Meningkatkan Traffic Blog dengan Komentar

Aktivitas blogwalking dan memberikan komentar memang tidak diragukan lagi sebagai cara yang ampuh dan termudah untuk meningkatkan traffic blog. Akan tetapi, bila dilakukan asal-asalan, hasil yang akan didapat tidaklah maksimal, padahal kegiatan blogwalking adalah kegiatan yang cukup memakan banyak waktu online kita. Dalam artikel kali ini kita akan membahas cara memaksimalkan kegiatan blogwalking dan memberi komentar dalam rangka menaikkan trafik ke blog anda berdasarkan penelitian pribadi pengalaman saya selama 5 bulan blogging di blog belajar SEO ini. Tentunya, hal ini akan lebih maksimal jika sebelumnya anda sudah berusaha mengisi blog anda dengan artikel-artikel terbaik sebisa anda :)

Dari sisi komentar kita, beberapa karakteristik komentar yang dapat meningkatkan traffic adalah sebagai berikut

Komentar yang relevan dengan topiknya

Komentar yang relevan dengan topik di halaman tersebut akan mendapat perhatian lebih dari pengunjung lain. Karena pengunjung blog seringkali mengkonfirmasi isi artikel blog dengan komentar-komentar yang ada di halaman tersebut. Semakin relevan komentar anda, maka akan semakin besar kemungkinan pengunjung blog tersebut untuk terkonversi menjadi traffic ke blog anda karena terkesan dengan komentar anda.

Komentar yang Bersahabat dan Akrab

Komentar dengan nada yang bersahabat dan akrab dengan pemilik blognya akan memberi kesan positif pada diri anda. Dan seringkali, pengunjung akan tertarik untuk mengunjungi blog anda juga. Pastikan, sebelum melakukan komentar sejenis ini, anda membaca halaman about me dari blog yang anda komentari, dan jangan bersikap sok kenal pada kesempatan pertama berkomentar di blog tersebut.

Komentar yang dibalas oleh pemilik Blog

Komentar yang dibalas oleh pemilik blog, terutama dengan balasan yang bukan sekedar basa-basi akan menimbulkan rasa ingin tahu dari pengunjung blog lain yang belum mengenal anda, sehingga komentar tersebut akan meningkatkan traffic blog anda. Tentunya, untuk mendapatkan balasan yang positif, anda harus berkomentar secara positif juga, dan jangan melakukan fast read ;)

Komentar yang agak kontradiksi dengan isi Artikel

Komentar yang bersifat kontradiktif dengan isi artikel, asalkan dipaparkan dengan alasan yang rasional, tidak emosi dengan tetap menjunjung tinggi penghargaan terhadap perbedaan pendapat akan sangat menarik untuk dikunjungi blognya. Namun, bila anda lepas kontrol dalam berkomentar atau terkesan merendahkan, maka bersiaplah mendapat peningkatan trafik sesaat dari blogger lain yang membalas cemoohan anda di blog tersebut, terutama bagi blog yang sudah punya banyak penggemar :)

Dari sisi blog yang dikunjungi, peningkatan traffic blog akan sangat dirasakan apabila blog yang kita kunjungi memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut :

Blog yang Bloggernya rajin Blogwalking

Blog yang pemiliknya rajin blogwalking, tentunya akan memiliki jaringan pertemanan dengan blogger lain yang akan membalas kunjungan pemilik blog tersebut. Sehingga komentar anda akan dapat terlihat oleh lebih banyak blogger lain yang mungkin belum anda kenal dan tertarik untuk mengunjungi blog anda.

Blog yang teroptimasi secara SEO

Blog yang SEO friendly memiliki kesempatan untuk mendapat lebih banyak pengunjung acak dari Search Engine, sehingga komentar anda akan lebih banyak terlihat oleh para pencari informasi yang dikirim oleh Google ke blog tersebut. Jika komentar anda dirasa cukup relevan dengan topik di halaman tersebut, besar kemungkinan si pencari informasi tersebut juga akan terkonversi menjadi traffic ke blog anda. Cara paling gampang untuk melihat apakah sebuah blog itu SEO friendly atau tidak adalah dari aktualitas isi artikel dan relevansi antara isi dan judul artikel, selain tentunya banyak faktor SEO lain yang berpengaruh.

Blog yang Bloggernya menjawab Komentar dari Komentatornya

Untuk hal ini, sudah dijelaskan dengan detil di atas :)

Demikianlah hasil pengamatan saya selama 5 bulan ngeblog, bisa jadi apa yang saya paparkan di atas belumlah lengkap, atau kontradiktif dengan pendapat anda. Silahkan isi kolom komentar yang tersedia, siapa tahu bisa terkonversi jadi trafik blog anda :D

78 thoughts on “Meningkatkan Traffic Blog dengan Komentar

  1. @iaMz
    Keren apanya nih?

