Promosikan Blogmu dengan Google Friend Connect

Google memang seakan ga pernah puas menjadi bagian dari kehidupan dunia maya kita. Mulai dari Gmail, Blogger, Feedburner, Orkut (walaupun nda terlalu Populer), GooglePages, dan sekarang Google Friend Connect.

Informasi mengenai layanan Google yang terakhir ini saya peroleh ketika sedang chating dengan mas Leo, yang segera memasang widgetnya dan bikin artikel tentang Google Friend Connect ini. Sepintas, widget Google Friend Connect ini memang terlihat seperti widget MyBlogLog (dan tampilannya sedikit lebih keren MyBlogLog), namun fitur di Google Friend Connect menurut saya lebih mudah dalam mempromosikan blog kita sendiri, atau blog teman kita melalui sistem display profile secara langsung melalui widget ini.

Bila kita menemui blog yang memasang widget Google Friend Connect kita cukup memasukkan salah satu ID kita entah itu Google Account, Yahoo ID, AIM atau Open ID untuk bisa bergabung sebagai “Friends”-nya blog tersebut. Nah, setelah kita bergabung di widget tersebut, kita segera bisa mengatur profile kita di Google Friend Connect. Melalui halaman profile inilah kita bisa mempromosikan blog kita guna meningkatkan traffic blog, dengan memasukkan link blog kita di “Add Link” pada profile Google Friend Connect kita.

Google Friend Connect juga menyediakan beberapa widget tambahan, namun yang saya gunakan hanyalah Message Box-nya saja. Kebetulan blog ini kan belum memiliki ShoutBox, jadi sekalian saja saya pasang shoutbox keluaran Google di blog belajar SEO ini πŸ™‚

Bagi yang uda gabung di Google Friends Connect blog ini, dan di blognya sudah memasang widget Google Friends Connect juga, maka saya akan bergabung juga di widget blog anda. Oya.. sementara ini, sepertinya yang bisa menggunakan layanan ini hanyalah situs atau blog yang menggunakan hosting sendiri, baik itu hosting berbayar ataupun hosting gratis. Soalnya kita juga perlu mengupload 2 file HTML di server kita untuk bisa menggunakan Google Friend Connect ini πŸ™‚

Selamat mencoba n have fun πŸ™‚

CategoriesUncategorized

49 Replies to “Promosikan Blogmu dengan Google Friend Connect”

  1. makasi banyak mas ipung buat infonya, akan saya pertimbangkan dipasang di blog, soalnya widget mybloglog yg saya pasang selama ini masih jadi hiasan aja (H) (H)

  2. @theFachia
    Hidup Google.. semoga walaupun Gila ga dimasukin RSJ ya Google ini πŸ™‚

    @dikma
    Iya.. uda join di site-nya Dikma, sayang Dikma ga pasang Friend Gadget-nya πŸ™‚

    @Fanari
    ditunggu pemasangannya πŸ™‚

    @badoer
    halah.. ini malah ga perlu pake plugin juga uda gampang kok πŸ™‚

    @ecko
    Walau belum bisa pasang di blog, tapi tetep bisa join kok mas.. jadi bisa mejeng di Friend Gadget blog ini πŸ™‚

  3. @Leoslab
    Iya.. mari sebarkan virus Google Friend Connect πŸ™‚

    @Ardy Pratama
    Makasih mas Ardy.. kalo dah pasang di situsnya nanti saya join juga πŸ™‚

  4. ada apa sebenarnya dengan google?
    menurut saya, google sekarang gak kreatif. bisanya cuman niru doang. coba bikin sesuatu yg baru kek.

    saya lihat google udah kayak microsoft, niru2 produk orang. bedanya kalo microsuk produknya dijual, kalo google di gratiskan.

  5. @Chodirin
    Hmm.. itu salah satu cara mereka menguasai internet mas. Semua sisi atau model layanan komunitas mereka ambil, dengan begitu mereka jadi ga punya saingan.

    @rizoa
    Ayo.. dipasang juga ya di blognya πŸ™‚

    @izandi
    Uda dipasang ya? Tak coba ke blognya Izandi deh πŸ™‚

    @Eljaholic
    hati-hati.. virusnya menular lho.. :p

  6. @Jimmy
    terima kasih pak.. ga sulit kok pak settingnya πŸ™‚

    @utchanovsky
    tinggal join pake account Yahoo atau Google, ga lama kok mas Uchan πŸ™‚

    @kanoko
    Ga terlalu lambat menurut saya.. masih lambatan aplikasi tabber.js buat navigasi web ini πŸ™

  7. buat yang pakai web dari hyperwebenable, bisa upload filenya dengan tips seperti yang ada di blog saya (akses ke ftp tanpa detail ftp) πŸ˜€

  8. @spydeeyk
    terima kasih mas haris.. saya juga sudah join ditempat mas Haris πŸ™‚

    @malapu
    di malapu-pro uda penuh ya spacenya mas Dion? kok sampe bingung mau naruh di mana πŸ™‚

  9. siap segera dicoba mas, google emang ga ada matiya, kayakya semua bakal dia ambil alih, blogcatlog ma bloglog kayaknya bakalan lewat ntar ya (C)

  10. @hakimtea
    semoga Google Friend Connect ini ga berhenti sampai disini aja.. dan terus memberi kita benefit lebih banyak ya untuk kemajuan kegiatan blogging kita πŸ™‚

    @Danta
    sama-sama, selamat mencoba πŸ˜€

  11. @welly
    hehehe.. terima kasih uda bergabung πŸ™‚

    @tyas
    sementara ini saya belum nemu solusi buat platform blogger. Mungkin nantinya Google akan membuat widget baru khusus bagi pengguna blogger. Maklumlah, Google Friend Connect-nya kan masih versi beta πŸ™‚

    @kolektorkaos
    selamat mencoba πŸ™‚

    @habibie
    Oke.. nanti saya cicipi Google Friend Connectnya πŸ™‚

  12. mas Gnupi,,saya udah gabung niyh disini,, gabung juga ya di GFC saya..hehehehe, baru sedikit niyh…Buat yang teman-teman semua gabung juga OK…. (Y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *