Mendapatkan uang dari Blog/Web Anda

Sebelum saya mengenal cara memonetisasi web, saya selalu membenci iklan-iklan yang ada di halaman web yang saya kunjungi, karena seringkali mereka menawarkan barang-barang untuk dibeli, sedangkan kita hanya sedang mencari informasi. Baru sekitar awal tahun 2006, saya baru mengenal cara-cara mendapatkan penghasilan dari web kita, dan pandangan saya tentang iklan di web berubah 180 derajat “lebay amat ya* :D

Sayangnya, dulu saya tidak tahu kata kunci untuk mencari informasi yang relevan guna mencari uang dengan web/blog, saking ga ngehnya daftar Adsense aja berkali-kali ditolak. Berbeda sekali dengan sekarang, dimana sudah banyak sekali blog yang memuat informasi tersebut :)

Sebagai sebuah media, blog dan web yang berisi informasi bisa dijadikan penghasil uang dengan menempatkan iklan di blog/web itu. Jadi, ga harus jualan barang kita sendiri, karena tugas kita hanyalah mendatangkan pengunjung untuk melihat (dan kalau bisa ngeklik) iklan dari jaringan iklan (ad network) yang kita pasang di web kita.

Perkembangan media iklan di web/blogjuga sudah cukup mengalami banyak kemajuan dibanding dulu, jadi ga melulu berbentuk iklan baris atau banner, tapi ada juga link dan buzz media. Sebelum artikel ini bikin anda lebih bingung (baca: bosan), yuk kita lihat satu satu metode dan istilah-istilah yang bakal sering kita temui bila kita ingin menguangkan blog kita.

CPC
CPC merupakan singkatan dari Cost Per Click, yang berarti bahwa anda akan dibayar jika iklan yang anda pasang di blog anda di klik oleh pengunjung anda. Jumlah uang yang dibayarkan kepada anda untuk tiap kliknya akan bervariasi untuk tiap-tiap ad network dan keyword untuk iklan tersebut. Contoh program iklan CPC adalah Google Adsense, Text Ads-nya AdBrite, Chitika dan BidVertiser.

CPM
CPM memiliki kepanjangan Cost Per Metrics. Sering juga dikatakan sebagai iklan berbasis impresi. Iklan yang menggunakan metode ini akan membayar anda untuk memunculkan iklan mereka, dan tarifnya dihitung untuk tiap 1000 penampilan/impresi. Salah satu program iklan yang menggunakan metode ini adalah image ads-nya AdBrite.

Link Ads
Link Ads adalah program iklan yang membayar anda untuk menempatkan link ke situs lain. Program ke situs ini tidaklah terlalu merepotkan, tidak memakan tempat di web anda. Anda cukup fokus membangun blog atau situs anda serta mengoptimasinya secara SEO agar blog kita bisa memiliki PageRank yang cukup untuk diterima oleh link broker seperti Text Link Ads, Backlinks dsb. Anda juga bisa menjual link ke situs anda sendiri jika situs anda sudah cukup dikenal dan berPR tinggi.

Referral / Affiliate
Mendapatkan uang dengan sistem referral dan Affiliate bisa jadi tantangan tersendiri bagi para blogger / webmaster. Karena kita baru akan dibayar jika kita mereferensikan pelanggan untuk menggunakan jasa atau membeli produk dari sebuah perusahaan. Hal ini sedikit membutuhkan kemampuan marketing jika barang atau jasa yang anda referensikan cukup mahal.

Buzz Media / Paid Review
Program paid review merupakan program yang cukup digemari belakangan ini. Hal ini dikarenakan kemudahan dan pembayaran yang cukup cepat. Anda akan dibayar untuk membuat artikel yang merujuk kepada sebuah situs, layanan atau produk yang dijual oleh orang lain. Bahkan blog berPR 0 bisa mengikuti program paid review ini. Hanya saja, blog anda biasanya akan sepi order kecuali blog anda memiliki kelebihan dari segi yang lain seperti traffic yang tinggi atau link ke situs anda cukup populer.

Setelah membaca uraian di atas, mungkin anda akan mulai bertanya

Pilih yang mana ya? :S

Untuk menentukan pilihan yang tepat, kita sesuaikan saja dengan keadaan blog yang kita miliki. Semisal kita memiliki situs yang cukup banyak pengunjungnya dan sudah mencoba untuk memasang iklan berbasis CPC, tapi pengunjung tidak ada yang mau ngeklik iklan kita (biasanya terjadi pada blog yang temanya tidak spesifik), berarti lebih baik kita mengandalkan iklan CPM.
Namun jika anda sudah lama menjalankan blog anda, dan penghasilan iklan CPC dan CPM anda tidak memuaskan. Saya rasa anda harus mulai mengoptimasi web anda secara SEO sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan dari blog anda melalui paid review dan Link Ads. Kalo untuk referral, itu sangat dipengaruhi kemampuan marketing anda dan daya tarik dari produk itu sendiri.