    @gadis
    iya.. itung-itung nitipin link ke blog kita ya :)

    @zulfan
    Ada mas.. Membangun SEO yang bagus di tiap artikel :)

    @achiles
    Salam kenal juga :D
    Terima kasih sudah mampir (b)

  2. ok deh, belajar dulu.
    Trus mo nanya, utk tampilan yg di pojok kanan atas (yg nampilin artikel terbaru, komentar terbaru, arsip) itu pake plugin apa yah ?? maklum, msh newbie nih…

  3. @Zulfan
    Oh.. itu sih bawaan themes WordPress ini mas. Dibuat pake kode javascript tabber.js (untuk efek tab-nya) dan fungsi php generik yang uda built in di dalam WordPress untuk mengambil data-data seperti artikel terbaru, komentar terbaru dan Arsip :)

  4. memang, pertama-tama kita harus punya blog yang menarik dulu, baru setelah itu rajin berkunjung dan mengundang teman agar mau mengunjungi kita

  5. Yap..bener apa yang mas bilang. Blog saya kan baru, saya coba ngasih comment ma jalan-2 ke blogger yang lain. Eh, mereka balas datang mengunjungi blog saya.
    Semakin banyak teman juga kan?
    (Y)

  6. @joe
    Begitulah.. kita memang harus memikirkan cara membuat artikel yang baik dan cocok di blog kita, bila kita mau memanjakan pengunjung blog kita :)

  7. (Y) Setuju, memberikan komentar itu juga membangun sebuah kredibilitas. Diberikan kesempatan berkomentar kan maksudnya untuk saling bertukar pikiran, bukan hanya : ooo gini to… he he he :-)

  8. @nitta
    saya juga bingung kalo ada yang cuma komentar gitu.. mau ga dibales, kok kesannya pilih kasih.. kalo dibales, saya yang bingung mau bilang apa :)

  9. salam kenal ya…
    saya lagi belajar n berusaha menaikkan traffic blog saya nih
    makasih atas infonya ya…

    regards,
    Dipa

  10. @Dipa
    Salam kenal juga. Terima kasih sudah mampir :)

    @damanik
    Terima kasih, semoga tips meningkatkan trafiknya bermanfaat :)

    @lukman hermawan
    Hehehe.. semoga hasilnya memuaskan :D

  11. Pingback: Tutorial SEO - Tips SEO - Investasi Traffic Blog dengan Keyword Bugil, Telanjang dan Porno | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  12. salam kenal untuk semua blogger…
    salut untuk blogger-blogger indonesia yang selalu rajin kasih tips yang berguna.
    maju terus pantang mundur !!!!
    (H)

  13. @Dewa
    Sama-sama, senang bila bisa bermanfaat. Semoga tips meningkatkan traffic blognya bisa bermanfaat :)

    @linkz
    Semoga bisa terus maju ya. Salam kenal juga :)

  14. salam kenal ya pung…(sama nih namanya :-P )
    biasanya sih artikel yang banyak dikomentari adalah artikel yang kontroversial, kalo artikel yg biasa2 aja kayaknya pd males dikomentari deh (D)
    oya smileys koment-nya pake plugin apa ya ? :-P
    =======
    Jawaban Gnupi
    Salam kenal juga (b) Uhm.. soal komentar di blog kita, itu ga saya jadiin patokan kok. Yang penting ngeblog terus, Alexa naik, itu uda cukup :D
    Tapi bila saya berkomentar di blog lain, biasanya adalah karena alasan pertemanan, bukan traffic semata. Untuk traffic sih, saya masih mengandalkan SEO :)
    =======

  15. salam kenal mas :-)
    menurut saya blogwalking itu perlu banget dilakuin, cm kadang saya suka bingung kalo comment di postingan yg saya kurang ngerti. ujung2nya ya gitu :-D

    makasih tipsnya berguna sekali (Y)

  16. Mas atau apa saya memanggil nya, saya tdk menggunakan SEO tp hanya mengandal kan backlink apakah pagerank saya bs naik ?…sebelum nya terimakasih bnyk atas info SEO nya.. Mungkin saya akan menerapkan teori SEO yg mas ajarkan :)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Soal PageRank itu merupakan hal yang rumit. Lebih bisa dibilang sebagai sesuatu yang sifatnya random, sangat sulit untuk ditebak. Karena selain kuantitas, mereka juga memperhitungkan kualitas backlink juga. Jadi saya lebih menitik beratkan SEO untuk meningkatkan traffic dari blog.

    ===

  17. Pingback: Mengapa Kita Ingin Memiliki Pengunjung Blog yang Ramai dan Bertrafik Tinggi? | Belajar SEO | Tutorial Wordpress Blogger | Cari Uang di Internet | Making Money Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)