| Subcribe via RSS

Tips Blogging : Mendapatkan Ide Artikel Blog dengan Menjadi Diri Sendiri

February 5th, 2009 Dimasukkan pada Kategori Blogging

Tidak terasa, sudah hampir 2 bulan berlalu sejak saya menulis 5 Penyebab Kebosanan Dalam Blogging, dan sekarang baru bisa membahas cara mengatasi penyebab pertama kebosanan dalam blogging, yaitu kesusahan mencari ide artikel / postingan blog. Beberapa waktu lalu, ketika saya menuliskan cara mendapatkan ide artikel blog dengan metode Digging, saya juga menyebutkan bahwa masih ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menulis sebuah artikel blog (yang biasa saya terapkan), yaitu metode combining dan jadi diri sendiri (be yourself). Nah, di artikel ini kita akan membahas bagaimana menjadi diri sendiri bisa membuat anda menciptakan / menulis artikel blog. Dan karena ini pengalaman pribadi saya, bila ada kekurangan, teman-teman bisa menambahkan pendapat atau uneg-uneg terkait membuat artikel blog ini di kolom komentar :)

Bagaimana Cara Menulis Artikel Blog dengan Menjadi Diri Sendiri?

Pada intinya, teknik menulis artikel blog dengan cara ini adalah dengan merefleksikan diri anda ke dalam bentuk tulisan di blog anda. Untuk melakukannya, kita dapat mengklasifikasikan pertanyaan dalam diri kita dan menjawabnya dengan jujur mengenai sebuah topik yang akan kita tuliskan dalam artikel blog kita. Pertanyaan yang perlu anda jawab adalah sebagai berikut.

  • Apa sih yang membuat saya tertarik dengan topik tersebut?
  • Apa yang saya tahu tentang topik tersebut?
  • Apa yang saya tidak tahu tentang topik tersebut?
  • Apa yang saya rasakan bila saya mengalaminya atau berhadapan dengannya?
  • Apa yang saya harapkan terkait topik tersebut?

Dengan menjawab kelima pertanyaan di atas mengenai topik yang akan anda angkat dalam sebuah artikel blog, kita dapat merefleksikan diri kita pada apa yang kita tulis di blog. Pendapat, harapan, dan pengetahuan anda akan terangkai menjadi sebuah artikel blog yang sarat dengan informasi dan opini. Sebagai contoh, semisal anda baru saja menonton tayangan infotaintment yang membahas tentang gosip hubungan Dewi Persik dan Aldy Taher, dan anda ingin mengomentari narasi dari tayangan infotaintment tersebut yang bagi anda dirasa terlalu vulgar dan tidak sopan.

Lagi-lagi, hari ini saya menonton liputan seputar hubungan asmara Dewi Persik sama Aldy Taher. Heran juga sebenarnya, ngapain ya pemberitaan Dewi Persik itu kok heboh banget meskipun beritanya gitu-gitu aja. Padahal kan akan lebih bagus jika infotaintment itu lebih sering menampilkan wajah cantik Sandra Dewi, Luna Maya, Chelsea Olivia atau berita terbaru di belantika musik atau perfilman kita, biar lebih segar, bervariatif dan menghibur. Dan kalo aja aku jadi Aldy Taher, pasti gerah banget terus-terusan diberitain seperti itu. Apalagi kalo denger narasi infotaintment yang memanggil Dewi Persik dengan sebutan ‘janda montok’, mesum banget kedengarannya. Emang salah ya kalo punya badan montok dan kebetulan menjadi janda?

Lama-lama kalo selalu diidentikkan dengan label janda montok, sekalipun ada artis wanita yang lebih seksi dan cantik, pamor kemontokannya jadi kalah sama Dewi Persik, karena infotaintment itu sendiri yang mem-branding Dewi Persik dengan hal-hal yang berbau seksi dan montok. Infotaintment, ayo dong, hibur aku dengan menampilkan artis lain yang cantik-cantik dan ga bermasalah. Beri aku berita bahagia biar aku ga bosen nonton liputanmu.. dst..

