Mengapa Kita Ingin Memiliki Blog yang Ramai dan Bertrafik Tinggi?

Apa anda ingin blog anda ramai pengunjung dan bertrafik tinggi?

Jawaban dari pertanyaan di atas mungkin akan sangat bergantung dari tingkat kenarsisan seorang blogger ataupun tujuannya membuat blog. Bagi blogger narsis yang memonetisasi blognya pasti sangat memahami bahwa traffic = uang dan akan menjawabnya dengan “Ya, saya ingin blog saya ramai dan bertraffic tinggi” tanpa keraguan sedikitpun yang kemudian memunculkan anggapan bahwa blogger tersebut amatlah egosentris dan memanfaatkan orang lain untuk menambah penghasilan mereka melalui internet. Memang, tidak semua blogger mengejar ketenaran dan uang melalui blognya. Karena itu, pertanyaan yang terlalu vulgar tentang blog ramai dan bertraffic tinggi seperti di atas memang kurang tepat untuk menemukan solusi untuk penyebab kedua dari 5 Alasan Penyebab Kebosanan Blogging yaitu “Tidak ada komentator / pembaca blog:D

Bagaimana bila pertanyaannya diganti dengan

Apakah anda ingin memaksimalkan blog anda?

maka mungkin jawaban dari sebagian besar blogger, baik dari blogger general maupun blogger yang mencari uang melalui blog pribadinya adalah “Ya!“. Karena tentunya semua blogger yang berpikir positif akan selalu berusaha memaksimalkan apa-apa yang dikerjakannya ;)

Lalu bagaimana sebuah blog bisa dikatakan maksimal?

Untuk menjawab pertanyaan satu ini, Blogger.com sudah memberi jawaban yang jelas pada homepage mereka.

Halaman Depan Blogger.com

Melalui homepage-nya, Blogger.com menerangkan fungsi blog yang saya rasa sudah cukup deskriptif, yaitu untuk mempublikasikan pemikiran kita dan mendapatkan umpan balik melalui web dengan lebih mudah.

Berarti, blog yang bisa dikatakan maksimal adalah bila blog tersebut bisa menjadi sebuah tempat interaksi, yang tentunya perlu memiliki pengunjung, berapapun jumlahnya (bahkan hanya satu sekalipun) untuk menjadi bagian dari interaksi pemikiran yang kita tuangkan di artikel blog. Sayangnya, tidak semua blog bisa langsung mendapatkan pengunjung dan komentar di setiap artikel blognya. Biasanya, sebuah pernyataan dan pola pikir yang defensif tentang keadaan blog mereka kemudian muncul seperti pernyataan di bawah ini.

Ah, saya cuma blogging biar ga dibilang gaptek aja, biar gaul gitu.

Saya juga ga ngoyo banget untuk dapat pengunjung blog. Ga ada yang baca pun gapapa. Blogging for fun aja ;)

pernyataan di atas adalah jawaban yang bertentangan dengan kenyataan dari keberadaan blog mereka sendiri (yang diupdate secara berkala). Karena bila mereka ingin memperluas pergaulan melalui sebuah blog, maka mereka akan membutuhkan pengunjung sehingga terjadi interaksi yang memperluas pergaulan mereka. Jika memang kita tidak ingin memiliki pengunjung bagi blog kita yang katanya hanya sebagai sarana pergaulan saja, maka kita akan bergaul di internet dengan cara yang lain, dengan aktif di forum-forum untuk berbagi informasi misalnya, dimana unsur personal kita tidak perlu begitu menonjol dalam tulisan kita. Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Friendster juga bisa jadi alternatif pergaulan internet di mana kita hanya perlu message dan komentar sana-sini untuk menambah teman di dunia maya.

Jadi, rasanya kita tidak perlu bersifat skeptis terhadap keinginan seorang blogger untuk mendapatkan pengunjung blog sehingga menjadi blog yang ramai dan bertrafik tinggi. Karena keinginan tersebut adalah bahan bakar dari blogosphere yang menjadikannya maksimal dan menarik untuk dijelajahi.

