| Subcribe via RSS

Cara Membuat Artikel Blog Berkualitas untuk Pemula

July 2nd, 2008 Dimasukkan pada Kategori Blogging

Hambatan terbesar bagi seorang blogger pemula / newbie seperti saya dalam membuat blognya tetap ‘hidup’ adalah membuat tulisan / artikel yang cukup membuat kita PD untuk membaginya dengan orang lain. Di awal kegiatan bloggingnya, blogger pemula cenderung menganggap blog sebagai lanjutan dari pelajaran bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang nantinya akan dinilai dan menentukan masa depannya. “Harus membuat tulisan / artikel yang bagus” adalah kata-kata yang terus terngiang di kepala. Sayangnya, kata-kata tersebut malah lebih sering menjadi penghambat ketimbang pemacu bagi mereka untuk terus menulis. Hal ini berkebalikan dengan kenyataan di lapangan, faktanya tidak akan ada yang memarahi atau memberi nilai merah mereka bila tulisan di blognya tidak sempurna, jadi kenapa harus takut ya? :D

Kebanyakan pakar internet marketing dan ahli SEO selalu mengedepankan keywords dan high quality content dalam membangun sebuah blog. Contohnya bisa anda lihat pada artikel berkualitas tinggi dari mas Medhy yang membahas konten sebagai kunci monetisasi yang diusung oleh Ken Evoy. Dari sudut pandang ilmu SEO dan internet marketing, saya sangat setuju dengan artikel tersebut, namun jika kita menempatkan diri kita sebagai pemula (seperti saya), memaksakan hal tersebut dengan kapasitas seorang pemula malah akan memberikan tekanan dalam aktivitas blogging, padahal seharusnya blogging itu menyenangkan bukan?

Sekalipun di blog ini terdapat bahasan mengenai SEO, optimasi keywords, dan mungkin nantinya akan mengupas high quality content (bila saya sudah paham apa itu high quality content hehehe), saya akan coba mengurai cara yang saya terapkan untuk membangun sebuah blog guna menyajikan sesuatu yang pantas untuk dibaca seorang pengunjung. Biar agak keren kita sebut aja 3 Pondasi Artikel Blog

Yuk, kita mulai ;)

(i)

Membuat Artikel Blog yang Informatif dan Deskriptif

Saat kita membuat sebuah artikel di blog, tempatkanlah pembaca pada posisi nol, jadi jangan isi artikel blog anda dengan kata-kata yang asing atau sulit dimengerti tanpa memberi rujukan atau link ke artikel yang dapat menjelaskan apa maksud anda. Untuk menerapkannya, kita bisa menggunakan bantuan Wikipedia, artikel yang terdahulu di blog kita, atau artikel dari blog lain sebagai rujukan. Pastikan bahwa halaman anda kaya informasi akan apa yang anda bahas, sehingga ketika meninggalkan halaman artikel tersebut, pengunjung bisa memahami apa yang anda tulis atau setidaknya bisa mendapat rujukan untuk dapat memahami artikel blog anda ;)

Semisal anda menulis tentang sebuah lelucon, pastikan ketika pengunjung blog selesai membaca artikel anda, mereka tahu apa yang lucu dengan lelucon anda. Jika anda bicara tentang suatu kejadian dalam hidup anda, gambarkan inti cerita anda dengan memberikan deskripsi yang jelas akan penyebab dan bagaimana kejadian itu berlangsung. Jika anda bicara tentang gosip artis, jangan lupa untuk memajang foto sang artis di artikel anda beserta sedikit info tentang karya mereka untuk membantu pengunjung blog anda dalam mengenali artis yang anda bicarakan. Perlu diingat bahwa saya hanya menekankan sifat informatif dan deskriptif, bukan detil. Ga akan sesusah itu kok mencari referensi untuk artikel anda, kan ada Mbah Google ;)

(i)

Membuat Artikel Blog yang Jujur

Sebagai sebuah media, tingkat kebenaran sebuah artikel blog akan menentukan penilaian pengunjung akan diri kita sebagai orang dibalik sebuah artikel. Bila kita mengarang cerita yang belum tentu benar hanya demi membuat sebuah sensasi, maka kita tinggal menunggu saatnya saja hingga kita menjadi bahan tertawaan di Internet seperti Roy Suryo, dicaci maki orang yang merasa tertipu oleh artikel blog kita dan banyak hal lain yang tidak kita inginkan. Ya.. seperti pepatah kuno yang mengatakan bahwa kejujuran itu tidak ternilai harganya.. Hal tersebut juga berlaku di blogosphere. Dan ingat, jangan copy paste tanpa memberi link-back kepada artikel aslinya :D (masukan dari Supermance tentang copy paste)

