnya sharing, mungkin akan ada sedikit perbedaan pengalaman antara saya ataupun blogger lainnya. Jadi bila ada keterangan saya yang salah, mohon koreksinya di kolom komentar :)

Hal mendasar bagi sebuah blog untuk diterima oleh broker Paid Review memang bervariasi. Tapi bisa kita generalisasikan sebagai berikut.

(i) Berumur lebih dari 3 bulan

Sebuah domain baru biasanya belum memiliki banyak artikel (kecuali bila memang kontennya sudah disiapkan sejak awal atau membajak konten blog orang lain :P). Search Engine juga biasanya kurang tertarik pada domain yang baru, mereka hanya akan mengindeks 3 halaman dari 5 artikel yang sudah anda tuliskan di sana, dan juga, Google Pagerank anda seringkali masih berada pada grey area / unranked. Karena itu, blog yang masih terlalu baru biasanya susah diapprove oleh broker paid review. Saran saya, sebaiknya dalam 3 bulan kita maksimalkan produksi dan kualitas tulisan di blog kita serta rajin-rajin bertukar link.Dengan begitu, jumlah halaman yang masuk ke database Google juga akan lebih banyak.

(i) Diindeks dan Dicached oleh Google

Untuk memperlancar proses ini, usahakanlah sebaik mungkin menghindari duplicate content di blog anda. Pemasangan meta tags robot untuk mengindeks halaman anda juga sebaiknya dipasang. Contoh meta tags yang digunakan dengan ditempatkan di bagian <head> di template blog anda adalah sebagai berikut:

<meta name=”robots” content=”index,follow” />

(i) Link Blog anda cukup populer

Ciri bahwa anda adalah seorang blogger yang cukup dikenal di kalangan pengguna internet dapat diukur dari seberapa banyak link blog anda tersebar di situs-situs atau blog lain. Link popularity tidak harus berupa do follow link, sebuah no follow links di kolom komentar blog lain juga akan meningkatkan link popularity anda. Maka dari itu, rajin-rajinlah berkomentar di blog lain, terutama blog Internet Marketing atau Make Money Online, karena biasanya blog-blog semacam itu memiliki hubungan yang baik dengan Yahoo Bots :)

(i) Trafik blog yang terlihat ‘hidup’ / Alexa Rank cukup tinggi

Sebuah blog yang ‘hidup’ atau dikatakan memiliki pembaca dapat dinilai dari jumlah trafiknya, indikator yang digunakan adalah Alexa Rank, sekalipun sebenernya Alexa Rank tidaklah benar-benar akurat. Beberapa blog saya yang berbahasa Inggris sudah dapat diapprove pada saat Alexa Rank-nya 1 juta. Kalo blog belajar SEO ini memang didaftarkannya pada saat sudah 300ribu. Berhubung blog berbahasa Indonesia saya hanya blog ini, jadi saya kurang dapat memberi banyak masukan tentang peringkat Alexa Rank blog berbahasa lokal yang ‘menjual’ di mata broker Paid Review :D Ada banyak cara meningkatkan traffic blog, antara lain dengan baik tanpa SEO, trik Entrecard atau berkomentar di blog orang lain sambil menjalin pertemanan antar blogger :)

Menurut pengalaman saya, dengan menjalankan langkah-langkah di atas bisa menghantarkan blog kita untuk mendapatkan approval dari broker paid review. Bila ada masukan lainnya, saya akan sangat senang menerimanya sebagai bahan koreksi di artikel ini :)

Oya, satu hal yang perlu diingat, menerima approval dari broker paid review hanyalah sebuah tahapan untuk memasuki pasar paid review. Setelah mendapatkan approval, masih banyak yang harus kita kerjakan untuk bisa menerima job-job dari advertiser Paid Review :)

Bisnis online memang bukanlah pekerjaan semalam.. jadi.. terus semangat ya ;)

Artikel yang mungkin berhubungan

Bisnis Blog 300x300 banner

"Mencari uang di internet tidak selalu mudah bagi semua orang, tapi dengan panduan yang tepat dan lengkap, anda memiliki kesempatan lebih besar untuk sukses memperoleh pendapatan online anda."