Bila diteruskan, contoh ini bisa jadi satu artikel blog dan akan banyak yang berpikir bahwa saya ngefans sama Dewi Persik nih :D

Tidak sulit kan menulis artikel blog dengan menjadi diri sendiri? Saya juga pernah menulis artikel blog dengan cara yang sama ketika saya kesusahan belajar HTML dan CSS. Intinya adalah, jangan berpura-pura menjadi Mr.Perfect yang serba bisa di blog kita, akan lebih baik (dalam jangka panjang) untuk mengakui kelemahan diri sendiri dan kemudian menjadikannya target perbaikan supaya diri ini menjadi lebih baik dan berkembang. Dengan begitu, pembaca blog anda akan merasa membaca artikel blog yang jujur dan personal, sehingga terpacu untuk ikut berkembang bersama anda.

Saya harap sebagai blogger, kita tidak perlu sampai kehilangan jati diri ketika menulis artikel-artikel blog, apalagi bila sampai terjebak ke dalam jebakan blogging. Mari jadikan blog sebagai sarana pengembangan diri kita menjadi pribadi yang lebih positif :)

Artikel yang mungkin berhubungan

Tags: Blogging
Bisnis Blog 300x300 banner

"Mencari uang di internet tidak selalu mudah bagi semua orang, tapi dengan panduan yang tepat dan lengkap, anda memiliki kesempatan lebih besar untuk sukses memperoleh pendapatan online anda."

Dapatkan tutorial SEO, teknik Blogging untuk bisnis, serta tips memaksimalkan pendapatan AdSense blog anda dalam satu ebook Panduan Komplit karya sahabat saya, Augusman Zalukhu, sebagai satu-satunya ebook internet marketing yang pernah direkomendasikan oleh Gnupi.com

28 Komentar to “Tips Blogging : Mendapatkan Ide Artikel Blog dengan Menjadi Diri Sendiri”

  1. bocahiseng Says:

    hmmm betul banget tuhh masss? be your self

    ===
    Jawaban Gnupi
    cuma untuk blog matre biasanya kita be someone else yach :D
    ===


  2. kidedfith Says:

    memang mas ipung kelima dasar tersebut patut kita renungan, kadang kita ikut arus sehingga kita kehilangan jati diri kita sebagai penulis blog,kalu saya selain merenungkan lima dasar tersebut,tulisan tsbt juga harus berguna dan bermanfaat buat orang lain,memang adakalanya bermanfaat bagi kita tapi tidak buat orang lain dan sebaliknya,tapi setidaknya kita sudah berusaha kearah yang baik…:)

    ===
    Jawaban Gnupi
    segala sesuatu, bila telah melalui pemikiran yang mendalam pasti akan memiliki nilai.. tinggal nilainya itu baik atau engga ya mas Dedik :)
    Hal itu juga berlaku untuk artikel blog yang kita tulis, semoga dengan niat dan pemikiran yang baik, akan bisa bermanfaat bagi pembaca blog kita ;)
    ===


  3. Syamsul Alam Says:

    Huehuehue…..

    Super bener nih post… Malah klo nulis yg ga sesaui dengan diri sendiri, justru malah menyusahkan diri sendiri nih…

    Aduh, ga pertamax aku…. masa fans no. 1 ga pertamax. Malu aku.. :”> wwkwkwkkwkwkw…..

    Disini emoticon yahoo ga nyala yah? sayang…. hihihihi…

    ===
    Jawaban Gnupi
    Wah3x dah terinfeksi virus Pak Mario nih, pake ‘super’ segala :)
    Emoticon Yahoo emang ga nyala di blog ini, tapi entar deh aku masukin ke script PHP-nya smiley disini :)
    Oya, kalo mau nge-blush, bisa pake emoticon yang berwarna pink itu Lam ;)
    ===


  4. Uchan Says:

    Nulis hal teknis, gak terlalu berbakat…

    Mau jadi diri sendiri, sadar bgt gak ada bagus2nya… (yg ada malah malu2in)

    terpaksa pasrah jadi blogger jarang ngupdate :-P

    haduuu… ;-(
    ===
    Jawaban Gnupi
    Tapi blognya masih ada yang mengunjungi kan mas. Itu masih menandakan ada yang baik di blognya mas Uchan ;)
    ===


  5. sof Says:

    Ini nih yg jrg ditulis org… (Y)
    good posting


  6. Ardy Pratama Says:

    Be your self.. gitu yah mas maksudnya? ;-) Iya bener banget, tulis topik yang kita kuasain…

    ===
    Jawaban Gnupi
    Menulis artikel blog yang kita kuasai akan membuat kita belajar lebih dalam tentang apa yang kita tulis ;)
    ===