(i)

Membuat Artikel Blog dengan Sentuhan Kepribadian Anda

Sebuah blog tidak akan begitu menonjol tanpa ada kepribadian blogger yang tersemat pada tiap artikelnya. Jangan lupa bahwa blog adalah media penyaluran pikiran, tulislah pendapat, pikiran, dan pertanyaan anda (bila ada) terkait tema yang anda bahas. Dengan begitu pengunjung blog anda benar-benar merasa sedang membaca buah pikiran hasil karya seseorang. Hal ini akan membuat blog anda lebih mudah diingat dan memungkinkan konversi pengunjung blog anda menjadi pengunjung tetap. Tentunya, sebisa mungkin kita tidak larut dalam emosi ketika menuliskan pikiran kita. Jangan sampai blog kita menjadi sarana perpecahan bangsa akibat emosi kita yang kurang tertata ketika kita membahas hal-hal yang bersifat sensitif.

Hanya 3 pondasi itu saja yang saya gunakan dalam membangun sebuah blog. Blogging itu menyenangkan, jadi jangan paksakan kapasitas anda dalam membuat artikel blog. Namun, tentunya kita juga tetap berusaha untuk menyajikan yang terbaik bagi pengunjung blog kita. Dari motivasi tersebut, anda akan membuka diri anda guna mengembangkan kemampuan anda (SEO, keywords dan high quality content) tanpa merasa terbebani ;)

Happy Blogging (*)

NB: Saya yakin pengunjung blog ini sudah pada jago ngeblog. Maaf ya saya posting artikel pemula seperti ini.. :[

Artikel lain yang mungkin berhubungan:


Artikel yang mungkin berhubungan

Tags: Blogging
Bisnis Blog 300x300 banner

"Mencari uang di internet tidak selalu mudah bagi semua orang, tapi dengan panduan yang tepat dan lengkap, anda memiliki kesempatan lebih besar untuk sukses memperoleh pendapatan online anda."

Dapatkan tutorial SEO, teknik Blogging untuk bisnis, serta tips memaksimalkan pendapatan AdSense blog anda dalam satu ebook Panduan Komplit karya sahabat saya, Augusman Zalukhu, sebagai satu-satunya ebook internet marketing yang pernah direkomendasikan oleh Gnupi.com

94 Komentar to “Cara Membuat Artikel Blog Berkualitas untuk Pemula”

  1. daaan Says:

    Wah semakin berat dan berbobot postingannya, hehe


  2. the gnupi Says:

    @daaan
    Ini postingan pesenan temen saya.. biar bisa dibaca berulang kali katanya.. saya jelasin lewat YM katanya ga paham-paham :D
    Semoga ga terlalu berat+berbobot ya, nanti lama loadingnya hehehehe :D


  3. Dino Says:

    I like the last one.. sentuhan pribadi.
    Karena kalo gak ada sentuhan pribadi seperti baca koran atau artikel ilmiah.
    Aku suka baca postingan yang bisa bikin aku ngerasa sedang disebelahnya. Kita seperti kenal orang tersebut. Kadang kalo dah lama gak baca blognya jadi kangen.


  4. Supermance Says:

    boleh nambahin satu lagi gak ? gak boleh copy paste (H) ;-)


  5. the gnupi Says:

    @Dino
    Begitulah.. dibelakang layar komputer & keyboard kan ada manusia yang bisa berpikir dan merespon pikiran kita melalui artikel blog, jadi hemat saya pendekatannya secara manusiawi juga..
    Itu pandangan pemula kaya saya lho :D

    @Supermance
    Setuju… Itu sudah masuk ke dalam Membuat tulisan yang jujur dan informatif. Jujur kalo buatan orang lain dan informatif dengan memberi tahu darimana dapatnya :D
    Terima kasih masukannya, akan saya tambahkan :D


  6. ai Says:

    katanya newbie…tapi postingannya ajha udah banyak trus bagus – bagus gini kok… :-S mencoba rendah hati ya mas… ;-)
    makasih atas pencerahannya (Y)