Dapatkan tutorial SEO, teknik Blogging untuk bisnis, serta tips memaksimalkan pendapatan AdSense blog anda dalam satu ebook Panduan Komplit karya sahabat saya, Augusman Zalukhu, sebagai satu-satunya ebook internet marketing yang pernah direkomendasikan oleh Gnupi.com

70 Komentar to “Agar Blog Anda diterima Broker Paid Review”

  1. ekkei Says:

    mantep tipsnya mas ipung (Y)

    blogwalking dan commenting lumayan ampuh untuk mendongkrak alexa rank, inbound link, dan technorati rank kalau kita cukup rajin.

    untuk meningkatkan PR, mungkin masih perlu diimbangi dengan metode link building yang lain.

    saya tunggu tips2 dari mas ipung tentang link building ini ya mas. Hehehe.. nodong mode on


  2. Adwan Says:

    mantab artikelnya


  3. the gnupi Says:

    @ekkei
    meningkatkan PR, Technorati Rank dll itu masuk ke bagian “bersaing di pasar Paid Review” hehehe..

    Oke.. lain waktu kita coba bahas link building yach :)

    @Adwan
    Ini postingan newbie kok.. sama seperti postingan sebelumnya.. sebuah investasi artikel untuk kedepannya :D


  4. budi arianto Says:

    mantap tipsnya pak.

    sampai saat ini saya blom di app jg ma broker nya.

    mungkin karena usia blog yang masih balilan (bawah lima bulan)

    :-( :-( :-(


  5. Belajar ngeBlog Says:

    wah ini ilmu yg baru lagi buat saya,
    saya belum ngerti tentang quote ini kang, “Link popularity tidak harus berupa do follow link, sebuah no follow links di kolom komentar blog lain juga akan meningkatkan link popularity anda”. bagaimana logika dari kutipan tadi, mohon pencerahan,


  6. badoer Says:

    Eh iya mas, bisnis paid repiew memang g ada matinya.. Mskipun posting mirip2 tetp aja beda, dsni lebh lengkap euy..


  7. the gnupi Says:

    @budi arianto
    Uhm.. sebetulnya Alexa mas budi tergolong lumayan lho.. Kalo pendapat pribadi saya (pribadi lho ya) karena di domain mas Budi juga terinstall forum. Jadi content dan traffic dari chibogacrew(dot)com dianggap broker paid review tidak murni dari blog chibogacrew :)

    Ini hanya pendapat pribadi saya lho.. bisa jadi juga salah mas :)

    @Belajar ngeBlog
    Link do follow adalah link yang akan diikuti oleh crawler google saat membaca isi artikel blog kita. Link no follow adalah link yang tidak akan diikuti oleh crawler Google karena dianggap tidak relevan dengan isi artikel blog.

    Contoh baku link do follow adalah link yang anda sematkan pada artikel blog, secara default akan bersifat do follow. Sedangkan link dari para komentator blog anda, secara default akan bersifat no follow.

    Link popularity dihitung berdasarkan keseluruhan jumlah link menuju situs / blog anda, baik yang bersifat do follow maupun no follow. Penghitungan keberadaan link yang semacam ini biasanya ditunjukkan oleh parameter Yahoo Backlinks :)

    Semoga bisa membantu :)

    @badoer
    bisa saja mas Wahyu ini.. justru di artikel ini belum menyinggung tentang Rank-rank di blog, apalagi tentang tips menghemat dana untuk content writer dengan mencari pacar yang bisa berbahasa inggris wkwkwk :D


  8. danu Says:

    lebih banyak di tolak daripada diterima :(


  9. wewen Says:

    wah punya wewen baru berumur beberapa hari neh

    hahahahaha jadi gak bis dech punya penghasilan huuuh

    :-D


  10. katakataku Says:

    Kalo boleh PD seeh dari beberapa ato semua uraian di atas blog saya mungkin kalo didaftarkan di paid review sudah tentunya diterima ya (*) check out.


  11. persikers Says:

    kalo dikasih

    cepet di cache ya? :D


  12. persikers Says:

    wah malah ilang :D dikasih gini maksudnya td “”meta name=”robots” content=”index,follow” “”"”


  13. the gnupi Says:

    @Danu
    Begitu ya.. berarti waktu itu saya mungkin hanya beruntung ya..