Terus, biar blog saya ramai dan bertrafik tinggi bagaimana dong?

Soal bagaimana mendapatkan traffic blog dan menjadikannya ramai sehingga kita tidak mengalami kebosanan dalam blogging, akan kita bahas di artikel selanjutnya, artikel ini uda kepanjangan sih. So stay tune on Gnupi.com and don’t miss it :D

21 thoughts on “Mengapa Kita Ingin Memiliki Blog yang Ramai dan Bertrafik Tinggi?

  1. Pertamaxxx gak yah?
    Kalo saya sih cara membuat ramai pengunjung cukup pake satu jurus kuno: BLOGWALKING. Cuma berhubung sekarang lagi dikejar deadline alias target dari kanan kiri atas bawah, terpaksa deh saya jadi jarang2 BW, termasuk ke blognya Mas Ipung ini. Maaf ya… :(
    ===
    Jawaban Gnupi
    Berarti jurus kunonya masih punya kelemahan yach mas Ecko :)
    Iya mas, gapapa jarang blogwalking, yang penting tetep teman kan :)
    Saya malah lebih miris nasibnya mas. Karena koneksi saya lagi tidak memungkinkan untuk berkomentar di blog blogger.com yang menggunakan embedded comment form.. Indosat ada-ada aja nih koneksinya :(
    ===

  2. emang sih kalo ngeblog sendirian tanpa ada pengunjung rasanya kurang gitu ya.. btw saya setuju bahwa cara mas ecko itu memang cara paling maknyuss :D
    ===
    Jawaban Gnupi
    Wah.. berarti kita termasuk blogger yang jujur dengan hasrat blogging kita :D
    Yup2… Blogwalking memang memberi kita instant traffic ;)
    ===

  3. Bukannya emang blog sebagai sarana umpan balik antara pemilik blog dan pengunjung? :) Jadi ya keliatannya rada ganjil aja gitu kalo ngeblog gak ngarepin komentar dari orang lain ;-)

    Saya juga sama seperti mas Ecko, kalo nyari traffic pake jurus blogwalking :-D
    ===
    Jawaban Gnupi
    Tapi saya sering lho menemukan banyak blogger bilang gitu ketika blognya sepi :)
    Maka dari itu di artikel ini saya mengajak untuk tidak berpikir skeptis untuk mendapatkan traffic blog :)
    ===

  4. huheuheuheu…… saya ga bisa jurus lain selain blog walking… wkwkkwkwkwk, ditunggu deh tulisannya mas Gnupi! Aku stay tune! (hiks2… ga pertamax…)

    ===
    Jawaban Gnupi
    Wah.. pendukung blogwalking untuk meningkatkan traffic blog memang masih dominan yach ;)
    Masih banyak kesempatan untuk pertamax kok Lam ;)
    ===

  5. Info yang menarik Mas Ipung. BW emang cukup efektif. Tapi pasti ada cara lain kan?

    Nah.., ditunggu Mas kelanjutanyya (Y)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Bukan cara lain yang baru.. mungkin cara klasik meningkatkan traffic. Tapi bila terus dipraktekkan bisa memberikan efek peningkatan yang lumayan ;)
    ===

  6. iya, sebagai blogger pasti pengen blognya rame dan postingannya banyak dapet respon.

    menunggu postingan gnupi berikutnya (paling penasaran sama postingan yang ada sambungannya hehe..) (*)

    btw trafik ga berbanding lurus sama komen, kadang blog yang trafiknya gede (dari tembak2an tentunya) malah sedikit komennya.