  7. yudi Says:

    trims mas ipung, berguna sekali buat pemula semodel saya (Y)

    share sedikit, beberapa orang malah malu membuat postingan pertamanya karena menganggap tulisannya tak cukup bagus, tak cukup dioptimalkan menurut kaidah SEO, dan alasan lainnya.
    menurut saya mending tulis-tulis aja dulu sambil terus memperbaiki kualitas konten.
    blogging kan harusnya fun, jangan dibuat susah :-)


  8. ika Says:

    wow makin keren neh postingannya. btw, sejak awal2 ngeblog saya malah blas ga tau SEO dan ga perduli SEO, nulis ya nulis aja,, walaupun nggambus.. hehe baru deh sejak mulai bosen kerja di pabrik (kira2 setaun lalu), mulai belajar membuat postingan yang nembak2 keyword dan belajar SEO dikit2..

    setuju sama yudi, ngeblog itu harusnya fun, jangan dibuat susah. oiya mau share dikit, temen saya kemaren nanyain cara2 nyari duit lewat ngeblog (dia tadinya ga tertarik ngeblog sama sekali) dan setelah dijelasin dikit2 dia akhirnya back off alias mundur ga jadi bikin blog. katanya: “rumit dan ga bisa cepet ya?” ..haduuh plis deh.. :-P


  9. BARRY Says:

    Setuju. Salam kenal. (Y)


  10. xero Says:

    wah klau gini sih bukan untuk pemula, tapi untuk siapa saja hehehehe (B)


  11. the gnupi Says:

    @ai
    Soalnya saya belajarnya kebalik mbak Ai, saya belajar SEO dulu, baru belajar Blogging, jadi ga salah kalo saya bilang diri saya blogger newbie :D

    @yudi
    Setuju mas Yudi, saya pernah menulis tentang cara mudah membuat artikel pertama. Dan kurang lebih isinya seperti yang mas Yudi sarankan ;)

    @ika
    Belajar SEO itu lebih mudah daripada belajar Blogging lho mbak. Makanya saya salut sama mbak Ika yang uda ngeblog sejak lama. Karena semangat ngeblog itu lebih terkait dengan kepribadian dan konsistensi seseorang. Kalo SEO kan sebatas tahu dan tidak tahu saja ;)
    Karena teman mbak Ika tahunya sekarang blog mbak Ika sudah menghasilkan, jadinya dia backoff ya kalo harus nunggu blognya kaya mbak Ika? Teman saya juga banyak yang seperti itu.
    Padahal semua itu susah ga susah kok. Buktinya dalam kurang dari dua bulan akhirnya blog ini bisa punya link value sebesar $5. Kemarin waktu saya posting tentang DNScoop masih $0.
    Ayo.. yang lain juga semangat ya. Semua pasti bisa ;)

    @yudi dan ika
    Terima kasih banyak sharing pengalamannya. Jadi memperkaya artikel ini komentarnya :D

    @Barry
    Salam kenal juga :)
    Terima Kasih sudah mampir (b)


  12. the gnupi Says:

    @xero
    Berarti kalo dirating dapatnya label “SEMUA UMUR” ya :D
    Semoga dengan 3 pondasi ini, blogger pemula pun bisa mulai membangun blognya sambil mengembangkan kemampuannya :D


  13. Ecko Says:

    Betul bgt tuh! Ngeblog itu dibawa santai aja. Kalo pake mikirin HPK, mending buat situs sekalian yang khusus buat Google AdSense. Blog itu sarana untuk bersosialisasi, jadi tempatkanlah pembaca pada urutan prioritas. Dolar itu nomor kesekian.

    *cuma bisa berteori* :D


  14. the gnupi Says:

    @Ecko
    Kalo bikin situs yang khusus buat Google Adsense nanti yang mau jadi trafficnya siapa dong :D
    Bagi saya dolar itu salah satu yang bikin blogging menyenangkan.. Menyenangkan karena kita jadi tidak perlu pusing mikir biaya koneksi internet buat ngeblog lagi n jalan-jalan ke blog tetangga hehehe… Intinya, si dollar bisa bikin kita seneng-seneng lagi dengan blog kita :D


  15. persikers Says:

    susah juga yah… apa emang akunya yang ….. :D

    @Ecko : gimana udah di klik belum iklan nya?


  16. the gnupi Says:

    @persikers
    masa sih susah.. bukannya blog mas Harry sudah rame pengunjung? Sampe kehabisan BandWidth segala :D
    Uda pulih belum BandWidth meternya mas?