    @wewen
    Blognya baru bikin lagi emang.. tapi kan indeksnya di Google masih ada mbak.. dimasukin lagi aja ke blognya yang sekarang :)

    @persikers
    Iya mas Harry.. waktu itu saya sempet ngilangin kode itu buat menghindari duplicate content.. sayangnya.. malah jadi ga ke cache homepagenya.. akhirnya jadi sepi deh job blognya :)


  14. izandi Says:

    akhirnya mas ipung turun tangan soal paid review ;-)
    jadi banyak tempat belajar nih

    1. mas kalo alexa rank yang tinggi itu dari batas berapa mas?
    2. kalo link populer itu berdasarkan authority technorati bkn?

    maaf nih banyak tanya :-P


  15. Diesto™ Says:

    Daftar paid review pake subdomain bisa ndak ya mas ?

    Masih berusaha, biar bisa daptar paid review nich. Bantuin dunk :-D


  16. Ecko Says:

    Kalo saya malah penasaran sampe kapan ya paid review ini bertahan. Soalnya sejak beberapa waktu lalu saya punya pikiran bisa jadi model advertising bernama paid review ini bakal sama nasibnya seperti domain parking. Dulu sangat ngetren sekali dan jadi andalan semua pemburu dolar di internet, tapi kemudian ambruk. Bagaimana menurut mas Ipung?


  17. the gnupi Says:

    @izandi
    Menurut standar tahun 2007, memiliki Alexa Rank sebesar 300ribuan sudah memenuhi kualifikasi untuk dikatakan sebagai blog / situs yang hidup. Dengan bertambahnya halaman-halaman di internet, bisa-bisa acuan ini akan mengalami peningkatan, atau lebih mudahnya, 400ribuan bisa dibilang bagus (baru hipotesa lho) di masa mendatang.

    @Diesto
    Sebenarnya bisa mas.. tapi biasanya broker paid review akan mengecek domain yang mana yang menjadi blog anda. mereka menginginkan blog anda yang menjadi sumber traffic anda, jadi bila anda memiliki sumber trafik lain (seperti forum) pada domain yang sama.. mungkin penilaian mereka juga agak menurun terhadap blog anda.

    @Ecko
    Menurut saya.. bisnis ini akan mati ketika sebagian besar publishernya “nakal” dan melakukan kecurangan. Sehingga advertiser pun lambat laun akan enggan untuk mengeluarkan uangnya untuk sesuatu yang sia-sia kedepannya.. Seharusnya para publisher paid review bisa sedikit bekerja profesional terhadap advertiser yang sudah membayar mereka.

    Advertiser sendiri juga harus pinter-pinter me-research keyword yang mereka gunakan.. jangan hanya mementingkan keyword yang itu-itu saja ;)

    Tapi itu cuma pendapat newbie seperti saya lho mas Ecko ;)


  18. the gnupi Says:

    @izandi
    Ada yang ketinggalan :p

    link popularity itu berdasarkan Yahoo Backlinks. Penghitungan Technorati rank itu juga termasuk do follow backlink, hanya saja kriteria valid link-nya ga serumit Google :)


  19. yudi Says:

    cocok nih dibukmak artikel ini kalo ada yang nanya gimana caranya agar diterima broker repiu (Y)

    walaupun diterima hanya langkah awal tapi vital loh mas ipung, karena untuk mendapat job repiu maka hal pertama adalah kita harus diterima dulu oleh brokernya (*) :-D


  20. Artha Says:

    Wah benahi konten dulu neh, dan berharap paidreview tidak mati


  21. the gnupi Says:

    @yudi
    Setuju banget sama konsep mas Yudi. Semua tahapan proses memang harus kita hargai ;)

    kata-kata itu saya masukkan di sini agar ga ada yang protes dan bilang seperti ini melalui email

    “saya sudah bersusah payah melakukan semua yang dikatakan di artikel ini, tapi setelah masuk dan diterima, blog saya ga dapat-dapat job paid review ;(

    Belakangan email berisi keluhan dari orang yang belum pernah berkomentar di sini sudah mulai banyak mas Yudi.. ga dibalas kok kesannya ga menghargai.. dibaca kok meracuni pikiran saya (the secret mode : on) hehehe

    Jadi saya ambil tindakan preventif saja :)


  22. the gnupi Says:

    @Artha
    Lebih bagus lagi bila sekalian bikin blog berbahasa inggris.. biar investasinya makin mantap lagi kedepannya :)


  23. sapimoto Says:

    Apakahs etelah ini akan ditulis tips biar bisa dapat banyak job di paid review??? Saya akan tunggu yang ini… (Y)


  24. Ardy Pratama Says:

    mntap tipsnya (Y) (Y) sya tnggu tips lnjutnya nih, pngn tw bnyak jga soal paid review… ;-)


  25. erna Says:

    sedikit kurang mudeng dan 2 kali baca akhirnya bisa erna mengerti. Masukan bagus untuk bisa diterapkan nantinya.


