Tips Blogging : Mendapatkan Ide Tulisan Artikel Blog dengan Metode Digging

Alasan orang blogging memang bermacam-macam, ada yang sekedar narsis seperti saya, ada pula yang blogging sebagai penyaluran idealisme, ada pula yang blogging murni untuk mencari uang dari blog. Apapun motivasi seorang blogger untuk ngeblog, ide dasar dari kegiatan blogging tidaklah berubah, yaitu menyampaikan ide / pikiran melalui tulisan di halaman blog kita.

“Value blogging adalah tentang menyampaikan sebuah nilai melalui artikel di blog”

Bagi para blogger yang sudah terjangkiti virus value blogging, biasanya mereka menjadi terobsesi (baik dalam kadar rendah maupun tinggi) untuk menulis artikel blog yang wah, yang layak untuk dibaca, yang mencerminkan pemikiran yang unik dan sebagainya. Dan seringkali, pada suatu titik, sang blogger merasa kehabisan ide untuk dituangkan ke dalam tulisannya. Efek samping dari perasaan miskin ide tersebut akhirnya menjelma jadi kebosanan dalam melanjutkan kegiatan blogging. Nah tips blogging kali ini akan berusaha memberi ide dalam menanggulangi 5 Alasan Kebosanan dalam Blogging yang pertama, yaitu Tidak Memiliki Ide Postingan / Artikel Blog.

Oya, saya bukanlah ahli psikologi atau penulis berbakat, jadi semua tips blogging yang ditulis di sini hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi saja. Mohon maaf bila ada kekurangan di sana-sini :)

Kenapa Tidak Ada Ide untuk Menulis Artikel Blog ?

Jawaban dari pertanyaan ini cukup simpel sebenernya. Alasan kenapa anda kehabisan ide untuk dijadikan tulisan di blog adalah karena anda tidak lagi tertarik untuk berbagi.

Lho kok bisa? Maksudnya apa?

Mereka yang berbagi mengenai apapun di blog mereka, selalu memiliki ‘sesuatu’ untuk dibagi. Entah itu tentang masa lalu kita yang terdengar lucu bila kita telaah lagi sekarang, film keren yang baru anda tonton di bioskop, seberapa lezat makanan yang mereka makan di tempat makan terakhir mereka atau berbagi tips-tips berguna baik tentang blogging, SEO ataupun HTML & CSS. Sebenarnya kita semua selalu memiliki sesuatu untuk diceritakan. Hanya saja kita tidak mengambil cukup banyak informasi untuk bisa menuliskannya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Informasi untuk Dijadikan Artikel Blog?

Sekalipun sepertinya rumit sebenarnya hal ini sangatlah sederhana. Kita bisa mendapatkan informasi yang cukup untuk dijadikan artikel blog dengan 3 metode:

  • Pendalaman (digging)
  • Perkawinan (combining)
  • Be Yourself

Mencari Ide Artikel Blog dengan Metode Digging

Dalam artikel tips blogging kali ini, hanya metode digging saja yang saya bahas, metode membuat artikel blog lainnya akan dibahas di artikel selanjutnya. Dari namanya saja, tentunya teman-teman sudah bisa mengira-ngira seperti apa metode digging, yaitu outsourcing informasi sebanyak-banyaknya entah via Google atau membaca buku dan blog orang lain. Akan tetapi, yang perlu dilakukan adalah membuat informasi tersebut nyantol di otak anda. Caranya, jangan biasakan informasi berlalu begitu saja di hidup anda. Seringkali kita lupa kapan terakhir minum jus alpukat misalnya, itu semua dikarenakan kita membiarkan pengalaman itu berlalu begitu saja dari pikiran kita. Jika anda ingin ide-ide segar tidak lepas begitu saja dari otak anda, cobalah memberinya waktu untuk masuk ke dalam memori anda.

Sebuah contoh sederhana sekalipun kedengarannya konyol, misalnya, ketika anda minum jus alpokat, cobalah bertanya pada diri anda, lebih enak mana antara jus yang sedang anda minum dengan yang terakhir kali anda minum sebelumnya. Bila salah satu dari jus alpukat itu terasa lebih enak, coba cari tahu sebabnya, anda tidak perlu mencari jawaban yang 100% benar menurut ahli kuliner, kita hanya ingin menjadi blogger, bukan ahli jus alpukat. Jadi ya, anda cukup mengungkap seperti apa selera jus alpukat anda. Bila kemudian anda merasa kurang sreg karena hanya membahas jus alpukat kesukaan anda pada artikel tersebut, anda dapat mencari informasi manfaat alpukat atau bahkan bahaya mengkonsumsi alpukat di Google (jika ada) untuk menambah isi tulisan pada artikel blog tersebut ;)