  17. masenchipz Says:

    sekarang keyword da gak perlu om… contohnya Peer39.. dia dah mampu mendirect suluruh isi dalam web itu… makanya gak salah kalo om google bakal kalah ama pendatang baru ini…. hiks…hiks…. wah… gw jdi sok tau ni om… sorry…sorry… (H)


  18. fitra68 Says:

    :-)
    salam kenal
    artikel nya bagus
    saya save ya


  19. ono Says:

    Iya nih… ilmu SEO harus dikit dipelajari karena nantinya ngeblog bukan hanya untuk kesenangan pribadi menuangkan uneQuneQ kepala tetapi langkah kedepannya untuk meningkatkan tarafhidup. betul apa tidak sih…. Masih bocah juga nih dalam ginian.


  20. the gnupi Says:

    @masenchipz
    Gapapa mas Cipto, mas Cipto kan emang pinter (y)
    Cuma setelah saya cek, yang dimaksud ngalahin Google itu dalam hal contextual advertising ya? Dengan kata lain, lebih bagus dari Google Adsense menurut mas Cipto.
    Sedangkan keyword yang dimaksud saya dalam artikel ini digunakan untuk menarik visitor dari Search Engine kaya Google, jadi keyword tetep penting dong :D

    @fitra68
    Silahkan bila mau disave :D
    Salam kenal dan terima kasih sudah mampir (b)

    @ono
    Setuju banget sama mas. Saya sudah siap lho dibilang mata duitan di kemudian hari bila sudah ada paid review di blog ini. Jika memang blog bisa meningkatkan taraf hidup, kenapa ga dijalani, kan cari kerjaan offline memang agak susah sekarang, apa yang bisa kita lakukan, ya kita lakukan :D
    Btw, blog mas Ono yang di blogspot dah potensial buat menghasilkan uang lho ;)


  21. jempolkaki Says:

    sebagai blogger baru, saya membutuhkan ini ya


  22. ika Says:

    @gnupi: wah saya malah jadi malu neh..hehe *pipi bersemu merah*..
    semua blogger yang pada akhirnya menghasilkan dollar saya yakin pasti sudah mencoba berbagai macam cara, trial and error, jatuh bangun, bangkit lagi dan pantang menyerah. saya salut sama mereka2 yang selalu loyal ngeblog walau apapun yang terjadi (mati lampu, diskoneksi, tarif inet mahal, de el el).. MERDEKA! :-P


  23. the gnupi Says:

    @jempolkaki
    Butuh atau tidak, pastinya anda yang lebih mengerti ;)
    Terima kasih sudah mampir (b)

    @ika
    loyal dalam blogging for money bisa dianalogikan dengan ‘loyal kepada pekerjaan kita’. Mungkin hal itu yang membuat blog mereka spesial di mata advertiser dan search engine :)
    Merdeka juga!!! :D


  24. ono Says:

    Nah itu mas, blog di Blogspot memang lumayan tetapi cara ngolahnya kurang begitu tahu nih, beberapa kali coba di daftar penebal isi dompet tetapi gagal melulu mas. Bisa minta secuil ilmu nya mas ? YM nya apa mas ?


  25. the gnupi Says:

    @ono
    cuma secuil kan?? Boleh kalo secuil :D
    YM saya sama kaya yang saya pake buat submit komentar di blog onoloro.net :D


  26. tyas Says:

    iiih, ngomongin qualified post lagi..
    aku jadi merasa tertuduh, tersindir, tertohok.. hehe..
    nice posting.. berguna banget..


  27. jimmy Says:

    postingan ini adalah salah satu contoh artikel blog yang berkualitas (Y)


  28. the gnupi Says:

    @tyas
    Akhirnya bisa komentar juga mbak Tyas :D
    Waduh.. maaf bila ada yang tersindir, ga ada maksud begitu :)
    Terima kasih sudah mampir (b)

    @jimmy
    Kan belajarnya dari blognya mas Jimmy ;)


  29. @del Says:

    Mantaps sekali masnya ni. Artikel blognya membangun dan menggugah, kalau komentar juga berbobot. Perlu belajar banyak niy (B)


  30. Putra eka Says:

    Kaya nya harus belajar lagi sama mas Ipung untuk membuat konten yang berkualitas. Mau dong ilmunya?


