Seluk Beluk Credit Cards di Extra Credit Card

Dulu, saya tidak pernah berpikir bahwa nantinya saya akan membutuhkan sebuah credit card di hidup saya. Berbagai label negatif yang melekat pada pengguna credit card seperti boros, gaya-gayaan, tidak bisa mengatur keuangan, tukang hutang dll membuat saya begitu enggan memiliki benda mungil tersebut di dompet saya.

Namun, begitu saya menggeluti bisnis online yang mengharuskan saya berurusan dengan payment processor yang bernama PayPal, pandangan saya tentang Credit Card benar-benar berubah. Yang ada di pikiran saya saat ini adalah berusaha mendapatkan credit card asli, bukan sekedar Virtual Credit Card untuk keperluan verifikasi PayPal saya.

Karena itu, saya pun menjadi tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana sistem credit card bekerja, dan saya bisa mendapatkan banyak sekali pengetahuan tentang credit card di Extra Credit Cards. Di sana, kita bisa mempelajari penawaran-penawaran credit cards, yang berujung pada pencarian the lowest interest credit cards.

Mata saya juga jadi terbuka dengan berbagai varian penawaran credit card yang ada, sebut saja istilah seperti secured credit cards yang sebelumnya tidak saya ketahui, atau bahkan bagi mereka yang sudah terlanjur memiliki reputasi nasabah credit card yang jelek, anda bisa memperbaikinya melalui penawaran bad credits credit cards yang akan ‘merehabilitasi’ reputasi anda di mata bank penerbit credit cards.

Oya, dan sedikit info bagi yang berencana untuk apply credit card, di Indonesia ada penerbit credit cards yang bisa anda gunakan untuk ber-PayPal ria, yaitu HSBC, Citibank, BCA, Bank Mandiri, BRI dan BNI. Selamat mencoba ;)

18 thoughts on “Seluk Beluk Credit Cards di Extra Credit Card

  1. Berbagai label negatif yang melekat pada pengguna credit card seperti boros, gaya-gayaan, tidak bisa mengatur keuangan, tukang hutang dll membuat saya begitu enggan memiliki benda mungil tersebut di dompet saya.

    < --- stigma ini ditimbulkan oleh pengguna yg tdk tahu how to use credit card. Mana ada orang kaya yg bawa duit cash kemana-2? Paling bawa 50rb utk parkir klo lg di tengah kota. Hehehe... === Jawaban Gnupi Yach, sebetulnya yang salah juga marketing kartu kreditnya Mbak Zee, bagi mereka yang penting dapat nasabah baru dan cenderung tidak memperdulikan apakah mereka itu benar2 tahu cara menggunakan kartu kredit sebagai sebuah alat pembayaran, bukannya sarana berhutang :D
    ===

  2. Huehuehuehu…… credit card emang buruk sebenernya. Namanya saja kredit. Hihihihi….. sekedar meluruskan kata-kata Zee di atas, orang kaya karena ia menggunting credit card-nya. Hm… tapi ga juga sih (dasar bocah plin-plan). Utang ga papa, asal utang baik. Klo utang buruk harusnya dihindari. Huehuehuehue…… < --- ilmu setelah belajar dari Om Robert T. Kiyosaki. Hm... saya juga berubah pandangan setelah kenal paypal mas. Wkwkwkkwkwk....... hm, klo ada info mengenai credit card, di share di sini dunk. Saya juga mau belajar... huehuehuehue...... === Jawaban Gnupi Wah.. semoga silang pendapat tidak sampai menciptakan perang di sini :p
    Yach.. sebetulnya yang mbak Zee utarakan itu adalah tentang kartu kredit sebagai alat pembayaran Lam. Bukan sarana berhutang. Soalnya, kalo kamu jalan2 di amerika n bawa uang lebih dari $100 bisa berurusan sama polisi lho (ini kejadian 15 tahun yang lalu, saya tidak tahu sekarang peraturannya sudah berubah atau belum). Mau nginep di hotel juga harus pake credit card, atau minimal traveller's cheque.

    Yup2.. kalo ada info mengenai kartu kredit nanti akan di share di sini ;)
    ===

  3. saya pakai CC danamon waktu verify PP

    ===
    Jawaban Gnupi
    sebenernya asal pake kartu kredit berlogo VISA dan memungkinkan untuk transaksi internasional, pastinya bisa digunakan untuk verifikasi PayPal. Nah, keenam bank diatas adalah bank yang sudah sering digunakan oleh orang-orang untuk verifikasi dengan kartu kredit karena uda ada kerja sama katanya. Terima kasih infonya :)
    ===

  4. bukannya sudah bisa langsung ke BCA atau bank lainnya mas, meskipun potongan yang diberikan lumayan juga sih, apa jika menggunakan CC itu tidak ada potongannya yah mas? mohon infonya.. tanks :)
    ===
    Jawaban Gnupi
    BCA uda bisa untuk verifikasi tho? Dulu saya pake Niaga untuk verifikasi, beberapa bulan kemudian sudah tidak bisa lagi kata banyak blogger. Verifikasi kan cuma ngambil $2 dari tabungan / kartu kredit kita, nah, tergantung tiap bank kira2 transaksi semacam itu rate mereka berapa :) Kalo untuk withdrawal, memang sudah bisa dari banyak bank :D
    ===

  5. apakah kita harus bayar lagi klo membuat kredit kard ya mas. tapi make payoneer card boleh juga kan?

