Kenaikan Google PageRank

Google memang selalu penuh kejutan, rasanya belum lama sejak terakhir update pagerank Google, ternyata update pagerank sudah dilaksanakan lagi. Syukurlah blog SEO ini mengalami kenaikan walaupun hanya satu peringkat (dari 1 ke 2), padahal lebih dari satu bulan blog ini ditelantarkan, ditambah lagi satu minggu kemarin komputer saya terpaksa di-“rawat inap”-kan karena kelelahan saya ajak melakukan keyword researches dan extreme updating (atau lebih tepatnya update asal-asalan ya :D ) untuk membayar kekosongan aktivitas blogging di beberapa blog saya yang lain selama sebulan penuh.

Kebetulan saya baru menyadari kenaikan pagerank Google ini semalam melalui Add-on Mozilla Search Status. Berhubung Add-on tersebut sering error dalam menampilkan pagerank blog atau situs kita, maka saya juga melakukan pengecekan di beberapa layanan penampil PageRank Google. Ternyata memang benar, blog ini sekarang ber-PR 2 :D

Sayangnya, beberapa blog teman-teman blogger Gnupi malah ada yang ditampar oleh Google dan menjadi ber-PR 0. Mengenai penyebab penurunan pagerank tersebut, seringkali dakwaan ditujukan pada konten paid review yang ada di blog tersebut. Padahal, tidak sedikit blog yang banyak konten paid review-nya, tapi tetap mendapatkan kenaikan Google pagerank di blog mereka. Selain konten paid reviews, Mbak Ika juga berhipotesis bahwa penyebab penurunan Google PageRank-nya juga berkaitan dengan pemasangan banner Freebies yang belum lama ini booming di kalangan para money bloggers.

Soal benar atau tidak, kita hanya dapat menebak-nebak saja. Karena algoritma penghitungan PageRank saat ini masih menjadi misteri. Bahkan, jika ada yang pernah mencoba layanan tools online yang bisa memprediksi Google Pagerank, maka mungkin anda akan menyadari bahwa tingkat akurasi dari script Google Pagerank predictor tersebut seringkali meleset.

Yang jelas, semakin kita mengejar PageRank, semakin besar kemungkinan kita untuk dikecewakan. Kalo untuk saya pribadi, saya lebih senang meningkatkan traffic (menggunakan keyword SEO) ketimbang mengejar kenaikan PageRank yang seringkali tidak jelas ‘keinginan’-nya :)

But it’s always your choice to make over pagerank or traffic :)

*bener ga ya bahasa inggrisnya* hehehe :)

34 thoughts on “Kenaikan Google PageRank

  1. Saya beli domain PR4 awal bulan lalu, baru mau dirumat supaya keindex Google dan punya backlink plus trafik biar keterima situs paid review, eh koq malah update kemarin turun jadi PR3. Apes! Untung cuma turun satu tingkat ya. :))

    Btw, met lebaran, Bro.
    Mohon maaf lahir dan batin.

  2. @jimmy
    Terima kasih mas Jimmy, selamat juga PR-nya kembali jadi 2 (y)

    Bener kata mas Jimmy. Pendapatan internet melalui PPC bisa dibilang passive income ketimbang Paid Review.. walau butuh waktu usaha dan ketekunan untuk bikin Google SERP-nya bagus :)

    @tukang sapu radio
    Hadiah diterima dengan baik dan penuh rasa syukur ;)

    Terima kasih sudah mampir (b)

    @Badoer
    Wah.. $$$-nya bakal lancar nih mas Badoer :)

    @Ecko
    Iya mas.. dinikmati aja apa yang kita punya sekarang.. ayo kita usahakan lebih baik lagi kedepannya :)

    Met lebaran juga mas Ecko.. Mohon maaf lahir dan Bathin :)

  3. Iya page rank udah banyak yang ngeluhkan sekarang lebih baik pake alexa.
    o iya mumpung waktu baik:
    minal aidzin wal faidzin ya….

  4. wah makasih trekbek na :D .. btw iya neh gara2 ditampar mbah gugel dan berhubung blog saya cuman ada dua yang buat ripiu jadinya mau fokus ppc lagi.. sebelum kenal paid review udah lumayan dari ppc walau recehan.. abis kenal pait ripiu ppc jadi kurang dapat perhatian sayah.. mau konsen ppc lagi ah.. tapi ga tau deh ma adsense, masih berjuang terus neh..

  5. @Albri
    Sebetulnya ga perlu ngeluh juga sih.. orang kita ga bayar apa-apa ke Google :)
    Pokoknya tetep blogging n konsen ke reader aja sambil nerapin SEO keyword sedikit, pagerank dan traffic mengikuti nantinya :D

    @Leo
    Syukurlah kalo masih ada yang pagerank-nya meningkat. Saya juga begitu, ada yang naik, ada yang tetep :)

    Terima kasih sudah mampir (b)

    @malapu
    hehehe.. mantap nih naiknya blog punya Dion (y)
    Sukses terus dengan paid review-nya :)

    @Ika
    Sama-sama berjuang yuk mbak :)

  6. @thegands
    Wah.. selamat bro.. cuma kalo di wordpress.com, PR tinggi juga susah dijadiin duit ya bro.. cuma bisa dipake buat naikin PR aja :D

  7. @tyas
    Amin Mbak Tyas :D
    Selamat ya mbak atas kenaikan Google Pagerank-nya :D

    @uncle bob
    1 juga cukup lumayan Paman. Saya punya beberapa blog ga keurus yang stabil di Google Pagerank 0 :D

    @orica
    berarti blognya cukup populer meskipun baru 2 bulan. Selamat ya :D

    @jakurin
    Bisa aja.. dengan catatan artikel copas-nya tidak tersaring spam filter-nya Google :D

  8. Pingback: SEO untuk Wordpress | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  9. bener banget jangan pikirin masalah PR, biar google yang ngatur. Urus aja blog sebaik mungkin nanti juga kena imbas kenaikan PR.

  10. Pingback: Tips SEO : 5 Pertanyaan untuk Mengoptimasi SEO Blog Anda | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  11. congratulation alias selamat kepada gnupi atas kenaikan page rank-nya.
    bener ga ya kalau page rank tinggi tidak selalu dalam urutan pertama dalam search engine khususnya google sebagai search engine yang paling banyak pemakainya?
    maklumlah anak sma belum banyak makan garam jadi jangan disalahkan kalau bertanya yaaaa agar indonesia bisa lebih maju. hidup indonesia :-D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)