  31. the gnupi Says:

    @@del
    Kita sama-sama sedang belajar tho mas? :D
    Masih banyak kok yang belum saya tahu tentang dunia blog dan money making online, perlu banyak belajar lagi dari blogger-blogger yang sering mampir ke sini ;)

    @Putra Eka
    Wadu.. kalo mas Putra belajar disini yang ngajar di putraeka.org siapa dong? :D
    Ditunggu lho lanjutan jurus “lima kata yang mematikan” dan “traffic yang menguntungkan“-nya ;)


  32. okta sihotang Says:

    intinya, menulis dengan ikhlas aja mas…..


  33. Fachia Says:

    @ Okta S, iya mas saya ikhlas nulis koq, gak ngarepin apa2 kecuali traffic.. :-D (sama aja ya..)


  34. tukangobatbersahaja Says:

    makasih infonya

    saya masih harus belajar nulis.
    Emang yang penting nulis jujur dari hati dan jadi diri sendiri hehehe


  35. the gnupi Says:

    @okta sihotang
    wii.. salut sama mas Okta.. Saya rasa semua blogger cenderung ikhlas nulis di blog masing-masing. Cuma kalo uda nulis ikhlas ga ada pengunjungnya.. kebanyakan lama-lama malas nerusin blognya :D

    @Fachia
    Ga jauh beda sama saya :D


  36. rie Says:

    wah kalo saya malah lum ada SEO nya blas ..hihi…entahlah kapan di SEO ..sering bingung cari keywordnya :-O


  37. the gnupi Says:

    @tukangobatbersahaja
    Iya, kalo terus-terusan menjadi orang lain rasanya pasti akan melelahkan
    Terima kasih atas kunjungannya (b)

    @rie
    Keyword dapat dicari dari artikel yang sudah ada, atau kita juga dapat mencari ide dari keyword yang uda ter-scan oleh Google :D


  38. made eka Says:

    tengkyu buat sarannya..
    sangat berguna sekali bagi saya yang baru di dunia blogging ini

    salam


  39. Zalukhu Says:

    Mmmm mencurigakan… ini mah tulisan blogger prof yang nyamar jadi newbie :-P:-P:-P:-P
    *** Ampunnnn hehehe


  40. ika Says:

    @zalukhu: iya neh, aku juga curiga sama ipung, kayaknya dia ni udah lama ngeblog deh, kayaknya aku gak percaya kalo ipung barusan ngeblog..soalnya postingannya udah kelas pro banget hehehe

    *ups ngomongin orang diblognya sendiri.. hehehe* :-P


  41. the gnupi Says:

    @made eka
    Sama-sama mas.. Berbagi itu menyenangkan koq :D
    Salam ;)

    @Zalukhu
    Bukannya kebalik mas.. Lebih pantas dibilang postingannya blogger newbie yang sok tahu deh hehehe :D

    @ika
    Ini karma kali ya.. baru nyari ide buat bikin postingan gosip, eee malah ada yang nggosipin hehehe :D


  42. Izandi Says:

    Menginspirasi banget buat aku yang lagi bingung cari ide. Kayak nya situ blogger pro deh, masa sih newbie. :-)


  43. the gnupi Says:

    @Izandi
    Blogger Pro? Ah itu cuma isu mas.. Bagi saya yang penting kalo bisa rejekinya Pro mas.. Amin.. :D
    Btw, kok situs punya mas tidak bisa saya akses saat ini?


  44. tyas Says:

    Ipuuung, nanya.. (nyambung commentmu di blogku..)
    gimana caranya tulisan berkualitas karya org dipajang di blogku? *ngelirik Ika*
    terangin yah, yah yah..?!
    tq dah mampir..


  45. the gnupi Says:

    @tyas
    Sebenarnya semalam saya salah tulis mbak.. Maksudnya karya berkualitas tinggi karya mbak Tyas yang di shvoong bukan mbak Ika (agak ngantuk pas nulis, tapi tulisan mbak Ika memang bagus kok).
    Hmm.. tapi tetep saya tanya jawabnya.. :D
    Semisal kita ngeliat ada tulisan yang bagus bila dipajang di blog kita. Kita bisa meminta ijin kepada pemilik blog untuk menampilkannya di blog kita. Semisal nemunya artikel dalam bahasa Inggris, trus mbak Tyas mau nerjemahin ke bahasa Indonesia di blog mbak Tyas, biasanya pemilik artikel tidak akan susah menyanggupi permohonan kita, dalam menulisnya pun kita tidak harus menggunakan teknik khusus agar kontennya tidak dianggap duplicate content. Pemilik artikel biasanya hanya meminta mbak Tyas memberi linkback di halaman artikel terjemahan mbak Tyas ke halaman asli artikelnya di blog pemilik artikel.
    Tapi kalo artikelnya dalam bahasa Indonesia. Sekalipun sudah diijinkan, jangan serta merta menulisnya di blog kita. Berilah sedikit kata-kata pembuka. Sisipkan pendapat anda di tengah paragraf dan berilah penutup yang memuat tanggapan anda terhadap artikel tersebut. Jangan lupa untuk memberi link ke halaman asli yang kita ambil di halaman artikel blog kita :D
    Mudah kan :D