    ===
    Jawaban Gnupi

    Bayar apa yach? Kalo bikin kartu kredit memang ada biaya tahunannya. Kadang ada biaya registrasinya juga. Iya, pake Payoneer bisa kok mas untuk PayPal :)
    ===

  6. lam kenal,

    iya ni perlu sekali cc buat bisnis di inet….makanya lg apply….tp dishare dunk biar bisa cepet withdraw… :-)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Bisnis online memang memaksa kita memiliki kartu kredit yach terkadang :)
    Biar bisa cepet withdraw yach diurus bener2 aja blognya. Nanti monetisasinya akan berjalan dengan sendirinya ;)
    ===

  7. Iya mas, dulunya saya juga ga mau tuh hidupnya ada credit card -sama sekali!-

    Ternyata setelah berkenalan dengan paypal juga jadi berubah.. ternyata bisa kita memakai CC sebagai “kredit baik” yang malah bisa nambah aset kita, dan bukannya malah “menjebak” kita.

    Tapi ya itu tadi, kalo kita tau cara “make”nya, hehehe :-P Saya sih blum tau, jadi ga berani make, Hihihi..

    ===
    Jawaban Gnupi
    Saya tahu cara menggunakan kartu kredit dengan benar.. Tapi ya.. biasanya godaan selalu menghampiri hehehe :)
    ===

  8. He..he.. hati-hati lho klo di dompet udah ada CC.
    Maunya belanja mulu. Musti bs jaga mata klo dah pny CC. :D
    ===
    Jawaban Gnupi
    Maka dari itu, kartu kredit sebaiknya ditinggal dirumah kalo pengeluaran uda over budget ;)
    ===

  9. semoga taun ini aku punya cc…. (Y)(Y)(Y) semoga taun ini aku jadi kaya….wkwkwk..aminnn… dan moga kita makin kaya ia bang…:)

    ===
    Jawaban Gnupi
    amin.. semoga rizoa bisa segera memiliki kartu kredit dan kita semua makin sukses & kaya dunia akhirat yach ;)
    ===

  10. Hii..hii…., akhirnya “tempurung”-nya terbuka… :-D
    Banyak orang yang sering mengalami hal sama, termasuk saya. Mangkanya kudu terbuka termasuk pada hal-hal yang dikesankan negatif. Tergantung kitanya aja…. (Y)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Yach.. masih ga bisa menutup mata sih dari orang-orang yang hidupnya jadi ribet karena over kredit :D
    ===

  11. kalau saya sudah lama ingin memiliki kartu kredit, tp pertimbangan sayaa hanya untuk berjaga2 disaat2 mendesak. tapi sayang aplikasi saya selalu ditolak pihak bank

    ===
    Jawaban Gnupi
    Setuju.. kadang itu marketing kartu kredit cuma ngabisin waktu kita aja buat isi formulir hanya untuk kemudian ditolak pas verifikasi :(
    ===

  12. CC asal bukan dianggap sebagai dana tambahan ga bakalan berbahaya. Seringnya dianggap sebagai dana tambahan, maka nya bisa terjebak. Lalu, jangan sampe ngutang atau bayar minimum, interestnya lumayan besar.

    Kalo mau sampe nyicil, pake cara fix installment, seperti program easy pay dari citibank.

    ===
    Jawaban Gnupi
    Setuju, kartu kredit hanyalah sebuah ‘alat pembayaran’ bukan ‘dana tambahan’ ;)
    Kalo bisa sih saya pengen kartu kredit yang limitnya 500rb aja. Lagian untuk belanja lebih sering pake Debit Card sih :D
    ===

  13. Kalau cc grtis gmn ? Kya’ di friendfinder. Tu !

    ===
    Jawaban Gnupi
    Wah.. saya belum pernah pake kartu kredit gratis mas. Jadi ga bisa komentar :D
    ===

  14. mas jelasin lebih lanjut lagi donk mengenai ini, saya benar2 tertarik ama info ini.

    apa kredit cardnya udah kita bisa gunakan transaksi online?

    terus berapa biaya registrasinya dan pertahunnya?

    rencananya saya gunakan hanya untuk transaksi online aja, terkadang pada waktu registrasi kayak paypal, ebay, dsb butuh verifikasi credit card.

    ===
    Jawaban Gnupi
    Kartu kredit bisa digunakan pada partner dari jaringan yang dimiliki kartu kredit itu, semisal Mastercard, Visa dll.

    Kartu kredit juga bisa digunakan untuk mengisi dana PayPal kita mas Famdy :D
    biaya tahunan kartu kredit bermacam, BCA pertahun mulai 75ribu, Citibank mulai 150ribu. Kalo soal biaya registrasinya, jujur saya lupa hihihi :D
    ===

  15. Kayaknya, aku masih belum berani apply credit card, sebenernya udah ada dana beberapa dolar sih di PP. dan PP-ku juga lagi belum verified, tapi aku mau coba dengan VCC. gimana menurut kamu pren?

    ===
    Jawaban Gnupi
    Pake VCC oke juga kok Pak, cuma kalo suatu saat harus verifikasi kartu kredit fisik-nya agak repot. ;)
    ===

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&amp;) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)