  7. arikaka.com Says:

    be ur self, saya paling seneng post tentang bola gitu……

    ===
    Jawaban Gnupi
    Dan saya paling buta soal bola. Maka dari itu kalo berkomentar di blog arikaka.com selalu cari postingan yang bukan tentang bola. Daripada dianggap nyepam :)
    ===


  8. izandi Says:

    betul mas daripada nulis artikel yang ga ngerti
    saya sekarang jadinya nulis yang suka dan ngerti aja, udah ga nembak2 keyword lagi :(
    ===
    Jawaban Gnupi
    wah.. sudah insyaf yach ceritanya mas Izandi :)
    ===


  9. denologis Says:

    as much as we can write…. :D


  10. fajarseraya Says:

    bener banget…saya biasa posting yang ga penting2 bos

    ===
    Jawaban Gnupi
    Mari perdalam ide biar yang ga penting itu bisa jadi sesuatu yang penting ;)
    ===


  11. Supermance Says:

    sip deh tipsnya, langsung praktek (Y)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Sudah rajin blogging lagi yach? :D
    ===


  12. chibogacrew blog Says:

    I’ts my self

    (H)


  13. Donny Kapahang Says:

    Hmm.. jadi inget sebagai nubie pernah nulisin cara tentang instal ubuntu. Eh malah kebanjiran pertanyaan yang saya ga tau (doeng!), tapi malah jadi belajar banyak juga dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

    …masih belajar menjadi diri sendiri di blog :)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Itu yang kadang malah bikin susah ya. Emang jadi diri sendiri itu paling enak. Lagian uda hidup di dunia maya, kenapa ga sekalian jujur ma diri sendiri aja, kan kita bisa dapat opini tentang diri kita tanpa harus malu karena tidak bertemu setiap hari dengan si pemberi opini tersebut :)
    ===


  14. rois Says:

    wah bener baget tuh dalam nge-blog harus jadi diri sendiri kalo gak, gak bakalan dapet feel-nya! jadi, nge-bloglah dengan feel.

    ===
    Jawaban Gnupi
    Kesannya jadi kaya iklan rokok yach :D
    ===


  15. AgusNaim Says:

    (Y) mantaph banget Mas, emang kita harus jadi diri sendiri jika pengen bisa menikmati indahnya blogging (G)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Berhubung saya blogger matre, ditambahin dikit mas. Kita harus jadi diri sendiri dan sukses menikmati earning online jika pengen bisa menikmati indahnya blogging :p
    ===


  16. Cinta Says:

    Ah, akhirnya aku punya ide (I) topcer untuk blog aku ini, nih (Y) ! Thank’s, ya! E, tapi gimana caranya untuk memunculkan gambar-gambar comment itu? :-S Mau donk, aku masukkan pada blog akyu! (O)
    ====
    Jawaban Gnupi
    Gambar-gambar smiley itu menggunakan plugin wordpress smiley Cinta :)
    Jadi sepertinya ga bisa diterapin di blog wordpress.com kecuali kalo wordpress.com-nya nyediain plugin itu di blog engine mereka :D
    Selamat membuat artikel blog yang topcer ;)
    ===


  17. munawar am Says:

    kalau harus menjadi diri sendiri saya rasa, saya sendiri agak sulit Mas. Saya kok lebih pada memegangi konsep intertekstualitas; artinya, ada keaslinghubungan antara tesk yang satu dengan teks yang lain; di antara keduanya biasanya ada ide baru yang muncul; begitu.

    ===
    Jawaban Gnupi
    Ternyata menjadi diri sendiri itu susah yach :)
    Kalo saya pribadi sih menganggap bahwa kesusahan itu adalah tantangan untuk menjadikan diri kita sebaik apa yang kita tuliskan di blog. Intinya, semisal kita menulis sebuah tutorial, maka pastikan kita benar-benar tahu dan memiliki pengalaman sesuai dengan artikel tutorial yang kita sampaikan di blog. Dengan begitu diri ini bisa berkembang bersama blog kita. Sekedar pandangan personal saya sih :D
    Makanya di blog ini tidak pernah ditemukan artikel SEO tingkat tinggi.. karena ilmu SEO saya baru sebatas tingkat TK :D
    ===


  18. zee Says:

    Bener itu mas. Klo ga jadi diri sendiri akan susah utk buat postingan yang bagus. :-)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Yup2.. untuk bisa bagus ga perlu jadi orang lain yach :D
    ===