Selamat mencoba :)


46 thoughts on “Mendapatkan uang dari Blog/Web Anda

  1. blog bukan hanya sekedar mencari uang tapi bisa sebagai long tail. gue kedepan mo bagi2 web template gratisan dan yg pada akhirnya mo jualan web template setelah traffic meningkat :D

  2. @anggi

    Bikin blog ga harus buat cari uang kok, beberapa blogku juga just for fun 8)

    Wii.. asyik.. ditunggu web template gratisannya ;)

    Terima kasih sudah mampir (b)

  3. @dino

    AdBrite bisa.. ga ada larangannya..
    cm kdg servernya agak lambat menurut saya.. bikin load halaman agak ikutan lambat juga.. kalo bisa ditaruh di bawah posting aja, biar postingnya tetep ke-load cepet :D

    Bidvertiser juga bisa mas Dino :D

  4. @persikers

    untuk afiliasi memerlukan kata-kata manis,manja dan menggoda serta keyword research yang detil mas.. biar visitor yang benar-benar nyari yang datang, bukan yang iseng2… :D

    Emang agak susah, bener2 harus dimatangkan strategi SEO-nya.. :[

  5. Saya baru ikutan point 1 dan 5 tapi susah juga dapetinnya. Paid review baru sekali dapet job, untuk CPC nya lon ada yg cair. Harus lebih giat lagi belajarnya niy :)

  6. @@del

    Heran juga kalo blog punya mas susah dapat paid review :S
    mas @del ngebidnya ketinggian pho? :)
    Untuk CPC sekarang agak susah, visitor dah pinter-pinter lihat mana yang iklan mana yang bukan :D

  7. @ika

    posting paid review-nya ditempat mbak Ika kaya orphaned pages soalnya, padahal belakangan banyak tho posting paid reviewnya? :-)

    Jangan lupa banyakin konten biasanya, trus posting paid review-nya di-link-an ke posting paid review yang lain (yang berhubungan, sama-sama tentang casino misalnya). Gitu mbak, jadi ga ada halaman yang “sebatang kara” (alias ga di-link oleh halaman lain) ;-)

    Selamat mencoba, semoga berhasil dan dompetnya makin tebel (*)

    terima kasih sudah mampir (b)

  8. bang thx bgt informasinya…

    btw saya mw tau ni…

    saya baru kenal sama blog…

    saya tertarik dan baru nyoba ngeblog…

    bisa gag kasih saran…

    thx b4 ;-)

  9. @nda

    Sama-sama, saya juga berterima kasih Ananda mau mampir ke sini :-)

    Butuh saran apa? gaya menulis atau edit platformnya? Silahkan aja, ga perlu sungkan. Saya akan coba jawab sebisa saya ;-)

    Oya, rule of the thumb-nya sih, usahakan konten dari blog Ananda seoriginal mungkin, kalo kita mengambil materi dari blog lain, sebaiknya kita memberikan link-back ke pengarang asli artikel tersebut ;)

  10. Saat ini malahan di Indo sudah mulai banyak orang yang dapat mengandalkan hidupnya dari dunia maya ini. Namun dibandingkan dengan jumlah populasi Indonesia maka jumlah orang2 ini masih sedikit. Jadi saat ini adalah saat yang paling tepat untuk memulainya. Teima kasih mas sudah mampir di blog saya dan salam kenal juga :-)

  11. @Jimmy Kurnia Indradjaya
    Iya.. saya lihat sudah banyak yang mulai sukses di bidang ini (*)

    Akan lebih baik jika para blogger bisa saling membantu ;)

    Hanya saja kadang blogger indo rawan copy paste dan spam ya.. apalagi kalo baru mulai dan ga tahan godaan pengen cepet punya posting banyak. jadi setengah hati kalo mau linking :(

    Terima kasih sudah mampir Pak (B)

  12. Pingback: Ketika Harus Selingkuh, Lakukanlah dengan indah.. | G N U P I . C O M

  13. Pingback: Meningkatkan Traffic Blog dengan EntreCard | G N U P I . C O M

  14. Pingback: Menurut Saya, Blogger itu... | G N U P I . C O M

  15. Pingback: Sponsored Review yang Lagi Aneh | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  16. absen om….
    om buat artikel ttg backlink yg easy tu gmn ya…u/ blog bhs inggris..ditolak melulu… :-D

  17. @dwi
    Maksudnya gimana, Dwi tanya cara bikin artikel tentang ndapetin backlink dengan mudah, atau tanya cara mudah nulis artikel tentang backlink :D
    Ini maksudnya review untuk perusahaan SEO ya? Kalo iya, saya coba bantu dengan uraian di bawah ya
    Intinya, penjabarannya seperti ini.
    1. Kegunaan Backlink
    2. Cara ndapetin Backlink
    3. Jelaskan susahnya mendapatkan backlink dengan cara di atas.
    4. Karena susah, makanya pake jasa SEO perusahaan itu aja :D