Hal sederhana seperti tadi saja sudah dapat dijadikan artikel blog bukan? Value yang anda bawa adalah tentang jus alpukat yang menurut seseorang lebih enak ketimbang jus alpukat yang lain. Mungkin anda lebih senang jus alpukat yang dicampur kopi dibanding susu kental manis cokelat misalnya. Pembaca anda juga mungkin jadi tergerak untuk mengingat-ngingat jus alpukat yang mereka sukai dan berbagi cerita tersebut di kolom komentar blog anda. Bayangkan saja, hal sesederhana itu saja bisa dibentuk menjadi sebuah tulisan, apalagi hal-hal yang tentunya lebih enak untuk dibicarakan seperti daftar acara reality show atau kado natal misalnya :D

Hayo.. masih mau bilang bahwa mencari ide untuk membuat artikel blog itu susah? :D

25 thoughts on “Tips Blogging : Mendapatkan Ide Tulisan Artikel Blog dengan Metode Digging

  1. Pertamaaxxx Horeee Syalalala… hehehe
    Ga kebayang kang jus alpukat dicampur kopi gimana rasanya yah hahaha… emang sih kadang ada blogger2 yang bingung mau ngeposting apa.. karena sebenarnya dalam diri mereka telah terjaid pemahaman yang salah tentang ngeblog. (wah ide postingan nih wkwkwkw) …. apa aja sebenarnya bisa kita tulis dalam blog.. baik itu uneg2 kita maupun kisah cinta atau narsis kita.. masalahnya skrg mau ga berbagi pengalaman2 itu? atau kita sudah terlalu SOMBONG untuk berbagi hal kecil di blog yang kita anggap HANYA boleh membahas soal bisnis :P:P
    =======
    Jawaban Gnupi:

    Walah.. belum pernah nyoba tho Bang? Padahal enak lho.. saya ndak bohong.. rasa jus alpokatnya jadi lebih maskulin hehehe :p
    Pengetahuan saya soal bisnis masih jongkok sih bang.. jadi sekalipun pengen ngomongin bisnis saja juga ga bisa kali :) Kan masih belajar sama Guru Besar Zalukhu :p
    Bagi saya kehidupan itu selalu menarik, tinggal kita mau digging lebih dalam atau engga..? bisa melihat values dari setiap waktu yang berlalu atau engga..? mau berbagi di blog atau engga…?

    halah.. kok jadi sok filosofis gini ya saya :)
    =======

  2. kalo kata saya cari ide buat artikel blog itu gampang2 susah, tapi lebih banyak gampangnya ya :D
    =====
    Jawaban Gnupi:

    Iya.. asal mau sedikit memberi waktu bagi otak untuk berpikir, pasti bakal ada aja yang bisa kita bahas :)
    Kemaren saya ke blognya Pak Jimmy kok linknya “404 Not Found” semua, cuma homepage-nya yang kebuka.. saya jadi ga bisa komentar dan baca full post-nya :(
    =======

  3. coba tidur sebentar pasti pas bangun dapet ide baru :P
    ======

    Jawaban Gnupi:
    Saya kalo dah tidur, pas bangun malah pengen tidur lagi hehehe :D
    ======

  4. saya rasa.. sejauh blog miliknya itu memiliki tema yang dia kuasai gak akan sulit untuk cari ide.. tp kadang-kadang sih bisa juga :)
    Ngomong jus alpukat jadi ngiler.. beli jus alpukat dulu ah :)
    ======
    Jawaban Gnupi:
    Wah.. tema yang saya kuasai sangat sedikit padahal.. jadi harus siap-siap kehabisan ide nih :p
    Iya.. saya juga jadi kangen jus alpukat, uda 4 bulan ga ngrasain minuman satu itu :D
    ======

  5. kalo saya sih suka blogging soalnya ada banyak info disana, dan goal lainnya buat caper heeeeeee

    =======
    Jawaban Gnupi:
    Hehehe.. bukannya kebalik, kita yang jadi cari info buat bisa blogging :p
    Semoga bonus perhatiannya juga bisa didapatkan (H) :D
    =======