  46. Izandi Says:

    Ga bs diakses? Waduh knp ya. Pantesan! Aku salah tulis, aku dah ga pake .com. Makasih udah ngasih tau.


  47. the gnupi Says:

    @izandi
    Oo.. itu masalahnya, pantes aja ga bisa diakses :D
    Kok .com-nya ditanggalkan mas.. bukannya agak rugi kalo ganti TLD kaya gitu :D
    Well.. semoga sukses mas :D


  48. Izandi Says:

    Mungkin termakan isu dari temen aku. Kata nya pake .net lebih cepat ke index google. Hehehe dibodohin nih. Aku baru kenal blogging 3 bulan. Wah aku disesatkan ya. Dari joomla skrg pake wordpress. Waduh.


  49. the gnupi Says:

    @izandi
    Ya sudah mas.. ga usah disesali, masih banyak jalan menuju SEO :D
    Pake wordpress di satu sisi lebih enak kalo buat blog, Joomla interface-nya lebih rumit, berat dan banyak banget fiturnya yang emang lebih oke buat dijadiin website :D
    Tapi kalo masnya dah terbiasa pake Joomla sih, mungkin lebih enak pake Joomla. Semoga sukses dengan WordPressnya :D


  50. Izandi Says:

    Tapi di “sesat kan” ke wordpress asik juga. Bener kata mas buat nge-blog lebih enak pake wordpress. O ya, kapan nih ngebahas tentang plugin2 wordpress?


  51. tyas Says:

    thanx Ipung,
    biarpun Ipung ngantukan, aku angkat topi buat advise n tulisan2nya Ipung.. ;-)


  52. the gnupi Says:

    @Izandi
    Jadi jatuh cinta sama WordPress ya? bagus deh :D
    Iya, nanti kalo bahasan SEO-nya sudah lengkap, bakal lanjut ke plugin wordpress bahasannya :D
    Terima kasih usulannya :D

    @Tyas
    Ngantuknya karena uda 3 hari cuma tidur 2jam/hari hehehe.. Baru semalam bisa tidur agak lama :D
    Sama-sama… Sesama blogger Indonesia sudah selayaknya saling membantu untuk kemajuan bersama :D


  53. Izandi Says:

    Ia nih. Buktinya joomla nya aku tinggalin. Mas mau tanya nih, ALEXA rank mas 500 ribuan, aku kok 25 juta ya. Pengaruh apa ya? Terima kasih.


  54. the gnupi Says:

    @Izandi
    Kasihan Joomla ditinggalin, semoga dia ga bunuh diri ya hehehe :D
    Uhm.. Alexa Rank itu menunjukkan seberapa banyak traffic yang datang ke sebuah situs. Semakin sedikit angkanya, semakin tinggi trafficnya alias situs tersebut lebih sering dikunjungi :D
    Begitu mas ;)


  55. Izandi Says:

    Mudah2an ga bunuh diri, aku udah minta pengertian dia kalo kita udah ga bisa terus. O pantes rank aku 25 juta. Ia ia paham. Makasih ya.


  56. Tutorial SEO 3 - Penempatan Keyword di title, konten dan link | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M Says:

    […] paham pentingnya keyword, janganlah kemudian kita jadi terlalu “itung-itungan” dalam membuat dan membangun blog kita. Jangan lupakan unsur kesenangan dalam ngeblog. SEO hanyalah pembantu bagi kita untuk […]


  57. rebecka Says:

    Salut buat Ipung…punya ide yang luarbiasa
    Salam kenal ya…


  58. the gnupi Says:

    @rebecka
    Saya jadi tersipu malu :$
    Di luar sana pasti masih banyak yang lebih brilian idenya :D
    Terima kasih sudah mampir (b)


  59. abbie Says:

    Met malem mas Ipung

    Artikelnya bgs. (Y) ‘Content is king’… lg2 ‘Content is king’. Klo di skala 1-10, content berapa, trs, design blog brp mas?