  19. SUGIANA Says:

    Menemukan sebuah ide untuk ditulis juga susah, perlu waktu yang tidak sedikit. Sebuah tulisan yang baik bukan hanya orisinil tapi juga isinya bagus dan up to date. Bagi kita yang baru memulai blogging solusinya adalah tulislah apa yang kita suka dan jangan tulis apa yang tidak kita suka. Suatu saat nanti dengan perjalanan waktu kita pasti dapat temukan diri kita sendiri….
    Salam sukses.
    ——————-
    Sugiana
    Inspirasi dan Peluang Bisnis
    (http://info-peluang-bisnis-internet.blogspot.com)

    ===
    Jawaban Gnupi
    Dalam memulai blogging, menulis apa yang kita suka adalah sebuah langkah awal. Langkah selanjutnya tentu saja kita harus membuat diri kita menyukai hal-hal yang bermanfaat bagi sesama :D
    ===


  20. adhitya Says:

    Ngeblog emang ajang curhat kita, makanya kalo lagi bundet ngga ada ide buat nulis, kita harus kembali jujur pada diri sendiri. Cari Inspirasi dari blog orang lain sampe googling bisa jadi pilihan. Btw tulisannya bagus mas. Sebagai pemula ikut nimbrung deh. Salam kenal ya….

    ===
    Jawaban Gnupi
    Salam kenal juga mas Adhitya :D
    Iya, enak juga kalo curhat lewat blog. Terutama kalo uda banyak temennya. Bisa dapat banyak masukan :D
    ===


  21. kautsar Says:

    betul baget tuh…dari pada copas…tapi cari inspirasinya masih sulit.. ;-(

    ===
    Jawaban Gnupi
    Inspirasi itu bagaikan bulu2 yang bertebangan di pikiran kita, tinggal kita mau menangkap satu-satu yang merangkainya jadi kemoceng atau enggak :D
    ===


  22. anaknakal Says:

    :-$ :-$ :-$ emhh…
    maav saya baru pertama x buat blog.. itu ide2nya bagus juga.. tapi saya boleh nggak minta pendapatnya?? kalo anak seumuran saya nih (18) buat blog tentang situasi di sekitar kita gmn??
    :-$ :-$ :-$


  23. anaknakal Says:

    oh iya,, maksud saya tentang Sex/masalah2 ramaja gitu kakak” sekalian… :-$ :-$ :-$ :-$
    ===
    Jawaban Gnupi
    Bisa-bisa aja sih. Membahas soal sex ataupun masalah remaja memang mengasyikkan. yang penting, kalo bisa bahasannya mampu membawa pembacanya agar bisa berpikir lebih positif yach ;)
    ===


  24. Anda Hobi Membajak Konten Blog? Jangan Marah Bila Pacar Anda Berselingkuh! | Belajar SEO | Tutorial Wordpress Blogger | Cari Uang di Internet | Making Money Online Says:

    [...] hal itu tidak kemudian menyangkal fakta bahwa tidaklah mudah mendapatkan ide dalam membuat sebuah artikel yang layak baca untuk ditampilkan dalam blog tanpa usaha yang cukup. Apalagi bila yang dibajak [...]


  25. iman354 Says:

    tul banget….. harus jadi diri sendiri….Nasehat yg bagus


  26. aliaz Says:

    Cuma orang jujur yg mau jd diri sendiri. Tp yg jujur malah ajur…
    Hemm, sekalipun ajur tetep lebih nyaman dan aman. Kita tidak diliputi rasa bersalah dan bisa bangga dg karya sendiri.
    Halah, tumben aq serius bangetz.

    ===
    Jawaban Gnupi
    Jujur belum tentu ajur kok mbak. Hanya hidup kita jadi lebih menantang aja karena kita ga tergoda sama jalan curang yang menjanjikan kemudahan :D
    ===


  27. AK_47 Says:

    mas mohon bimbingan buat blogger saya dunk :)

    ===
    Jawaban Gnupi
    Bimbingan blogger dalam hal apa yach mas?

    Kalo untuk soal tulis menulis, saya sudah menuliskan beberapa artikel blogging yang terkait dan saya kumpulkan pada kategori ‘Blogging’ yang bisa anda akses di menu navigasi di samping halaman ini :D
    ===


  28. iskandaria Says:

    Ada benarnya juga sih. Tapi idealisme dalam menulis itu juga penting bagi saya, biar kita bisa konsisten memeprtahankan kualitas postingan dalam blog kita. Minimal nggak terkesan asal tulis buat ngejar setoran postingan :)


Silahkan tinggalkan komentar anda di sini

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)