Pengenalan SEO – Agar Mesin Pencari Menyukai Blog Anda

Belajar tentang SEO merupakan salah satu hal yang menarik dari blogging/web developing. Terutama bagi orang narsis *seperti saya* yang seringkali mendadak girang melihat situsnya sering tampil pada halaman pertama di hasil pencarian search engine untuk kata kunci yang dia kejar. Tapi bukan hanya karena narsis semata kok. Para blogger/webmaster biasanya menggunakan teknik-teknik SEO untuk menarik pengunjung, cari uang di internet, atau promosi suatu program yang mereka tawarkan melalui konten blog/situs mereka.

Search Engine itu apa sih?
Search engine adalah sebuah software yang diletakkan sebagai aplikasi web, berfungsi untuk menjelajahi halaman-halaman situs di jagad internet nan luas ini dan memberikan referensi terhadap halaman-halaman yang mengandung kata kunci yang dicari oleh penggunanya.*ribet amat sih jelasinnya*
Gampangannya, Google adalah salah satu contoh search engine. Kalo kita pengen tahu tentang gosip terbaru di internet, “foto bikini julie estelle dan cathy sharon” misalnya, kita tinggal masukin kata tersebut di search bar Google dan dia akan bekerja untuk mencarikan situs-situs yang menurut mereka memiliki informasi yang relevan dengan “foto bikini julie estelle dan cathy sharon” tersebut dan menampilkannya sebagai halaman hasil pencarian Google. *dari tadi kek ngomong kaya gini, kalo ini aku juga tahu*

SEO itu apa sih?
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Jadi, SEO merupakan sebuah cabang ilmu kebatinan yang mempelajari teknik-teknik agar halaman-halaman situs kita mendapatkan posisi yang baik di halaman hasil pencarian search engine untuk kata kunci yang kita kejar.
Contohnya, anggap saja situs ini mau mengejar kata kunci “belajar SEO“, maka jika situs ini muncul dalam pencarian kata kunci “belajar SEO” di halaman pertama hasil pencarian Google, bisa dikatakan bahwa situs ini sudah teroptimasi di search engine Google untuk kata kunci tersebut. Selain Google, situs lain yang menyediakan mesin pencari adalah Yahoo, MSN dan Ask.

Trus teknik SEO apa aja?
Teknik SEO sangatlah bervariasi untuk tiap search engine, dan berubah dari waktu ke waktu. Semua itu tergantung algoritma dari search engine yang sedang digunakan pada waktu itu.
Secara umum, seorang webmaster/blogger yang ingin men-SEO-kan situs/blognya minimal harus menggunakan META TAG, kata kunci yang spesifik dan konsisten serta mendapatkan banyak backlink dari situs/blog lainnya. Penjelasannya agak panjang, jadi saya bahas di posting berikutnya aja ya ;)

Oya, ada sedikit tambahan. Bagi orang yang ingin blog gratisnya bisa diutak-atik meta tag-nya untuk keperluan SEO, lebih baik memilih Blogger sebagai tempat membuat blog gratisnya. Maka dari itu, segera buat blog di Blogger.com (bagi yang belum buat :)). Kalo untuk blog gratis berbasis WordPress yang bisa diutak-atik meta tag-nya, selama ini yang saya tahu adalah Blogsome.com dan Blogs.ie. Hanya saja tampilan WordPress kedua provider tersebut sedikit terlalu kuno. Kalo temen-temen ada yang punya info lebih banyak, mohon diinfokan ya di kolom komentar.


24 thoughts on “Pengenalan SEO – Agar Mesin Pencari Menyukai Blog Anda

  1. Saya juga suka belajar SEO, memang terasa haru dan bangga kalau apa yang kita incar bisa sesuai hasil :) . Belajar SEO saya ada di halaman pertama juga

  2. @adel

    Sudah saya baca halaman pertamanya ;)

    SEO is fun, SEO is creative…
    Yang penting ga nyepam indeks google hehehe… (8)

    Makasi sudah mampir :D

  3. @Ichank Ijo

    Kalo untuk situs punya mas sih, sekali kesasar kesitu bisa jadi pengunjung setia :D

    Saya lihat meta tag-nya kurang lengkap kalo mau ngejar Yahoo & MSN mas.. kalo ditambahin keyword tag bisa lebih yahud ;)

    Kadang membangun SEO emang bikin capek :(

    Tapi hasilnya cukup berimbang lah dengan usahanya 8)

    Makasi dah mampir (b)

  4. Pingback: Panduan Memilih Web Hosting Provider ala Gnupi.com | G N U P I . C O M

  5. Pingback: Ketika Harus Selingkuh, Lakukanlah dengan indah.. | G N U P I . C O M

  6. Pingback: Meningkatkan Traffic Blog dengan EntreCard | G N U P I . C O M

  7. Pingback: Membajak Buku untuk Konten Blog, Etis ga ya? | G N U P I . C O M

  8. Pingback: Tutorial SEO 1 - Optimasi Keyword Foto Seksi Tyas Mirasih | G N U P I . C O M

  9. Pingback: Menentukan Posisi Blog di Google SERP | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  10. Pingback: Tutorial SEO 2 - Penempatan Keyword pada Halaman Web Anda | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  11. Pingback: SEO = Licik?! | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  12. Pingback: Sebuah Analogi Belajar SEO | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  13. Pingback: Bunga Citra Lestari yang Makin Layu | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  14. Pingback: Meningkatkan Traffic Blog tanpa SEO | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  15. Pingback: Tutorial SEO 4 - Memperjelas Keyword Kita | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  16. Pingback: SEO dan Duplicate Content | Belajar SEO, Wordpress dan Internet Make Money G N U P I . C O M

  17. Aduh… ikut pusing juga.trus gimana dong klo kita punya di wordpress..nemuin meta tag di wordpress gimana..maaf masih pemula..mohon pencerahanya bos..

  18. @Bimbim
    Mas Bimbim masih dapat ber-SEO dengan keyword :D
    Saya belum dapat pencerahan atas masalah yang mas utarakan.. saya jarang banget ngeblog di WordPress.com soalnya :D

  19. Saya lagi mencoba mengutak atik meta tag di blog saya ne…
    gmn y crNy???
    saya Lg dpt tugas ne dr pak dosen dan deadlineny minggu depan ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

:-[ (B) (^) (P) (@) (O) (D) :-S ;-( (C) (&) :-$ (E) (~) (K) (I) (L) (8) :-O (T) (G) (F) :-( (H) :-) (*) :-D (N) (Y) :-P (U) (W) ;-)