Masih Pentingkah Meta Tag Description dan Keywords untuk Optimasi SEO

Belakangan ini, mencari artikel-artikel tutorial SEO di internet bukanlah hal yang susah. Setiap hari, setidaknya kita bisa menemukan lebih dari 100 halaman artikel terkait SEO yang di posting oleh para blogger Indonesia walaupun mungkin yang dibahas seringkali sudah pernah anda baca sebelumnya.

Namun, saya menemukan beberapa hal yang menarik dalam pembahasan yang diuraikan oleh beberapa artikel blog bertema SEO belakangan ini yaitu bahwa efek SEO dari meta tag description dan keywords tidaklah lagi penting bagi sebuah blog. Atau bahkan yang paling ekstrim adalah pendapat bahwa penggunaan plugin wordpress All In One SEO Pack itu tidak ada gunanya.

Pendapat mereka tentang minimnya efek SEO dari meta tag description dan keywords itu juga didukung oleh banyak pendapat ahli SEO di forum-forum para webmaster. Memang sih, search engine yang dianggap masih mementingkan keberadaan meta tag tersebut dalam sebuah halaman web hanyalah Yahoo Search, sedangkan Google sebagai target utama dari optimasi SEO tampaknya dianggap terlalu ‘pintar’ untuk dikecoh oleh keberadaaan keyword di meta tag.

Jadi? Meta tag benar-benar tidak ada gunanya untuk kepentingan SEO?

Sebelum kita jawab pertanyaan di atas, mari kita sedikit memahami pola pikir dari mesin pencari seperti Google. Sebetulnya, usaha SEO yang terbaik untuk diterapkan adalah organic SEO dimana halaman web kita memang benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat untuk keyword-keyword yang teroptimasi di mesin pencari. Namun, untuk mencapai organic SEO yang stabil dan mantap bertengger di urutan pertama SERP Google bukanlah hal yang mudah bila tidak didukung oleh penulisan artikel blog yang natural, apik dan informatif.

Berdasarkan uraian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa aspek kenaturalan dan kebermanfaatan dari penempatan keyword pada halaman web juga sebaiknya diterapkan pada meta tag keywords dan description. Tidak jarang saya temui sebuah halaman web cenderung memiliki meta tag description keywords dan description yang berisikan keyword-keyword yang dibidik, namun penulisannya lebih mirip dikatakan keyword stuffing ketimbang sebuah elemen yang menerangkan isi sebuah halaman web secara singkat :p

Jadi, meta-tag description dan / atau keywords anda akan dianggap penting bila ia menjalankan fungsinya dengan tingkat relevansi yang akurat dan tidak berlebihan. Bila kita terlalu menitik beratkan optimasi SEO blog kita pada kedua elemen meta-tag tersebut, maka bisa jadi kita akan merasa kecewa. Namun, bila kita menggunakannya sebagai kesatuan dari artikel kita, tanpa tendensi untuk mengeksploitasinya, hal itu mungkin malah akan memberikan hasil yang lebih optimal secara SEO.

Ini baru hipotesis kan? buktinya apa?

Hmm… walaupun mungkin bukti konkretnya tidak bisa saya share di sini (karena terkait dengan penghasil dollar), akan tetapi beberapa homepage blog saya malah teroptimasi untuk kata kunci yang terdapat pada meta-tags description saya. Padahal dari segi title, jumlah backlink ber-keyword, dan keyword density yang dynamic, rasanya tidak mungkin homepage tersebut mengalahkan artikel-artikel lain yang lebih luar biasa di halaman pertama Google. But it happens :P

11 thoughts on “Masih Pentingkah Meta Tag Description dan Keywords untuk Optimasi SEO

  1. Wah… harus segera memperbaiki meta-tag yang amburadul nih saya… Hehehe..

    ===
    Jawaban Gnupi
    Mari perbaiki meta tag blog kita mas Hangga. Yang penting tidak terlalu menitik beratkan SEO ke meta tag, dijamin tidak akan kecewa :p
    ===

    ===

  2. wah berarti meta tag itu emang penting sekali peranannya ya pung..

    ===
    Jawaban Gnupi
    Seperti yang sudah diurai artikel SEO di atas, bisa jadi penting jika memang penempatannya natural. Seperti Koolsonic.com sekarang, akan cukup membantu bila diselipin keyword “review film box office” di meta tag description. Karena toh memang membahas itu di sana ;)
    ===

  3. Lagi-lagi kembali ke konten ya mas
    Lainnya, seperti meta tag lebih seperti perangkat pendukung optimasi blog kita. Jadi tambah informasi nih, thanx mas ipung

    ===
    Jawaban Gnupi
    Konten memang lebih utama. Saya menggunakan meta tag sejauh ini juga dalam batas yang wajar, tanpa bermaksud mengeksploitasi. Jadi ya lebih menitik beratkan ke konten :D
    ===