  60. the gnupi Says:

    @abbie
    Content 8, Design 5.
    Karena ngembangin konten lebih susah ketimbang bikin desain yang oke (kan banyak desainer web yang bagi-bagi themes bagus mereka secara gratis)


  61. abbie Says:

    Hmm… begitu ya
    Jd mesti sering2 latihan nulis nih. Siip deh. :-)


  62. the gnupi Says:

    @abbie
    Sering membaca lama kelamaan bisa membangun insting menulis kita, itu cara yang paling murah dan fresh (dengan mood orang sekarang) sambil menambah wawasan kita :D
    Selamat berlatih ;)


  63. Octa Says:

    Menulis perlu latihan meskipun insting menulis sudah ada tapi tetap saja susah menuangkannya. Bgmn ?


  64. the gnupi Says:

    @Octa
    ya tuangkan saja apa adanya.. itu lebih baik daripada terus berdiam menatap layar / kertas kosong. Kalo pikiran tidak dibiasakan untuk mengalir melalui kertas / artikel, maka selamanya ia akan tersumbat di angan-angan kita :D


  65. Karena Blogger itu Manusia | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M Says:

    […] saya jadi merasa perlu mengingatkan diri saya sendiri, bahwa seperti yang saya tulis dalam Cara Membuat Artikel Blog, usahakan untuk membuat candaan di blog anda mudah dipahami ketika mereka selesai membaca artikel […]


  66. abdul rohman Says:

    salam kenal, saya juga sedang merintis membuat blog untuk bisnis. mohon bimbingannya


  67. Seminggu Mencari Uang dari Blog dengan KlikSaya | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M Says:

    […] setiap mereka berkunjung ke blog belajar SEO ini. Jadi saya hanya memasang iklan tersebut di artikel yang ada pada urutan dibawah kedua atau ketiga dari artikel terbaru saya. Saya pikir orang yang […]


  68. Efull47 Says:

    …Boleh ikut nimbrung,ga di sini!!!


  69. the gnupi Says:

    @abdul rohman
    Sama-sama belajar aja pak abdul :)

    @Efull47
    Silahkan, makin rame makin meriah kan :)


  70. newbie_abiz Says:

    Salam kenal semuanya, saya baru aja mau belajar blog. nyesel juga selama ini cuman maen game mulu… :(
    udah rada frustasi juga nih, susah yah belajar buat artikel sama belajar seo. mohon bimbingannya.


  71. the gnupi Says:

    @newbie_abiz
    Salam kenal juga.. silahkan curhat kebingungan anda.. tidak perlu frustasi ya.. banyak kok blogger baik yang bisa membantu anda :D


  72. jimmyadriansyah Says:

    waa….bagus…bagus…:-P
    pastinya ini bermanfaat banget buat saya sebagai newbie di dunia bloging (maklum baru belajar nech mas..), makasih yach atas ilmunya. (Y)


  73. the gnupi Says:

    @jimmyadriansyah
    di tempat lain pasti masih banyak lagi tips blogging yang lebih jitu dan manjur.. never stop learning ya mas :)
    Terima kasih sudah mampir (b)


  74. hariyanto Says:

    saya mau blajar buat artikel…tolg dibantu dr awal..bgmn cranya???


  75. the gnupi Says:

    Buat artikel berita atau blog mas?
    kalau untuk blog kan caranya sudah disebutkan di atas ;)


  76. Tips Meningkatkan Traffic Blog dengan Komentar | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M Says:

    […] Tentunya, hal ini akan lebih maksimal jika sebelumnya anda sudah berusaha mengisi blog anda dengan artikel-artikel terbaik sebisa […]


  77. cepi Says:

    ass…maf nich aku mau nanya banyak hal tentang mendapatkan uang dengan blog dari adsense tapi aku masih bingung bagaiana caranya agar aku dapat uang lebih cepet itu yang pertama.yang kedua aku sudah menghabiskan bnyak uang untuk membuat blog diwarnet tapi hasilnya nihil,gimana sich biar bikin blog kita dapat dilihat oleh google?apakah penulisan html sangat berpengaruh besar?saya gak bisa?saya baru belajar membuat blog tapi belum dapat dilihat oleh search engine.