  6. kalau mau menulis posting, bahan sudah saya siapkan beberapa hari sebelumnya, jadi setiap hari selalu saja terpikir: kalau untuk menjelaskan ini seperti ini ini ini nantinya , oh iya nanti juga bilang ini ini ini ini, supaya pengunjung lebih mudah memahami harus ditulis seperti ini ini, hirarkinya ini dulu baru ini

    jadi pas nulis semuanya benar2 sudah dianggap matang :)
    ======
    Jawaban Gnupi:
    Wah.. pantas tulisan artikel blognya bagus-bagus (y)
    Kalo saya hanya sebatas menulis di lokal PC saja biar enteng untuk ngubah-ngubah dan masukin linknya.. baru kemudian ditransfer ke blog kita yang ada di web :)
    ========

  7. waduh mas Ipung, pagi2 ngomongin jus alpukat…. jadi tambah ngiler…ehehehe mana blogwalking pas baru bangun tidur…wkwkwkk

    Btw tipsnya manteb mas, tapi beberapa bulan belakangan ini kok saya tambah males buat postingan diblog ya?

    waduh….waduh..

    ======
    Jawaban Gnupi:
    hehehe.. mungkin seperti yang mas Zalukhu bilang. Kita terjebak pada satu niche yang membutuhkan banyak pembelajaran untuk bisa mempertahankannya.. jadi agak malas kalo ngomongin hal yang tidak berhubungan. Tapi saya kadang malah senang posting yang tidak berhubungan dengan SEO dan Making Money Online.. Bikin postingan santai yang bisa ngelink ke artikel teman-teman juga cukup mengasyikkan hehehe :)
    Yukz.. cari jus alpukat bareng-bareng :D
    ======

  8. Kalau udah punya ide langsung ditulis byar ga lupa..

    ======

    Jawaban Gnupi:
    Iya.. itulah gunanya hape canggih jaman sekarang.. yang bisa dipake buat nulis ide sewaktu-waktu (*)
    ======

  9. Emang.. ni seru banget!!
    Tips – tipsnya seru bro!! (Y)
    Kadang sering ga dapet inspirasi.. dapaet inspirasi nih di sini… ;-)

    ======

    Jawaban Gnupi:
    Dapat inspirasi di sini?
    Berarti bentar lagi ada postingan baru dong :D
    ======

  10. siapkan mental untuk mau berbagi ya mas pung?
    nek gek mentok ndak ada yang dibagi, bagi2 senyum aja.
    posting isine emoticon thok hahahaha…

    saya menggunakan blogdesk untuk posting, ada feature savenya. jadi kalau ada ide lewat, saya tulis dulu di blogdesk, judul dan satu dua kata ttg ide tersebut. besok kalau dah siap tinggal explorasi lagi.

    ========
    Jawaban Gnupi:
    Hahaha.. ide bagus tuh.. mengupdate blog dengan emoticon senyum :D
    Saya juga uda install blogdesk sejak tahu program itu dari artikel mas beberapa bulan lalu. Hanya saja, kalo pake blogdesk, plugin All In One SEO Pack-nya jadi kurang berguna donk karena tag Titile, Description dan Keywords-nya jadi ga keisi :D
    ========

  11. thanks om dah berkunjung, awak amalkan lah ini, jujur aje mang kadang mumet kalo dah posting baru satu baris ngetik dah mati idenya :d hehhee

    =======
    Jawaban Gnupi:
    hehehe.. waktu itu jarang berkunjung karena pas saya datang belum ada barang baru, dan kemaren saya keluar kota seminggu :D
    Semoga bisa jadi penyemangat untuk terus membangun blog ya :)
    =======

  12. yg sy bilang di atas kan hanya “terpikir” mas, jd kalau pas tiba saatnya nulis posting dan sy lupa semua yg telah dipikirkan itu, kacau deh postingnya :mrgreen: ,, memang lebih baik bila ditulis bertahap secara offline :D
    ========

    Jawaban Gnupi:
    Hehehe.. saya walaupun nulisnya offline dulu, tapi biasanya langsung diupload ke blog. Ga pake lama ditumpuk di PC lokal.

    Antrian postingan di blog lain masih menunggu soalnya :D
    =========

  13. ;-) pertamanya sih susah tapi kalo dah dijalani dan mencari2 ternyata bisa juga walau belum sempurna… ;-) terus berjuang mencari dan mencari….