  26. the gnupi Says:

    @sapimoto
    wah.. kalo bikin artikel tips agar dapat banyak job review sepertinya terlalu berlebihan, malu sama yang lebih jago.. tapi kalo sharing cara saya mendapatkan job review, di artikel berikutnya akan berusaha saya bahas :)

    @ardy pratama
    Hehehe.. Terima kasih, semoga ga bosen mampir ke sini :)

    @erna
    Wah.. saya minta maaf kalo artikelnya masih membingungkan.. dan terima kasih atas kesediaannya untuk membaca 2 kali dan berkomentar di sini :)


  27. izandi Says:

    sip, terimakasih banyak penjelasannya ;-)
    maklum saya :-$ masih awam


  28. abbie Says:

    Mantaps artikelnya mas. (Y)
    Maturnuwun sdh sharing..


  29. Medan Blogger Says:

    wahh mantep neh tulisannya bos :D awak suka kale yang berbau uang ini:D


  30. Reza Fauzi Says:

    oh… jadi gitu toh caranya… udah daftar tapi gak pernah ke approve


  31. khafi Says:

    mantaps……. (Y) (Y)


  32. utchanovsky Says:

    Musti tabah dan pelan2, sepertinya itu kuncinya yah mas ipung (H)


  33. fanari Says:

    mantap mas ipung, semoga paid review tetap bertahan aja soalnya baru itu yg bisa saya andalkan sekarang, dan semoga tidak ada lagi publisher nakal seperti saya, hehe :D :D


  34. tipis Says:

    wah dapet ilmu nih. kebetulan saya abis di suspend RM nih mas, mo coba daftar lagi. thx ya :)


  35. malapu Says:

    mas ipung bagus banget mas tutornya (Y)


  36. nich Says:

    mungkin saya blum baca postingan terkait sebelumnya, maaf untuk komentar berikut:

    tips yang dibahas di atas cukup beralasan jika dipandang dari sisi “popularitas” blog, sebagai acuan penilaian tentang berapa besar kemungkinan review yang dibuat akan dibaca oleh orang.

    tapi apa hanya itu saja kah patokan sebuah blog diterima?
    bagaimana dari sisi content, niche, bahasa dll?
    hee,hee bukan maksud menguji, tapi pengen sekalian nanya.. blog saya koq gak pernah kebagian job ;-(
    job sih saya pernah dapat, tapi justru dari blog lain (yang bukan blog utama saya)


  37. lukman hermawan Says:

    memang sebelum ikutan program beginian musti mantepin dasarnya dulu minimal selama 3 bulan pertama :-)

    btw salam kenal mas ;-)


  38. the gnupi Says:

    @izandi
    Sama-sama mas Izandi ;)

    Masih awam tapi penghasilannya uda banyak tho mas :D (y)

    @abbie
    Ayo mas Abbie.. blognya rajin diupdate dunks ;)

    @Medan Blogger
    Dolar emang vitaminnya blogger yach :)

    @Reza Fauzi
    Semoga nantinya bisa diapprove di program paid review ya mas. Terus semangat ;)

    @khafi
    Terima kasih :D

    @utchanovsky
    pelan-pelan dan tabah daftarnya.. tapi harus kenceng dalam memproduksi artikel mas Uchan :)

    @fanari
    Amin.. mari hidupkan lahan-lahan penghasil dollar kita. Jangan membunuh sebuah bisnis untuk kenikmatan sesaat ;)

    @tipis
    Ah malu saya.. mas Sandy kan lebih jago soal Paid Review dibanding saya :D

    @malapu
    Hehehe.. thanks ya bro (*)


  39. the gnupi Says:

    @nich
    hehehe.. tenang saja mas, kolom komentar kan emang buat berinteraksi, ga ada yang merasa diuji kok, lagian kalo saya ga paham juga pasti ngaku kok :P

    artikel ini dibuat untuk menuntun blogger pemula kaya saya agar bisa mendaftarkan blognya di program paid review, saya belum menyentuh hal-hal yang berbau cara mendapatkan job. Maka dari itu saya bilang, “ini hanyalah tahap awal”.