    ===
    Jawaban Gnupi
    Iya, tidak semua trafik akan memberikan komentar. Banyak yang cuma terpindai oleh MyBloglog tapi tidak ada komentarnya :)
    Mungkin agak lama update lagi.. mendadak saya harus ke Jakarta lagi sepertinya..
    ===

  7. wah saya juga pengin tuh mas punya blog dengan statistik yang bagus.. biar makin efektif menjaring dolar :D
    ===
    Jawaban Gnupi
    Kalo blognya agak banyak dan membahas topik yang tidak kita kuasai, rasanya akan sedikit susah mas Wahyu :)
    *pengalaman pribadi mode: on*

    ===

  8. wahh mesti banyak belajar sama mas ipung nihhh? tunggu lanjutaannya dehh

    ===
    Jawaban Gnupi
    Bukan belajar bersama mas. Hanya mengkaji bersama, soalnya kan cara meningkatkan traffic blog saya juga cuma gitu2 aja. Hanya berbeda penyampaian dan pengkajian sebenarnya :)
    ===

  9. wah sama juga kayak om eko neh, paling maknyus emang blogwalking… dan berhubung lagi jarang bw saya juga kayaknya jadi kehilangan pengunjung… wkwkwkkwkw yah mulai bulan depan mau intensif bw lagi ah…

    btw bro, masih lum isa komen di blog blogger.com yah? :-(
    ===
    Jawaban Gnupi
    Blogwalking adalah cara terfavorit untuk meningkatkan pengunjung blog yach :)
    Iya, belum bisa komentar di blogger.com nih. Jadi takut dibilang sombong.. semoga bisa segera komentar di Blogger.com lagi ya..
    Betewe.. Koolsonic.com-nya belum selesai pindahan ke Blogger?

    ===

  10. Saya sih pingin blogku ramai biar angka alexa dan google PRnya bagus jadi menambah minat para advertiser wkwkw… syukur-syukur kalo ada produser film mau angkat blogku jd film.. tp kalo dijadikan film zalcom kira2 jadi judul apa ya? hhhmmm…. Di batas hitam putih ?? atau Serangan Serigala? wkwkwk

    ===
    Jawaban Gnupi
    Wah.. alasan mencari trafik blognya uda lengkap banget dijabarin ma Bang Zal (y)
    Kalo dijadiin film mending judulnya Hitam Putih pertarungan Panda vs Serigala :p
    ===

  11. Ngeblog tapi tanpa pengunjung dan teman blogger keknya sama dengan sayur tanpa garam he he, garing deh :-) (Y)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Iya Pak, rasanya kaya orang minta perhatian kalo ga ada temen blogger lainnya :D
    Lama-lama jadi males ngeblog sendiri deh ;)
    ===

  12. Menurut saya sangat penting agar blog kita ramai dan punya traffic tinggi, sebab kalau ngga seperti itu keberadaan blog kita juga dipertanyakan, padahal fungsi dasar blog adalah untuk saling berinteraksi. Caranya kalau saya kayaknya sama dengan teman-teman yang lain yaitu blogwalking. Demikian Mas, terima kasih dan salam sukses.

    ===
    Jawaban Gnupi
    Saya sependapat sekali dengan Pak Sugiana.. Tapi tidak jarang lho blog yang tidak lagi menjadi ajang interaksi. Bahkan untuk ukuran blog yang isinya (katanya) adalah pencerahan bagi dunia blogging :D
    ===

  13. Tentunya akan sangat saya nantikan artikel berikutnya, Bang..
    :-)

    *Kalo dah masalah meningkatkan trafik atau apalah, pasti langsung serius bacanya. Hehehehe.

  14. Bosan ngeblog……, ganti dengan blogwalking;
    Blog tanpa komentar……, tinggalkan komentar di blog lain
    Blog tanpa update/trafik….., pemiliknya ngacir kali yaahhh?

  15. kalo aku sih, masih tetep pake cara updating and blogwalking……
    lha bisanya cuma itu thok…….

  16. Tentunya agar tujuan kita menulis dan menyelipkan pesan di tulisan tersebut bisa tersampaikan secara lebih maksimal. Kan percuma, kalo postingan kita berkualitas, tapi minim pembaca :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)