    =======

    Jawaban Gnupi:
    Iya.. terus berjuang dan mencari, semuanya akan terkristalisasi menjadi pengalaman dan skill yang berharga nantinya :D
    =======

  14. Kalau aku pakai Google Alerts aja.

    ======

    Jawaban Gnupi:
    Masih sayang sama inbox saya kalo ke spam karena Google Alerts.. lha sekarang banyak artikel spam dan rewrite di blogsearch.google.com :D
    ======

  15. Saya jg lg miskin ide, hehe, mood ngeblog jg ilang, bukan krna sepi job repiew, tpi krna sbuk ngurus kulh dlu n masalah pribadi

    =======
    Jawaban Gnupi:
    Semoga lekas selesai urusan kuliahnya mas :D Kalo urusan pribadi terutama berhubungan dengan percintaan, sebaiknya dipublish di blog, biar ada gosip hangat di blogosphere hehehe :p
    =======

  16. blog yang fokus pada satu topik tentu lebih susah buat artikelnya.
    tapi kalo blog yang ngasal kayak blog pribadi saya maka bikin artikelnya pun ga begitu sulit hehe :-D
    ========
    Jawaban Gnupi:
    bener banget mas.. tapi kalo dilihat dari sisi yang lain, itu bisa dijadikan pemacu semangat untuk menguasai topik tersebut ;)
    Ya.. itu kalo beruntung sih, kalo ga beruntung ya jadinya jarang posting :D
    =========

  17. hehe soal digging mendigging ini *halah bahasanya* asya juga banyak topik yang dibicarain neh di blog, soalnya sulit banget mau one topic only gituh.. hehe

    oh iya, widget google friend connect nya udah ada, kemaren kelupaan mau mindah di sidebar, hihi join my site ya… tengkyu tengkyu :-D
    =======
    Jawaban Gnupi
    Iya mbak.. blogging for fun on, asal punya value, topiknya apa ajah tetep bisa menghibur pembacanya :D
    Aku udah join mbak di Google Friend Connectnya :D
    =======

  18. Digging untuk menulis artikel ? memang sangat di perlukan. dan bisa datang dari mana saja. kalau saya bisa dari TV, koran, majalah, blog orang lain bahkan ketika kita ngobrol atau lihat suatu berita. mantap artikelnya boz

    ======
    Jawaban Gnupi
    Bener banget mas… Melalui digging ide di artikel blog, kita bisa memberikan banyak pandangan dalam satu wadah artikel. Pembacanya juga pasti senang disuguhi informasi seperti itu :D
    ======

  19. Betul juga ya, Mas. Ngapain susah-susah nyari artikel yang dianggap berbobot tapi malah buntu. Yang penting cerita apa saja yang mau kita ceritakan. kalau menulisnya dengan hati, insya Allah pembaca juga akan merasa senang koq. Iya kan? :D
    =======
    Jawaban Gnupi
    Iya mas Ecko. Kadang kita ‘terbang terlalu tinggi’ sampai tidak dapat melihat mutiara di dasar laut :)
    Begitu halnya dengan blogging, kadang kita ngeblog tanpa value (walaupun ini sah-sah saja), tapi kadang juga ga blogging karena ga bisa menemukan value untuk dituangkan :)
    Soal prinsip blogging sih, kembali pada masing-masing blogger, artikel ini lebih ditujukan pada blogger yang sibuk mencari ide artikel yang wah tapi ga dapat-dapat :)
    =======

  20. mottoku… nulis aja seolah2 gak akan ada yg baca… jadi gak ada beban… ngawur yo ben…. yang penting belajar mengekpresikan pikiran lewat posting…

  21. Pas banget dengan kondisi yang saya ceritakan di postingan ‘Untitled Post’ beberapa hari yg lalu.

    Artikel mas Ipung yg ini sungguh bermanfaat bagi saya. Sungguh pelajaran yg sangat berharga…

    Makasih :)
    =====
    Jawaban Gnupi
    Jadi penasaran sama artikelnya :)
    Terima kasih supportnya ;)
    =====

  22. Pingback: Tips Blogging : Mendapatkan Ide Menulis Artikel Blog dengan Teknik Combining | Belajar SEO | Tutorial Wordpress Blogger | Cari Uang di Internet | Making Money Online

  23. Wah bang Nie baru pertama pengen Nge_Blog, tp bngung mw mulai dr mana. Ya akhirnya apa yang ada dalam pikiranku itu yang tertuang. (H) Kadang kl baca sendiri aneh juga sih…..

    Kl Boleh tau harus mulai dari mana? Apa pemikiran tentang tema blog itu penting?

  24. Pingback: Tips Blogging : Mendapatkan Ide Artikel Blog dengan Menjadi Diri Sendiri | Belajar SEO | Tutorial Wordpress Blogger | Cari Uang di Internet | Making Money Online

  25. Emang beda kalo yang sudah pengalaman… hal yang keliatannya sederhana bisa diolah menjadi cerita yang menarik. Thx mas ipung, pengalamannya jadi masukan yg berharga. :-) Nanti saya traktir jus kopi alpukat deh ;-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)