  4. meta tag+AIO seo pack itu nggak penting, kata om brokencode.
    tapi saya masih pake (H)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Yup2x.. saya juga sempat membaca artikel itu :D
    Di artikel tersebut, kalo tidak salah ingat beliau menyatakan bahwa penggunaan meta-tag akan signifikan secara SEO bila kita menggunakan web statik yang kontennya minim. Nah, dalam kasus saya, yang teroptimasi adalah konten dynamic (homepage blog) dan memiliki cukup banyak konten, yang tidak terlalu teroptimasi pada kata kunci tersebut :D
    Saya lebih senang melengkapi halaman saya dengan meta tag, tanpa bermaksud mengeksploitasi efek SEO-nya. Karena bila ga nyambung, ternyata juga ga banyak membantu usaha optimasi SEO blog kita. So, be natural *kaya iklan salah satu suplemen* :D
    ====

  5. Kalo bagi saya yg buta soal SEO ini, yang penting cuma nulis, nulis, dan nulis. Sebisa mungkin posting otentik soalnya kalo kopas kan tengsin. Soal pengaruh sama SEO, itu urusan belakangan. :)
    ===
    Jawaban Gnupi
    Hal itu yang bikin saya betah mampir ke blognya mas Ecko, sekalipun ga bisa selalu komentar di Blogspot lagi :(
    ===

  6. Salam Kenal Gnupi :-D

    Saya lebih cenderung kepada naturalitas sebuah artikel. :-) karena dengan begitu, kegiatan menulis juga terasa rilex dan mengasyikkan. namun untuk urasan SEO bagi sebagian blogger sangatlah penting. karena akan berhubungan dengan eksistensi blog yang di bangun.

    saya sangat respon dengan muatan artikel tentang meta tag, makin menambah pengetahuan saya di bidang SEO.. Mantap (Y)

    Semoga Bisa Menambah Informasi
    Salam Blogging!

    ===
    Jawaban Gnupi
    Salam kenal juga mas Fadly

    Terima kasih untuk supportnya. Antara SEO dan tulisan yang apik memang sulit untuk dipisahkan. Sekalipun SEO blog kita baik, tapi bila tulisannya jelek, rasanya pun ga bisa menciptakan blog sticky effect di pikiran pembacanya. Maka dari itu, saya lebih senang bila orang mengoptimasi SEO beserta isi tulisannya :D
    ====

  7. saya juga masih pakai meta tag dan keyword, karena saya pernah coba, ternyata membuat iklan adsense yang muncul jadi lebih relevan, sesuai dengan keyword halaman itu. kemudian, saya pernah lihat juga hasil search di google menampilkan meta tag description, bukan potongan artikel..
    dan satu lagi yang kurang signifikan: facebook, kalau kita masukin link, dia akan membaca dan menampilkan juga description dari halaman yang kita masukkan

    ===
    Jawaban Gnupi
    Komentar yang bagus sekali pak Jimmy, terima kasih banyak :D
    Setuju banget tentang efek meta-tag untuk AdSense, dan Facebook :)
    Soal description yang muncul di SERP, berarti pengalaman kita sama ya Pak Jimmy :P
    ===

  8. Kalo menurut saya sih meta tag tidak terlalu berpengaruh jika keyword yang dibidik itu terlalu banyak kompetitornya. Dalam kondisi seperti itu, yang paling berperan menurut saya sih jumlah backlink. Termasuk keyword yang digunakan oleh pengunjung sehingga menemukan link postingan kita di halaman pertama. Jadi kenaturalan tata bahasa dan variasi keyword juga penting pada akhirnya. Termasuk teknik bolding, pewarnaan teks, garis miring, atau underline yang tidak berlebihan kali yach?

    Ini cuma pendapat seorang blogger pemula yang masih sangat cetek ilmu SEO-nya loh mas ;-) Oya, barusan saya juga membahas tentang SEO di blog saya. Mungkin bisa sedikit dikoreksi bila ada yang keliru. Maklum, masih belajar.

    ===
    Jawaban Gnupi
    Nah, pendapat soal yang penting itu backlink itu yang saya kritisi di artikel ini mas. Soalnya keyword yang teroptimasi itu juga bukan keyword yang sepi kompetitor, halaman yang teroptimasi juga bukan pengumpul backlink. Tapi yach.. semua kembali pada kita masing-masing praktisi SEO aja dalam menyikapi isi artikel ini. Sebagai penulis saya nothing to lose aja kok :D
    ===

  9. SEO lagi. he..he..

    Setuju mas. Bbrp kali sy ktm artikel yg blg klo metatag keyword dan description ‘mulai ditinggalkan’. Blm benar2 ditinggalkan.
    Isunya, ini krn Google tdk simpati dg content yg diselipin metatag hanya utk keyword-spamming. Google pny kepentingan utk menyajikan SERP yg benar2 memberi informasi yg tepat kpd user, dan -isunya lg- rank SERP akan dipengaruhi sekali oleh kualitas content yang unik, natural dan humanized. Persis spt kt mas Ipung..
    :D

  10. Tapi kayaknya tag meta penting kok,malahan yang posting artikel tentang “tag meta tidak berguna” sudah pasang tag metanya lagi….

    Jangan terburu2 bertindak,…Lagian klo keserinan ganti tag meta “bagi blogspot” efeknya juga gak baik kok…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)