Fenomena Kontes Blog – Pilih yang Mana Yach

Setengah tahun terakhir ini, kontes blog seakan menjadi sebuah fenomena yang menjamur di blogosphere. Bila dulunya, penyelenggara kontes semacam berasal dari kalangan korporat, komunitas atau blogger senior, sekarang tidak jarang ditemui kontes yang diadakan oleh blogger perorangan dengan hadiah yang cukup menggiurkan entah itu berupa domain dan hosting gratis, uang tunai, atau sebuah mp3 player, flashdisk dan dinner.

Hal ini tentunya sangat menggembirakan bagi para blogger dan menjadi semacam penyemangat untuk terus berpetualang di blogosphere, terutama bagi blogger yang belum pernah mencicipi nikmatnya blogging dengan domain dan hosting berbayar.

Emang apa untungnya bagi penyelenggara kontes?

Secara global, keuntungan dari penyelenggara kontes adalah sebuah exposure atau promosi, baik itu diinginkan atau tidak. Keuntungan lain yang didapat oleh penyelenggara kontes blog bisa bervariasi, bergantung kepada motivasinya masing-masing. Ada yang memang ingin menyelenggarakan kontes untuk mewujudkan impiannya, merayakan ulang tahunnya dan ada juga yang menyelenggarakan kontes sebagai bagian dari strategi internet marketing /SEO link building untuk program penghasil uang mereka masing-masing. Apapun alasannya, bagi saya itu sah-sah saja, toh para penyelenggara tersebut tidak pernah memaksa seorang blogger untuk mengikuti kontesnya.

Persyaratan kontes tersebut juga bermacam-macam, ada yang sekedar pasang banner, ada yang harus memasang link di blogroll, ada yang harus membuat artikel dengan tema tertentu, ada yang menggunakan variabel SERP dan ada pula yang menjadikan hitungan post link sebagai faktor penentu kemenangannya.

Enaknya pilih kontes yang mana ya?

Mengikuti kontes yang mana saja tidak masalah sebenarnya, toh kita seakan tidak rugi apa-apa. Hanya saja, terkadang saya tidak rela menjadi bagian dari promosi internet marketing seseorang yang tidak begitu saya kenal terutama tentang integritas dan kredibilitasnya. Jadi ya sangat jarang saya mengikuti kontes dari blogger yang asing bagi saya. Apalagi bila kontes tersebut memakan waktu dan perhatian yang cukup banyak, saya lebih memilih menghabiskan waktu tersebut buat mengurus blog yang lain. Selain itu, faktor pertemanan dunia maya juga bisa jadi hal yang membuat blogger pelit seperti saya ikhlas memasang banner segede gambreng di blog saya. Berbumbukan persahabatan, kontes blog bisa jadi sesuatu yang menyenangkan tanpa perlu memikirkan untung rugi :D

Nah akhir tahun ini, ada kontes blog yang cukup menggoda dan sayang bila saya lewatkan. Kontes ini diadakan oleh bang Zalukhu, seorang blogger yang memiliki semboyan Belajar dan Berbagi dan kini akan menggarap tema yang baru yaitu Di Batas Hitam dan Putih. Kali ini saya akan mengikuti kontes Andai, kontes Banner dan Kontes Blog Kreatif. Untuk 2 kontes yang pertama saya sebutkan, masih ada kesempatan untuk mendaftar hingga 10-12 Januari 2009 lho, jadi belum terlambat bila ada blogger yang ingin berpartisipasi.

Untuk informasi lebih detil mengenai kontes ini, silahkan langsung menuju ke halaman Kontes Akhir Tahun di Zalukhu.com. Met berkontes ria teman-teman :D

4 thoughts on “Fenomena Kontes Blog – Pilih yang Mana Yach

  1. Wah.. klo sy masih blm berani ikut kontes2an mas.
    Sementara baru berani jd penonton

    ======
    Jawaban Gnupi
    Kok ga berani? Semuanya aman kok, dijamin tidak akan tertular virus membahayakan hehe :p
    Blognya kok jadi jarang update mas.. Uda sibuk dengan blog penghasil dollar kah?

    =====

  2. sy masih blm berani ikut kontes2an mas.

    =======
    Jawaban Gnupi
    Kaya mas Abbie dong :)
    Betewe, adrianpress sekarang diparkir yach? :-S
    =======

  3. nunggu kontes mas ipung (H)
    ====
    Jawaban Gnupi
    Nanti mas.. kalo umur domainnya uda agak lamaan. Kalo seumur jagung gini dapat linkback banyak dalam waktu singkat. Bisa kena sandbox nanti :)
    ====

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)