Menyalakan (kembali) Gairah Blogging

Apa kabar semuanya? sudah terlalu lama rasanya blog ini tidak di update. Kebetulan memang gairah blogging saya (terutama blogging dalam bahasa Indonesia) berada pada titik terendahnya 3 bulan kemaren. Untuk itu, tidak bosan-bosannya saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf kepada semua teman-teman yang sudah sudi datang ke blog belajar SEO ini walaupun belum ada blog post baru.

Walaupun dulu saya pernah membuat artikel mengenai hambatan dalam blogging, akan tetapi yang menyebabkan gairah blogging saya menurun bukanlah salah satu dari hal-hal yang diuraikan di sana. Akan tetapi karena belakangan ini saya terlalu berfokus pada hal-hal yang menghilangkan gairah saya untuk terus blogging. Beberapa masalah pribadi yang membuat perasaan tidak nyaman, berulang kali menemukan artikel saya (yang walaupun jelek-jelek gitu dibuat dengan susah payah) dibajak tanpa ijin, dan hal-hal tidak menyenangkan lainnya. Bila anda pernah mendengar bahwa blogging dari hati adalah teknik terbaik dalam menciptakan artikel blog yang bagus, maka saya menemui bahwa ketika hati sang blogger tidak fit, maka mutu artikel blog pun merosot tajam, setidaknya itu yang saya alami 3 bulan ini :D

Namun, setelah lama tidak menjalani rutinitas di blog belajar SEO ini, saya jadi kangen dengan apa yang saya dapatkan dulu ketika blogging di blog ini. Dan rasa kangen itu menuntun saya untuk menemukan kembali apa yang membuat saya bergairah dalam blogging. Yach.. untuk saya pribadi, yang bisa menyalakan gairah blogging saya hanya 2 hal, yaitu kehangatan pertemanan yang tulus dari teman-teman blogger yang sangat luar biasa, dan parameter ukur pembelajaran pribadi saya.

Mungkin, bagi blogger lain, mereka memiliki hal yang berbeda untuk menyalakan gairah bloggingnya. Namun pada intinya, bila kita ingin bisa terus berkarya melalui artikel-artikel dari blog yang kita bangun, maka sebaiknya kita hindari hal-hal yang cenderung membuat mood kita turun, dan berfokus pada hal-hal positif yang membuat kita lebih bersemangat menjalani apa yang kita kerjakan.

Terima kasih pada bang Zal yang sudah menjadi teman berbagi cerita, mas Ecko yang sering menyentil saya ketika saya vakum dan mas Iskandaria yang dalam salah satu artikelnya turut mendoakan agar saya bisa aktif blogging lagi.

15 thoughts on “Menyalakan (kembali) Gairah Blogging

  1. wakh semangat dong kang…jangan loyo…..aku akan sering main disini kok

    ===
    Jawaban Gnupi
    wah.. makasih banyak uda sudi maen2 ke blog ini :D
    ===

  2. pertamax n welkombek mas ipung (*)

    ===
    Jawaban Gnupi
    Terima kasih mas Yudi :D
    eniwei.. kok twitternya sepi-sepi aja mas Yudi?

    ===

  3. Wah, ternyata mas ipung diam-diam udah baca artikel review saya tentang 5 blog paling berjasa dan paling menginspirasi :-)
    Met kembali ngeblog lagi deh mas. Kadang semangat dan mood emang menurun drastis. Itu biasa juga saya alami pada saat tertentu kok. Wajar banget. Dan artikel saya juga gak luput dari bajakan tuh. Tapi udah resiko kayaknya…hehehe. Yang penting tetap berkarya aja deh dengan ketulusan. Amin.

    ===
    Jawaban Gnupi
    Iya mas Iskandar… karena koneksi saya emang ga bisa komentar di Blogspot embedded comment form, jadinya saya ga komentar di artikel tersebut. Terima kasih ya mas :)
    ====

  4. Jikalau begitu, saya menunggu artikel selanjutnya tentang SEO tahap lanjut. :D
    ===
    Jawaban Gnupi
    Kalo ada ilmu baru tentang SEO ya mas Ganda.. saya juga masih belajar nih :D
    ===

  5. Welcome back bro ipung..jangan keasikan maen FB makanya..blog jadi terbengkalai deh..hehehe

    ===
    Jawaban Gnupi
    Hehehe.. Facebook bukan penyebabnya mas Septian.. tapi karena gairah menulisnya yang hilang.. kalo spamming index Google sih tetep jalan dengan lancar hahaha :P
    ===

  6. Welcome back bang ipung……

    ===
    Jawaban Gnupi

    Makasih Dinda.. makin hidup aja nih blognya Dinda… two thumbs up.. terus semangat yach :)
    ====

  7. Dah lama banget ga posting ya mas, keenakan maen FB neh keknya. Semoga bisa nge-blog dan bikin posting yang bermanfaat lagi. :-)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Bukan keenakan maen FB kok mas Putra.. yang inggris tetep dijalanin.. tapi saya bener2 kehilangan gairah menulis dengan hati di blog ini.. :)
    ====

  8. ayo semangat lagi. berbagi ilmu dengan yang lain.

    ===
    Jawaban Gnupi
    Amin.. semoga bisa lekas kembali belajar n berbagi ilmu yang bermanfaat dengan teman2 sekalian :D
    ====

  9. selamat ngeblog kembali bang… makanya saya juga lebih banyak posting tentang hal-hal yang ga jelas hanya sekedar untuk membangkitkan nafsu blogging gituh..
    *semoga saya bukan termasuk yang njiplak artikel abang :-D *

    ====
    Jawaban Gnupi
    Sepertinya saya juga akan menempuh jalan itu Mas Agus.. tapi saya usahakan (walau tidak janji) untuk tetep in the track sama tagline blog SEO ini :P
    ====

  10. Akhirnya..

    Selamat ngeblog lg mas Ipung.
    Ditunggu2 lho pelajaran SEOnya.

    Salam.

    ===
    Jawaban
    Terima kasih mas Abbie. Saya ga janji posting artikel SEO baru yach.. soalnya ilmu SEO saya juga ga ada yang baru sepertinya :P
    ===

  11. woohoo… yeah… welcome back bro!!!! :-D

    *bersiap-siap membaca artikel keren mendatang di gnupi.com*

    NB: sekedar info ga penting, saya balik lagi ke spidi.. now with paket unlimited, hehe.. gairah online pun bangkit kembali :)

  12. salam kenal.
    wah ternyata empunya blog yang bagus ini lagi kurang ide nih buat nulis. memang terkadang kita butuh waktu untuk me-refresh kembali alam berpikir kita, sehingga hal hal yang baru bisa muncul dan membangkitkan gairah menulis.
    blog yang bagus, senang bisa menemukan blog sebagus ini. khususnya tips SEO nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)