  78. fikri Says:

    (Y) saa ingin mebuat artikel tolong di bantu :-P:-P(F) ;-( (C) (G) (W) (U) :-P (Y) (N) :-D (*) :-) (H) :-$ (E) (~) (K)


  79. Idris A. Syafi'i Says:

    (Y) kami setuju………….


  80. aleanatrie Says:

    ;-( lagii bingungg bikin artikelll ;-(


  81. aleanatrie Says:

    ;-( buat artikell yangg bagusss….mohon bantuannya


  82. Mendapatkan Uang Dari Blog / Situs Anda dengan Ad Network Indonesia | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M Says:

    […] Indonesia. Padahal, untuk membangun sebuah blog, keluwesan bahasa merupakan salah satu kunci dalam membuat artikel yang bagus. Untungnya, bagi pemain paid review dalam bahasa Inggris, anda bisa mengambil ide mas Ecko untuk […]


  83. fitri jomset Says:

    membuat blog adalah salah satU haL yg amat unik N menyenangkaN Lho………………….Qta bisa nuLis apa yg Qta ingnkaN.Zah biar Qta jDi org yg kreatif gTHu. :-S :-D:-D(Y)(Y)


  84. fitri jomset Says:

    setuju
    meT kNaL jha zahhhhhhhh……. :-) (I) (L) :-P :-)


  85. fitri jomset Says:

    tolongin cara Ngebuat artikel
    dunkkkkk””””


  86. nanda Says:

    q bingung gimana caranya buat artikel :-S gimana kak cara buat artikel yang baguss (I) biar ng keliatan (N) bantu yaaa kak ;-);-);-)


  87. Tips dan Cara Membuat Artikel / Tulisan Blog : Menentukan dan Mendalami Topik Artikel Blog Anda | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M Says:

    […] agak berlebihan.. Artikel ini saya tujukan (khususnya) bagi mereka yang sudah berkomentar di Cara Membuat Artikel Blog Berkualitas dan meminta bantuan saya membuat artikel blog. Sejujurnya, saya tidak tahu apakah saya sudah […]


  88. yudi Says:

    bener maz, nulis artikel yang bagus susah banget.Aq juga seorang pemula, malah lebuh pemula soalnya baru kenal blog beberapa minggu. makasih ya atas infonya. Salam kenal


  89. the gnupi Says:

    @yudi
    Kembali, sama-sama mas Yudi. Semoga kita semua bisa segera menulis artikel dengan lancar ya :)


  90. arif cr7 Says:

    wah jadi terharu nih mas, susah klo nulis artikel yang bagus itu dan informasinya berguna banget (Y) buat newbie seperti saya

    ======
    Jawaban Gnupi
    Senang bila bisa bermanfaat. Ditunggu lho karya artikel blog bagusnya ;)


  91. abrakadabra Says:

    tadinya gw kebanyakan asal aja kalo bikin postingan,, bener juga neh mas postingannya keren,,,,,,,

    =====
    Jawaban Gnupi
    ayo.. ditunggu juga artikel blog kerennya :D
    =====


  92. Peluang mendapatkan Penghasilan dengan Belajar Affiliasi Untuk Pemula di Moreniche Praktek Affiliasi | Belajar SEO | Tutorial Wordpress Blogger | Cari Uang di Internet | Making Money Online Says:

    […] gratis untuk kita pelajari. Bahan yang mereka sediakan meliputi pengetahuan dasar affiliasi, bagaimana membangun website anda, cara memperoleh downline, SEO, promosi Adwords, dan ebook marketing dan beberapa pengetahuan […]


  93. abdhi Says:

    bagaimana sich buat ngisi blog Qt…

    Q bingung blom tau?…

    cma buat saja…

    ===
    Jawaban Gnupi
    Pake platform blog apa? Kalo bikinnya blogspot.com, login di Blogger.com dulu. Kalo bikinnya di wordpress.com, login dulu di namablogkamu.wordpress.com/wp-admin/ :D
    ===


  94. Gugus Says:

    (Y) mantab … , kayaknya saya harus belajar dari empunya blog … terutama soal “keywords dan high quality content”

    ===
    Jawaban Gnupi
    Mari sama-sama belajar tentang Keywords dan artikel berkualitas tinggi ;)
    ===


Silahkan tinggalkan komentar anda di sini

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)