    Nah.. program Paid Review telah memberikan kriteria tentang bahasa blog yang boleh bergabung di program tersebut. Dan untuk diterima oleh brokernya… hal-hal yang sudah saya jelaskan di atas adalah poin-poin yang cukup menentukan sepanjang pengalaman saya dalam mengusahakan blog kita agar diterima oleh broker / program paid review

    Soal niche, bahasa dan content, itu sebetulnya akan lebih berpengaruh kepada advertiser dalam menerima bid job paid review kita. Bukan berpengaruh kepada broker Paid Review-nya. Karena tugas broker paid review hanyalah melisting blog-blog yang potensial untuk dimasukkan ke pasar paid review.

    Jadi.. setelah kita memasuki pasar paid review, kita baru bisa mengerti kompetitor kita, bagaimana niche mereka, berapa rank-rank yang mereka miliki, berapa tarif review mereka, bagaimana teknik penulisan blog mereka dsb. Itulah yang kita kompetisikan di dalam bersaing di pasar paid review. Itulah yang dilihat oleh advertiser dalam menentukan apakah bid job paid review kita akan mereka terima atau tidak.

    Lebih jauh lagi tentang ini, saya bahas di artikel berikutnya saja.. soalnya bisa-bisa balasan komentar ini kaya artikel blog aja bila dijelaskan semua :D


  40. the gnupi Says:

    @lukman hernawan
    Iya.. 3 bulan itu ga lama kok.. bahkan kadang terlalu cepat.. blog kita dalam 3 bulan ternyata belum memenuhi standar program paid review :)

    Salam kenal juga, terima kasih sudah mampir ke sini :)


  41. Mahardika Says:

    Waahhh..mantap mas.. Saya aja ga nyangka blog saya keterima di RM, padahal saya ga baca persyaratan awal agar bisa keterima di broker Paid Reviews. Hehehe… Sukses mas.. saya perlu tips lebih lanjut tentang bisnis internet.. (Y) (*)


  42. Awas ada orang brengsek!! | bisnis internet Says:

    [...] Oya, sekali lagi makasi buat mas Ipung yang kasi info. Bagi yang ingin berbagi tips agar diterima broker review silahkan ke mampir ke The Gnupi Share ke yang [...]


  43. dwi Says:

    wah om cpt bgt comenternya

    sy mau coba EC deh…hehe


  44. ardi Says:

    Masalah bahasa gimana, bro? Kalo bahasa Endonesya??


  45. the gnupi Says:

    @Mahardika
    Hehehe.. kadang saya juga sering ga baca persyaratan awal kok. Karena pernah ga diterima saya jadi baca persyaratannya :)

    @dwi
    efek samping erornya WPstats :)

    @ardi
    semua broker yang saya sebutkan di atas tidak mempermasalahkan bahasa sehari-hari blog kita dalam pendaftaran, hanya saja, cuma reviewMe yang memberi lampu hijau untuk membuat review dalam bahasa blog kita, broker paid review lainnya mensyaratkan penggunaan bahasa inggris dalam artikel review, kecuali bila advertisernya menginginkan ketentuan lain ;)


  46. soerdjak Says:

    tips bagus mas….kebetulan saya ditolak mulu nih, masih baru, mohon bimbingannya ya mas.. (Y)


  47. Paman Gober Says:

    semuanya udah jelas mas, tipsnya yang mas sharing disini emang tips yang yahud buat pemula sama seperti saya. Harus butuh waktu untuk itu :)


  48. Sumintar Says:

    Wah tambah rame saja mas ordernya, PTR, dan isinya tambah mantap, senang deh udah sip aja, salam sukses

    sumintar.com


  49. andyQ Says:

    wah telat komen nih, tapi ngomong2 ok juga tips2 nya.


  50. welly Says:

    berarti kalau nggak atau belum 3 bulan ditolak yah ?


  51. Leoslab Says:

    Wewwww manstab. Tapi kmaren blogku baru 1 bulan dah keterima hehehe. Lagi baek kali yah.. hehehe :-D


  52. NdesO Says:

    Mantab nih, tp program2 traffic exchange juga bisa membantu mempercepat peningkatan alexa rank lho mas :) Menurut mas, program2 kyk gitu curang g sih?