    Semoga membantu :)

  18. Pingback: Meningkatkan Traffic Blog tanpa SEO | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  19. oms…sebaiknya ini hurup buat comenntarnya di gedein aza..maklum udah tua ni kalo baca harus deket :D

  20. Aku pake adbrite tapi blm ada iklan’a, adsense sedikit, pake kliksaya juga begitu, pake ppcindo belum dapat banyak, kumpulblogger juga. Daripada beban, blogwalking deh, having fun dulu. :D

  21. @Dery
    Kenapa ingin dihapus mas?
    Kalo memang tidak ada menu untuk menghapus account, anda dapat meminta pada bagian support untuk menonaktifkan keanggotaan anda :D

  22. Pingback: Meningkatkan Traffic Blog dengan Entrecard | Perjalanan Hidup Manusia

  23. salam kenal mas

    saya sering sekali membaca tentang internet mareketing dan berbagai cara untuk mendapatkan uang dari internet, salah satunya seperti yang mas tulis.
    saya sangat tertarik, tpi dikit susah, cos saya nggak tahu harus memulainya dari mana. maklum masih boleh dikatakan gaptek…
    kalo boleh, sayang pengen belajar banyak pada mas, tentang cara mendapat uang dari blog
    thanks banget bantuannya. :-)

  24. @resta
    Boleh-boleh saja, blog ini memang dibuat untuk tujuan tersebut :D

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat blog, sebagai space iklan nantinya.

    Kemudian, langkah kedua adalah mengisi blog tadi dengan konten yang bermanfaat, menarik atau deskriptif.. tergantung tema yang ingin anda angkat di blog anda..

    Lanjutkan dengan mencari traffic, baik dengan SEO maupun berkunjung dan memberi komentar di blog orang lain.

    Setelah blog bisa hidup dengan konten anda dan traffic yang stabil, mulailah memasukkan kode-kode iklan dari Ad network seperti AdSense dan sebagainya..

    Kira-kira begitu garis besarnya :D

  25. Saya tertarik sekali dengan hal tsb, cuman saya agak binggung nech saat saya daftar ada kolom Check payable to, yang mau saya tanyakan apa yang akan disikan pada kolom tsb
    thank’s

  26. Eit… ada yang kurang, cari uang lewat web ya bukan hanya main jadi PUBLISHER, tapi juga bisa jadi PEDAGANG, yap… ada yang jualan buku, ada yang jualan CD LINUX, dan yang terakhir ada yang jualan pulsa. Hahaha!

    Bahkan ada juga yang jualan e-book, jualan software, jualan apa aja…
    Intinya dengan blog / website kita bisa menambah pendapatan, namun bukan hanya sebagai PUBLISHER namun juga sebagai PEDAGANG. Syaratnya cuma satu. JUJUR! Anda gak jujur di Adsense anda bakal didepak. Gak jujur di perdagangan juga memang awal menggiurkan namun gak lama juga.

    Bagus Informasinya semoga bisa menambah manfaat bagi orang banyak berupa peluang usaha agar tidak mengganggur.

  27. @bosspulsa
    terima kasih insightnya.. disini saya hanya berbagi informasi mencari uang di internet dengan blog yang saya tahu dan praktekkan.. Soalnya saya merasa belum cukup pintar dalam hal jual-menjual secara online menggunakan blog :)

  28. bos kalao buat webblog di ponsel bisa gak boss ya?
    kalao bisa aku pengen buat.
    trus carane pie yr bos.
    trms sblumnya atas penjelasane ;-)

  29. Pingback: Memulihkan dan Meningkatkan Traffic Blog | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  30. Pingback: Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Blog dan Adsense, Benarkah Ada? | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  31. sip abis, mau nanya kalo di wordpress.com versi 2.7 bisa di pasangin iklan gak?, kalo bisa caranya gimana? thx b 4

    =====
    Jawaban Gnupi
    Wordpress.com itu blog yang paling susah digunakan untuk cari uang. Soalnya tiap ada javascript yang merujuk pada ad network, bakal langsung dibabat :)
    Saya dengar ada ad network indonesia yang menyediakan kode iklan untuk Friendster, saya rasa kalo bisa digunakan untuk friendster, maka ada harapan untuk bisa dipasang di blog wordpress.com ;)
    ======

  32. maaf saya seorang pemula dalam ngeblog…bagaimana saya bisa belajar agar blog saya dapat menciptakan profit bagi saya? mohon bantuannya….alamat email saya indrawan.mansa@yahoo.com. please

    ===
    Jawaban Gnupi
    Untuk hal tersebut, anda bisa membaca artikel-artikel di kategori “Monetisasi Web”. Bila saudara Indra sudah membacanya dan ada beberapa hal yang kurang dimengerti, bisa menanyakan kembali pada saya :D
    ===

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)