    G nyambung ya??? Ya sori lah mas :)


  53. the gnupi Says:

    @sordjak
    Mari sama-sama belajar :)

    @Paman Gober
    Sambil menunggu terus produktif yang penting ya mas :)

    @Sumintar
    Terus sukses juga pakdhe :)

    @andyQ
    wah.. telat juga balas komennya.. habis dari tempat miskin koneksi nih :)

    @welly
    belum tentu juga.. kadang sponsored review lupa mengecek umur blog hehehe :)

    @Leoslab
    Sponsored review ya mas Leo? Kalo blogvertise biasanya kita dimasukin probation status :(

    @NdesO
    Lha itu terakhir yang pake Entrecard kan juga program traffic Exchange. Curang-ga-curang sih mas.. tapi kita ga bisa selamanya ikutan program traffic exchange.. pada akhirnya kalo mau serius ya harus pake SEO :)


  54. tyas Says:

    akhirnya blogku bisa diapprove sama broker2 itu juga karna banyak belajar dr blognya Ipung ini….
    bukan belajar deng, maksa minta diajarin, hehe….

    tengkiuuuu…..


  55. the gnupi Says:

    @tyas
    wah.. masa sih.. jadi malu :-$

    Sama-sama mbak.. belajar bersama, semoga sukses bersama :)


  56. ika Says:

    sekarang kalo soal backlink agak2 njelehi.. soalnya udah banyak ngelink kemana2 eh ternyata itu ga cukup untuk mendongkrak pagerank biar naek lagi..


  57. the gnupi Says:

    @ika
    saya uda bilang.. ngejer pagerank itu bikin capek.. mending ngejer traffic :)


  58. nugraha Says:

    kayanya pengalaman masing2 orang beda2 ya bos ??, ada yang PR 1 atau 0 aja bisa aktif dapet job, ada yang ber PR 3 mlh jarang dapet job.soalnya dulu blog ber PR 0 ku bisa dapet job harian lumayan gede lagi, tapi sekarang giliran udah ber PR 1 malah juarang banget dapet job.
    kenapa ya , kasih pencerahan dong :-)

    thks


  59. the gnupi Says:

    @nugraha
    emang sekarang paid review lagi seret job :)


  60. Tips Blog : 5 Penyebab Kebosanan dalam Blogging | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M Says:

    [...] tanggapan yang bervariatif dari beberapa sudut pandang yang berbeda. Dan bagi mereka para publisher paid review ataupun publisher PPC Indonesia, blog mereka bisa dijadikan lahan menghasilkan dollar dan rupiah [...]


  61. be4day Says:

    wah bagus ni gan… kebetulan ni lagi mo daftar di paid review tapi ternyata harus 3 bulan dulu ya? wah… mundur lagi nih.. punya awak belum ada 3 bulan lagian pake bahasa indonesia lagi ?gmana ya gan? :-D (Y)


  62. the gnupi Says:

    @be4day
    Sebetulnya yang penting itu bukan tiga bulannya.. tapi atribut yang dimiliki oleh blog berumur 3 bulan. Kembangkan konten dan traffic dulu aja :D


  63. boby Says:

    bagus bgt mas tipsnya. ok , akan saya coba ya?
    klo ada tips yg lain boleh dong??? (Y) (Y)


  64. kristo Says:

    kalo saya sering2 aja blogwalking dan coment

    ca pe de tiap hari blogwalking


  65. cubitea Says:

    (Y) thx inpoh nya gan banyak yg saya pelajari disini thx.. sekali lagi


  66. the gnupi Says:

    @boby
    oke.. kalo ada tips lain nanti saya bagi-bagi di sini :)

    @kristo
    yach.. namanya mencari dollar melalui blog ya perlu usaha dong. Kalo kita ga bisa menarik pengunjung dari kualitas tulisan yang bagus atau SEO yang manjur, ya mau ga mau harus blogwalking dan commenting :)

    @cubitea
    Sama-sama, senang bila artikelnya bermanfaat. Semoga blognya bisa lekas diterima broker paid review :)


  67. abdul Says:

    wah patut dicoba nih….
    makasih infony,,
    ;-)
    =====
    Jawaban Gnupi
    Semoga blognya bisa segera diterima untuk paid review :)
    =====


  68. Narmadi Says:

    Mas saya pendatang baru yang lagi cari info tentang sukses dengan ptr dan saya mendapatkan ilmu di sini thanks ya…salam kena (Y)


  69. Tumpal P Sinambela Says:

    Punya brapa blog ni?emang bisa y page rank 0 ikutan paid review? :-(


  70. catur Says:

    terima kasih banyak atas infonya mas…saya masih bingung dengan paid review ini…
    terima kasih


Silahkan tinggalkan komentar anda di sini

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&amp;) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)